Informasi Kesehatan

4 Cara Menghilangkan Bercak Putih di Kulit Secara Alami

ilustrasi-skincare_169.jpeg

Tidur Cukup Bisa Membuatmu Terlihat Lebih Cantik, lho!

Ingin terlihat lebih cantik tanpa menguras kantong bukan hal…

Jerawat Meradang, Inilah 6 Cara Efektif untuk Mengatasinya

Jerawat meradang adalah masalah kulit yang terjadi ketika…

Ini 11 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Bahan Alami

“Bruntusan pada wajah terkadang menimbulkan perasaan tidak percaya…

Cara menghilangkan bercak putih di kulit secara alami antara lain dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tertentu. Apabila berbagai cara tersebut dilakukan secara rutin, bercak putih di kulit pun dapat diatasi sehingga Anda tampil lebih percaya diri.

Dalam dunia medis, bercak putih di kulit dikenal dengan istilah hipopigmentasi. Kondisi ini terjadi karena kurangnya pigmen melanin pada kulit sehingga sebagian area kulit berwarna lebih terang atau lebih putih daripada warna kulit di sekitarnya. 

Munculnya bercak putih di kulit akibat hipopigmentasi dapat dipengaruhi oleh beberapa kondisi, mulai dari panu, vitiligo, pityriasis alba, eksim, hingga paparan sinar matahari berlebih. 

Untuk menghilangkan bercak putih dengan cepat, berbagai perawatan di rumah sakit atau klinik kecantikan bisa saja dilakukan. Namun, jika Anda ingin mengatasi keluhan dengan cara yang lebih terjangkau, menerapkan cara menghilangkan bercak putih di kulit secara alami bisa menjadi pilihan.

Beragam Cara Menghilangkan Bercak Putih di Kulit secara Alami

Perlu diketahui, karena dipengaruhi oleh berbagai kondisi, penanganan bercak putih di kulit harus disesuaikan dengan penyebabnya. Jika dilakukan sembarangan, bercak putih di kulit mungkin saja tidak akan menghilang.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bercak putih di kulit secara alami yang perlu Anda ketahui:

1. Menggunakan pelembap kulit

Cara menghilangkan bercak putih di kulit secara alami, terutama yang terjadi di kulit wajah, dapat dilakukan dengan menggunakan pelembap secara rutin. Cara ini cocok diterapkan bila munculnya bercak putih di kulit disebabkan oleh pityriasis alba dan eksim.

Namun, pastikan Anda memilih pelembap kulit yang sesuai. Biasanya, jenis pelembap untuk mengatasi bercak putih di kulit akibat kedua kondisi di atas mengandung beberapa bahan khusus, seperti squalenepetroleum jelly, atau ceramide.

Bila digunakan setiap hari, pelembap tersebut bisa meratakan warna kulit dan menunjang penampilan. Anda bisa menggunakan pelembap sebanyak 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan malam sebelum tidur, untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Menggunakan tabir surya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, paparan sinar matahari berlebih menjadi salah satu penyebab hipopigmentasi yang memicu munculnya bercak putih di kulit. Oleh karena itu, penggunaan tabir surya bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan bercak putih di kulit secara alami.

Ini karena tabir surya mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih. Dengan begitu, bercak putih tidak akan melebar dan dapat menghilang dengan cepat.

Agar manfaat tabir surya bisa dirasakan secara optimal, Anda dianjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi, terutama bila Anda sering beraktivitas di luar ruangan saat siang hari.

3. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Perlu diketahui bahwa cara menghilangkan bercak putih di kulit secara alami juga bisa dilakukan dari dalam tubuh, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan. Hal ini karena antioksidan mampu meningkatkan produksi melanin pada kulit sehingga bercak putih menghilang dan warna kulit kembali merata.

Berikut ini adalah beberapa makanan dengan kandungan antioksidan tinggi yang bisa Anda konsumsi:

  • Sayuran berdaun hijau, seperti kangkung, bayam, brokoli, dan sawi
  • Buah-buahan, seperti apel, jeruk, blueberry, dan blackberry
  • Kacang-kacangan, misalnya kacang kedelai, kacang almon, kacang merah, dan kacang hitam

4. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E

Vitamin E menjadi salah satu jenis vitamin yang dapat meningkatkan produksi melanin di kulit. Dengan begitu, memenuhi asupan vitamin ini bisa menjadi cara menghilangkan bercak putih di kulit secara alami guna meratakan warna kulit.

Beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi asupan vitamin E adalah:

  • Beberapa jenis makanan laut, misalnya ikan salmon, kerang, dan udang 
  • Sayur-sayuran tertentu, seperti paprika merah, bayam, dan brokoli
  • Buah-buahan, termasuk alpukat, mangga, dan kiwi 
  • Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang almon, dan biji bunga matahari

Selain terkandung dalam berbagai jenis makanan, vitamin E juga tersedia dalam bentuk minyak yang bisa Anda oleskan ke kulit untuk mengatasi bercak putih di kulit.   

Bila terjadi pada kulit wajah, Anda juga bisa menghilangkan bercak putih dengan menggunakan make up. Namun, cara ini tentunya hanya bersifat sementara dan tidak memiliki pengaruh langsung dalam menghilangkan bercak putih secara permanen.

Tak hanya itu, bila berbagai cara alami di atas tidak efektif dalam menghilangkan bercak putih di kulit, terutama yang disebabkan oleh panu, Anda bisa mencoba menghilangkannya dengan mengoleskan obat antijamur, seperti miconazoleketoconazole, dan clotrimazole

Perlu diingat bahwa cara menghilangkan bercak putih di kulit secara alami bisa memberikan hasil yang berbeda pada setiap orang. Tak hanya itu, menghilangkan bercak putih di kulit dengan cara alami tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi, lakukan cara-cara di atas secara konsisten dan penuh kesabaran.

Sumber : alodokter. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna