Informasi Kesehatan

Ini 5 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh untuk Dewasa

Lebih Aman Memilih Laksatif Alami untuk Atasi Sembelit

Obat laksatif merupakan jenis obat yang dikonsumsi untuk…

7 Obat Kaki Bengkak yang Ampuh

Obat kaki bengkak dapat membantu mengurangi rasa tidak…

Penanganan Pertama dan Obat Diare untuk Bayi

Saat bayi mengalami diare, hindari memberikannya obat diare…

“Gigi berlubang bisa menimbulkan rasa sakit berupa nyeri atau ngilu yang tak tertahankan. Kamu bisa mengatasinya dengan obat sakit gigi berlubang seperti Betadine Mouthwash and Gargle, Burung Kakak Tua Obat Sakit Gigi, Enkasari Mouthwash Freshmint, Aloclair Plus Mouthwash, hingga Ponstan.

Gigi berlubang disebabkan oleh menumpuknya bakteri di dalam mulut dan kurangnya menjaga kebersihan mulut. Ada berbagai faktor pemicunya, mulai dari jarang menyikat gigi, tidak menggunakan pasta gigi berflouride, hingga terlalu sering mengonsumsi makanan manis.

Nah, untuk mengatasi rasa nyeri atau ngilu akibat gigi berlubang, ada beberapa obat-obatan yang bisa kamu konsumsi. Mau tahu apa saja obat sakit gigi berlubang paling ampuh di apotik untuk dewasa?

Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh di Apotik untuk Dewasa

1. Betadine Mouthwash and Gargle 100 ml

Obat sakit gigi berlubang yang cukup ampuh adalah Betadine Mouthwash and Gargle. Obat kumur ini merupakan antiseptik yang mengandung zat aktif povidone untuk rongga mulut seperti gigi berlubang, gusi bengkak, sakit tenggorokan, sariawan, bau mulut dan napas tak segar.

Cara menggunakannya cukup praktis. Tuangkan Betadine obat kumur sebanyak 15 ml pada tutup botol dan kumurlah selama 30- 60 detik.

Kisaran harga: Rp28.500 per botol. 

2. Burung Kakak Tua Obat Sakit Gigi 2 ml

Rekomendasi obat sakit gigi berlubnag ini dibuat dari minyak cengkeh. Burung Kakak Tua bekerja sebagai antiseptik untuk membasmi kuman penyebab sakit gigi. Selain itu, obat ini juga bisa meringankan rasa nyeri pada gigi saat gigi berlubang. 

Cara pakainya adalah dengan menggunakan kapas yang dijepit pinset, lalu tuangkan obatnya pada kapas. Setelah itu, letakkan kapas pada gigi yang sakit. Hal yang perlu ditegaskan, obat ini dapat menimbulkan efek samping seperti sariawan, sensasi panas di mulut, dan reaksi hipersensitivitas bisa muncul. 

Rentang harga: Rp15.400 – Rp19.700 per botol. 

3. Enkasari Mouthwash Freshmint 250 ml

Obat kumur herbal merupakan antiseptik yang membantu membunuh bakteri di dalam mulut.  Sari daun saga atau licorice di dalam obat kumur ini  berkhasiat untuk mengobati sariawan. Tanaman ini memiliki efek antibakteri, antiradang, dan antioksidan serta mempercepat penyembuhan sariawan.

Tak hanya itu,Enkasari Mouthwash Freshmint memiliki aroma segar dan wangi, sehingga bisa untuk mengurangi bau mulut.

Rentang harga: Rp18.700 – Rp25.900 per botol. 

4. Aloclair Plus Mouthwash 60 ml

Aloclair Plus Mouthwash merupakan obat gigi berlubang paling ampuh yang bisa kamu temukan di apotek. Selain meredakan sakit gigi berlubang, obat ini mampu meredakan nyeri dan membantu penyembuhan pada ulkus rongga mulut. 

Obat sakit gigi berlubang paling ampuh di apotik untuk dewasa ini mengandung

aloe vera dan asam hialuronat. Obat ini bekerja dengan memberikan efek analgesik (pereda nyeri), antiinflamasi (meredakan bengkak), hingga penyembuhan luka. 

Cara menggunakan  Aloclair Plus Mouthwash cukup mudah. Berkumurlah dengan obat ini sebanyak 10 ml selama satu menit. Obat ini bisa digunakan sebanyak 3-4 kali sehat atau sesuai dengan kebutuhan. Hal yang perlu diingat, hindari makan atau minum minimal satu jam setelah berkumur.

Rentang harga: Rp110.000 – Rp140.600 per botol, atau hemat borongan Rp196.600 – Rp207.000.

5. Ponstan 500 mg 10 Tablet

Obat sakit gigi berlubang paling ampuh di apotik untuk dewasa lainnya adalah Ponstan.

Obat ini mengandung asam mefenamat yang masuk ke dalam golongan Obat antiinflamasi nonsteroid.

Asam mefenamat mampu meringankan gejala nyeri atau ngilu akibat sakit gigi, sakit kepala, hingga nyeri pasca operasi.  

Obat sakit gigi berlubang dan ngilu ini harus dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter agar aman dan khasiatnya efektif. Dosis untuk orang dewasa sebanyak 3 kali sehari, dan dikonsumsi setelah makan. 

Rentang harga: Rp32.100 – Rp38.000 per strip. 

 

sumber: Halodoc . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna