Informasi Kesehatan

Ini 5 Makanan Penurun Kolesterol yang Perlu Dicoba

Beras-Merah.jpg

Dampak Instagram Terhadap Kesehatan Mental Remaja

“Kesehatan mental yang terjaga menjadi salah satu kunci…

Alasan Sinar Matahari Pagi Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

"Menjaga kesehatan mental bisa dilakukan dengan banyak cara,…

Waspada, Ini Bahaya Self Diagnosis Kondisi Kesehatan Mental

“Self diagnosis adalah perilaku saat seseorang mencoba menentukan…

“Kadar kolesterol yang tinggi dapat mengganggu fungsi tubuh secara keseluruhan. Kabar baiknya, kadar kolesterol tinggi bisa diturunkan dengan makanan seperti beras merah, gandum, seledri, hingga buncis.”

Jika tidak teratasi, penumpukan plak ini dapat menyebabkan penyumbatan arteri yang berdampak pada sistem kardiovaskular. 

Nah, ternyata ada beberapa makanan penurun kolesterol untuk membantu mengatasi kondisi ini. Mau tahu apa saja? Simak informasinya!

Jenis Makanan Penurun Kolesterol

Selain menggunakan obat penurun kolesterol, berikut beberapa rekomendasi jenis makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

1.  Beras Merah

Beras merah mengandung vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien yang dapat menurunkan kadar lemak darah. Kandungan serat tinggi di dalamnya juga dapat membantu menurunkan gula darah.

2.  Gandum

Gandum adalah sereal bergizi sebagai penurun kolesterol karena serat tinggi di dalamnya. Kolesterol diubah menjadi asam empedu yang dilepas ke usus halus untuk mencerna lemak.

3.  Sayuran berdaun gelap

Studi berjudul Steam cooking significantly improves in vitro bile acid binding of collard greens, kale, mustard greens, broccoli, green bell pepper, and cabbage, yang terbit pada Nutrition Research menemukan, sayuran berdaun gelap juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Jenis sayuran ini bekerja dengan mengikat asam empedu dan membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak kolesterol. Beberapa jenisnya, yaitu sawi, kangkung, sawi, brokoli, paprika hijau, dan kubis.

4.  Kedelai

Kedelai dan olahannya seperti tahu, tempe, tepung kedelai, nutrela, nugget, dan susu kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang ampuh. Di dalamnya terkandung isoflavon yang berfungsi untuk menekan kadar kolesterol jahat.

5.  Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, kenari, atau sayur-sayuran seperti kacang panjang mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Penelitian Nut consumption and blood lipid levels: a pooled analysis of 25 intervention trials, yang terbit pada Archives of Internal Medicine, menemukan  bahwa makan 2-3 porsi kacang-kacangan per hari menurunkan kolesterol jahat sebanyak 10.2 miligram per desiliter (mg/dl).

Selain makanan di atas, ada pula produk kesehatan lainnya yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Sudah tahu kan kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan pembentukan plak dan penyumbatan aliran darah? Plak ini melekat pada dinding arteri yang dikenal sebagai aterosklerosis. 
 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.