Informasi Kesehatan

Catat, Ini Resep Kue Lebaran untuk Pengidap Diabetes

119fed4c-a3f8-4b12-81f2-ee44194c90b0.jpg

Mengenal Ortopnea, Kesulitan Bernapas Saat Berbaring

Ortopnea merupakan suatu kondisi ketika seseorang mengalami sesak…

Ini Ciri-Ciri Gigitan Kutu Kucing pada Manusia

"Kutu kucing sering ditemui di antara bulu-bulu atau…

Ini 5 Kebiasaan Sehat untuk Mencegah Kudis pada Kulit

“Kudis disebabkan oleh tungau dan mudah menular melalui…

“Pengidap diabetes tetap bisa menikmati lezatnya kue lebaran dengan resep kue kering rendah gula dan kalori. Kamu juga bisa menggunakan terigu rendah karbohidrat tinggi protein sebagai alternatif bahan yang lebih sehat.”

Kue lebaran secara umum mengandung banyak gula, sekaligus mengandung mentega, susu, dan krim yang mengandung lemak jenuh. Alhasil, kue lebaran termasuk sebagai kue kering yang sebaiknya dihindari oleh pengidap diabetes atau penyakit gula. 

Namun, bukan berarti pengidap kondisi ini sama sekali tidak bisa mengonsumsi kue lebaran. Sebab, ada resep yang tepat untuk membuat kue lebaran lebih sehat. Yuk, ketahui resepnya di sini! 

Resep Kue Lebaran Rendah Gula untuk Pengidap Diabetes

Salah satu resep kue lebaran rendah gula adalah nastar rendah gula dan kalori. Berikut adalah bahan dan langkah pembuatannya. 

Bahan-Bahan: 

  • 1 buah nanas segar. 
  • 1 batang kayu manis (7cm).
  • 3 cengkeh.
  • 30-35 gram gula stevia.
  • 1/4 sdt garam.

Bahan pastry

  • 140 gram tepung terigu.
  • 20 gram susu bubuk.
  • 10 gram tepung maizena.
  • 25 gram gula stevia bubuk.
  • 100 gram unsalted butter (potong kotak agar mudah tercampur dalam adonan).
  • 1 kuning telur suhu ruangan.
  • 1/4 sdt garam.

Olesan

  • 1 kuning telur.
  • 1/2 sdt minyak sayur / canola / light Olive oil.
  • 1/2 sdt susu kental manis.
  • Cengkeh.
  • Keju parut.

Cara Membuat

1. Langkah 1

Persiapkan isian nastar terlebih dahulu dengan menghaluskan nanas menggunakan blender. Setelah itu, masaklah nanas bersama dengan gula, cengkeh, kayu manis, dan garam hingga menjadi kental.

2. Langkah 2

Selanjutnya, kocok mentega dan gula halus dalam mixer hingga tercampur rata, tidak perlu terlalu lama. Tambahkan telur, tepung gula, dan garam, aduk rata namun jangan terlalu lama agar adonan tidak pecah saat dipanggang.

3. Langkah 3

Aduk adonan dengan spatula hingga rata, lalu bulatkan adonan menjadi 35 atau dapat kamu timbang. Bentuk isian nanas menjadi bulatan setelah mendingin menjadi 35-40 buah.

4. Langkah 4

Ambil sejumput adonan di tangan, pipihkan, lalu letakkan isian nanas di tengahnya. Rapatkan adonan pada sekeliling isian dan bulatkan hingga rapi dan halus, lalu letakkan dalam loyang yang sudah kamu alasi dengan kertas baking.

5. Langkah 5

Panaskan oven terlebih dahulu, kemudian masukkan adonan ke dalam oven dan panggang selama 15-20 menit pada suhu 140-160 derajat Celcius.

6. Langkah 6

Sambil menunggu proses pemanggangan, buatlah olesan dengan mencampurkan kuning telur, minyak, dan susu kental manis, lalu kocok rata. Oleskan campuran ini dua kali secara merata di atas adonan yang telah dipanggang sebelumnya. 

7. Langkah 7

Taburkan keju parut atau cengkeh sebagai hiasan atau beri olesan saja. Masukkan kembali ke dalam oven dan panggang selama 5-10 menit, lalu keluarkan dan biarkan sebelum kamu sajikan.

Alternatif Bahan Resep Kue Lebaran untuk Penyakit Gula

Tak hanya nastar, kamu juga bisa berkreasi untuk jenis kue lebaran lainnya agar aman bagi pengidap penyakit gula, meliputi: 

1. Mengganti Tepung Terigu

Kamu bisa mengganti tepung terigu biasa dengan tepung rendah karbohidrat dan tinggi protein. Contohnya seperti tepung almond atau tepung gandum utuh. 

2. Mengganti Pemanis

Tak hanya stevia, ada sejumlah pemanis lain yang juga aman bagi pengidap penyakit gula. Salah satunya adalah sukralosa sebagai pemanis buatan yang menggunakan bahan dasar sukrosa. 

Nah, pemanis ini memiliki angka kalori rendah, tetapi tingkat manisnya 600 kali lebih tinggi dari gula biasa.

3. Mengganti Mentega 

Tindakan lain yang dapat kamu lakukan agar kue lebaran menjadi lebih sehat adalah dengan mengganti mentega yang lebih sehat. Misalnya seperti mentega yang berbahan minyak zaitun, minyak alpukat atau minyak kanola. 

Itulah resep kue lebaran untuk pengidap diabetes, dan beberapa alternatif bahan yang bisa kamu gunakan. Jika kamu atau orang tua kamu mengidap penyakit gula, pastikan untuk menikmati makanan dengan pemanis yang rendah gula, ya. 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.