Informasi Kesehatan

Buah Blackberry, Ragam Nutrisi dan Manfaatnya untuk Tubuh

6-manfaat-buah-blackberry-bagi-kesehatan-kaya-nutrisi-dan-baik-untuk-otak.jpg

Ketahui Makanan Berprotein Tinggi dan Manfaatnya

Tahukah Anda bahwa makanan berprotein tinggi memiliki segudang…

Kenali Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan Tubuh

“Buah pala mengandung berbagai nutrisi yang baik dan…

6 Manfaat Daun Sirih Merah bagi Kesehatan

Manfaat daun sirih merah bagi kesehatan sudah diketahui…

Buah blackberry disebut-sebut sebagai superfood karena kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, yang bisa mencegah berbagai penyakit. Buah ini memang tidak umum dikonsumsi oleh orang Indonesia, tetapi manfaat yang ditawarkan pasti membuatmu tertarik untuk mencobanya, deh.

Sudah sejak ribuan tahun lalu buah blackberry dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit. Buah bercita rasa manis dan asam ini banyak ditemukan di Amerika, Eropa, dan sebagian wilayah Asia. Meski mengusung nama “hitam”, buah blackberry aslinya memiliki warna ungu gelap.

Kandungan Nutrisi Buah Blackberry

Buah blackberry dinobatkan sebagai superfood berkat kandungan nutrisinya yang melimpah. Dalam 100 gramnya, buah blackberry menyimpan 62 kalori dan beberapa nutrisi penting lainnya, yaitu:

  • 9,5 gr karbohidrat
  • 1,5 gr protein
  • 5,5 gr serat
  • 20 mg vitamin C
  • 160 mg kalium
  • 30 mg kalsium
  • 20 mg magnesium
  • 0,6 mg mangan

Buah blackberry juga mengandung vitamin A, vitamin B, selenium, zinc, serta aneka antioksidan jenis antioksidan, seperti lutein, zeaxanthin, dan antosianin. Warna ungu gelap buah blackberry berasal dari kadar antosianinnya yang tinggi. Menakjubkan, ya, kandungan gizi dan manfaat buah mungil ini?

Manfaat Buah Blackberry

Melihat kandungan nutrisinya yang melimpah, kamu pasti sudah nggak sabar untuk mencicipi segarnya buah blackberry, kan? Namun sebelum itu, simak dulu beberapa manfaat buah blackberry berikut ini:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sama seperti buah lain yang tinggi vitamin C, buah blackberry juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Spesialnya lagi, buah ini mengandung mineral mangan, selenium, dan zinc, yang dapat meningkatkan fungsi sel tubuh dalam melawan infeksi. Dengan begitu, tubuhmu jadi nggak gampang sakit, deh.

2. Melancarkan pencernaan

Karena kaya akan serat, buah blackberry bagus untuk kesehatan pencernaan. Makanan tinggi serat bisa melancarkan saluran cerna sehingga kamu terhindar dari sembelit. Selain itu, serat juga menyediakan makanan bagi bakteri baik di usus, yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan usus.

3. Mengendalikan kadar gula darah

Serat yang terkandung dalam buah blackberry bisa memperlambat laju penyerapan gula sehingga kadar gula darah tidak langsung melonjak naik setelah kamu mengonsumsinya. Selain itu, buah ini juga memiliki indeks glikemik rendah, sehingga kadar gula darah bisa lebih terkontrol.

4. Menurunkan kolesterol tinggi

Konsumsi makanan berserat tinggi tak hanya membantu mengendalikan kadar gula darah, tetapi juga bisa menurunkan kolesterol tinggi. Serat dalam buah blackberry diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

5. Mencegah penyakit jantung

Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Makanya, mengonsumsi buah blackberry bisa membantu mencegah penyakit jantung, karena buah ini mampu menurunkan kadar LDL.

Selain itu, buah blackberry juga tinggi akan kalium yang dapat mengendalikan tekanan darah tinggi, yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung.

6. Mencegah pikun

Berkat kandungan antioksidan, vitamin, dan mineralnya yang tinggi, buah blackberry sangat baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan dan fungsi otak. Aneka nutrisi pada buah ini mampu menjaga aliran darah ke otak tetap lancar, serta memelihara sel-sel saraf dan otak yang berfungsi untuk mengontrol daya ingat dan fokus.

Oleh karena itu, buah blackberry baik dikonsumsi untuk menjaga daya ingat tetap kuat dan mencegah pikun.

7. Mengurangi risiko kanker

Buah blackberry merupakan salah satu sumber antioksidan yang paling baik. Beberapa jenis antioksidan yang banyak terdapat pada buah blackberry di antaranya adalah lutein, zeaxanthin, polifenol, dan antiosianin. Zat antioksidan tersebut berperan dalam proses untuk melawan efek berbahaya dari radikal bebas, yang salah satunya adalah kanker.

Manfaat blackberry dalam mencegah kanker juga berasal dari kandungan vitamin dan mineralnya yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh akibat paparan radikal bebas.

8. Menjaga kesehatan mata

Salah satu manfaat blackberry yang sayang untuk dilewatkan adalah menyehatkan mata. Ini karena buah blackberry kaya akan vitamin A, lutein, serta aneka jenis vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Dengan mencukupi asupan tersebut, risiko terkena penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula pun bisa berkurang.

9. Menjaga kesehatan tulang

Risiko terjadinya penipisan tulang atau patah tulang bisa meningkat kalau asupan vitamin K tidak tercukupi. Nah, salah satu cara mencukupi kebutuhan vitamin K harian adalah dengan mengonsumsi buah blackberry. Buah blackberry juga mengandung mangan dan kalsium yang penting untuk memperkuat tulang.

10. Menjaga kesehatan gigi

Tak hanya mengandung antioksidan, buah blackberry juga memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang mampu melawan bakteri penyebab masalah pada gigi dan mulut, lho. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah blackberry bisa mencegah dan mengatasi penyakit gusi dan gigi berlubang.

Tips Mengolah dan Mengonsumsi Blackberry

Melihat banyaknya manfaat buah blackberry, kamu jadi makin tertarik untuk mencobanya, kan? Sayangnya, buah ini mungkin cenderung sulit ditemukan di pasaran. Buah blackberry kebanyakan hanya ditemukan di supermarket dengan harga yang relatif mahal.

Namun, kalau kamu ingin merasakan manfaatnya, tak ada salahnya untuk mencoba sesekali. Dalam membeli buah blackberry, pilihlah buah yang padat dan berwarna kehitaman pekat.

Setelah dicuci bersih, buah ini bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus, selai, atau smoothies. Blackberry juga lumayan nikmat dikonsumsi bersama yoghurt.

Walau padat nutrisi dan kaya manfaat, kamu tidak bisa hanya mengandalkan buah blackberry untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, ya. Pastikan tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang agar nutrisi harianmu tetap terpenuhi dengan baik.

Buah blackberry mengandung salisilat dan sebagian orang mungkin sensitif terhadap senyawa ini. Apabila kamu mengalami hidung tersumbat, sakit perut, dan gatal-gatal setelah mengonsumsi buah blackberry, bisa jadi tubuhmu sensitif terhadap salisilat. Oleh karena itu, segera hentikan konsumsinya, ya.

Kalau masih punya pertanyaan seputar manfaat buah blackberry untuk kesehatan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Sumber: alodokter. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.