Informasi Kesehatan

Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Memicu Timbulnya Jamur Kulit

013908000_1562310036-shutterstock_1169648437.jpg

4 Pemeriksaan untuk Deteksi Abdominal Migrain

Bila selama ini migrain diketahui sebagai penyakit yang…

6 Jenis Operasi Otak Beserta Kondisi yang Memerlukannya

Operasi otak merupakan salah satu metode penanganan terhadap…

Perut Kanan Bawah Sakit, Ketahui Penyebab dan Cara Mencegahnya

Perut kanan bawah sakit tidak selalu disebabkan oleh…

“Jamur kulit rentan muncul ketika kulit lembab dan kulit sering terkena gesekan. Hindari kebiasaan seperti mengenakan pakaian dalam yang terlalu ketat, tidak memakai sandal di kamar mandi umum, hingga jarang mengganti handuk.”

Jamur kulit adalah jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri jenis jamur. Kondisi ini biasanya menyerang dengan membuat kulit menjadi kemerahan dan ruam, serta membuat kuku menjadi berubah warna, ketebalan, dan retak. Selain itu, jamur juga bisa muncul di mulut, tenggorokan, dan alat kelamin. 

Jamur kulit biasanya muncul di bagian tubuh yang sering lembab dan kulit yang sering terkena gesekan. Selain itu,  orang-orang yang punya kondisi medis seperti diabetes dan imun tubuh yang lemah, lebih berisiko untuk mudah terkena jamur kulit.  

Nah, mau tahu apa saja kebiasaan yang bisa memicu timbulnya jamur kulit? Berikut ulasannya!

Kebiasaan yang Bisa Memicu Timbulnya Jamur Kulit

Ada beberapa kebiasaan yang perlu kamu hindari agar terhindar dari infeksi jamur, antara lain: 

1. Mengenakan pakaian dalam yang terlalu ketat

Keringat dan kelembaban adalah asal muasal jamur bisa muncul. Nah, pakaian ketat dapat menekan bagian tubuh seperti selangkangan dan menciptakan tempat yang sempurna untuk jamur tumbuh. 

Maka dari itu, pilihlah pakaian yang longgar agar bisa memberikan ruang untuk kulit bernafas dan menghilangkan keringat dengan cepat. Ditambah jika kamu punya berat badan berlebih, sangat dianjurkan untuk menjaga selangkangan. Tujuannya agar selalu kering karena jamur bisa tumbuh di lipatan kulit. 

2. Tidak memakai sandal di kamar mandi umum

Ruang ganti dan kamar mandi umum adalah tempat bakteri jamur bersarang. Keduanya selalu penuh dengan orang-orang yang beraktivitas tanpa alas kaki, sehingga tempat ini rentan bagi kuman dan jamur menyebar lalu menempel di kulit. 

Selain itu, ruang ganti dan kamar mandi umum punya tingkat kelembapan yang tinggi, jadi tidak heran jika jamur mudah tumbuh di sana. 

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memakai sandal atau sepatu saat masuk ke dua tempat ini agar kulit tidak bersentuhan dengan lantai. Namun,  diperhatikan juga bahwa alas kaki yang kita pakai harus dijaga kebersihannya karena ada kemungkinan jamur juga bisa muncul di sana. 

3. Tidak langsung mengganti baju setelah olahraga

Kamu punya kebiasaan malas ganti baju sehabis olahraga? Yuk segera hentikan karena keringat yang menempel bisa membuat kulit jadi lembap. Kondisi ini bisa membuat jamur mudah muncul dan menimbulkan rasa gatal serta terbakar yang tidak nyaman. 

Agar terhindari dari penyakit ini, biasakan segera ganti baju dan mandi selesai olahraga atau kegiatan yang membuat kamu berkeringat. 

4. Jarang mengganti handuk

Walaupun berfungsi sebagai alat untuk membersihkan diri, handuk bisa menjadi tempat tumbuhnya jamur. Handuk punya daya serap air yang besar dan sudah pasti kelembapannya juga tinggi, apalagi jika digunakan terlalu sering. 

Meskipun kelihatannya tidak kotor, jamur tetap bisa muncul dan berpotensi membuat kulit terinfeksi. Selain itu, bagian teratas kulit kita dipenuhi oleh sel kulit mati, banyak juga yang tidak hilang ketika mandi dan malah menempel di handuk yang kita pakai setiap hari. 

5. Pemakaian alat-alat gym yang kotor

Gym adalah tempat yang ideal bagi jamur untuk tumbuh karena suhunya yang bisa jadi panas, lembab, dan ada pemakaian peralatan bersama. Alat-alat seperti bangku olahraga dan treadmill yang kotor dan digunakan bersama, bisa menjadi tempat jamur untuk berkembang.

Karena itu, rajinlah mencuci tangan lalu membersihkan alat-alat gym sebelum dan sesudah pemakaian, serta membawa peralatan seperti tikar yoga milik sendiri. Upaya-upaya ini bisa menjauhkanmu dari paparan kuman serta jamur yang menempel di peralatan gym. 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.