Informasi Kesehatan

8 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat

ilustrasi-jerawat-bruntusan-di-wajah_169.jpeg

Pengobatan Cacar Api pada Orang Dewasa

“Cacar api atau dikenal pula dengan sebutan herpes…

Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kemih Secara Alami

“Mengatasi infeksi saluran kemih bisa dilakukan dari rumah…

5 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang yang Tak Kunjung Sembuh

Cara mengobati sakit gigi berlubang yang tak kunjung…

“Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat dengan menggunakan masker berbahan alami, seperti lidah buaya, lemon, teh hijau, sampai madu.”

Bruntusan adalah kondisi ketika permukaan kulit wajah terasa kasar ketika kamu menyentuhnya. Sering kali, masalah ini muncul pada dahi atau jidat. Namun, kamu bisa mencoba cara menghilangkan bruntusan di jidat dengan bahan alami.

Penyebab bruntusan di dahi sendiri sangat beragam, mulai dari keringat, alergi, kegemukan, jerawat, stres hingga mengonsumsi obat-obatan tertentu. 

Saat kamu atau anggota keluargamu raba, bagian kulit yang mengalami bruntusan akan terasa seperti banyak bintik kecil yang menonjol. Masalah kulit wajah ini memang tidak berbahaya, tetapi dapat mengganggu estetika penampilan

Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat

Tidak selalu harus menggunakan krim obat-obatan untuk menghilangkan bruntusan di jidat. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami terlebih dahulu untuk mengatasi penyebab bruntusan di dahi. Berikut bahan alami yang bisa kamu coba:

1. Lidah buaya

Cara mengatasi bruntusan di jidat yang bisa kamu coba adalah menggunakan lidah buaya. Kandungan antibakteri dan anti radang serta vitamin E pada tanaman ini efektif menghilangkan bruntusan. 

Caranya, aplikasikan gel lidah buaya dari tumbuhan tersebut secara merata di wajah. Biarkan 10 sampai 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

2. Lemon

Selanjutnya, mengatasi penyebab bruntusan di dahi juga bisa menggunakan lemon. Obat bruntusan di jidat alami ini mengandung senyawa antibakteri dan astringent yang efektif mengelupas sel kulit mati dan mencegah penyumbatan pori-pori. 

Ambil perasan air lemon dan aplikasikan pada wajah sebagai masker. Diamkan selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

3. Teh Hijau

Obat bruntusan alami lain yang bisa kamu coba adalah teh hijau. Kandungan senyawa polifenol epigallocatechin gallate (EGCG) efektif menghilangkan penyebab bruntusan di dahi. 

Kandungan tersebut bekerja dengan menurunkan produksi minyak yang berpotensi menghambat pori-pori. Cukup seduh daun atau kantong teh hijau dengan air hangat. 

Lalu, campurkan dengan madu atau gel lidah buaya dan aplikasikan ke seluruh wajah. Diamkan selama 10 sampai 15 menit. Untuk hasil yang maksimal, gunakan dua kali seminggu.

4. Cara menghilangkan bruntusan di jidat dengan tea tree oil

Tea tree oil alias minyak pohon teh juga bisa menjadi obat bruntusan di jidat yang ampuh. Pasalnya, tanaman ini memiliki senyawa antimikroba dan antiradang. 

Untuk merasakan khasiatnya, cukup campurkan beberapa tetes minyak dengan air. Aplikasikan bahan tersebut ke seluruh wajah menggunakan kapas.  Diamkan 10 sampai 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

5. Konsumsi Makanan yang Mengandung Zinc

Zinc adalah zat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Nutrisi ini bisa kamu dapatkan dari makanan, seperti kacang-kacangan, telur, tiram, lobster, daging dan biji-bijian. Kamu juga bisa mengonsumsi zinc dalam bentuk suplemen.

6. Kompres Es Batu

Meski tidak dapat mengatasi penyebab bruntusan di dahi sepenuhnya, es batu dapat menimbulkan sensasi dingin yang mampu menenangkan kulit meradang. Cara ini juga bisa mengurangi sensasi gatal dan kemerahan pada kulit akibat bruntusan yang membuat tidak nyaman.

7. Putih Telur

Masker putih telur dapat membersihkan kulit dengan mengangkat kotoran pada wajah. Bahan alami ini juga dapat menyerap minyak berlebih yang menjadi penyebab bruntusan di dahi. Oleskan putih telur secara merata pada seluruh wajah. Biarkan selama 10 sampai 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

8. Cara menghilangkan bruntusan di jidat dengan madu

Terakhir, ada madu yang bisa kamu manfaatkan sebagai obat bruntusan di wajah. Madu bersifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab peradangan pori-pori. 

Bahan alami ini juga bersifat asam, sehingga dapat menekan perkembangbiakan bakteri. Oleskan campuran madu dan kayu manis sebagai masker wajah. Diamkan selama 8 sampai 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Jika bruntusan tak kunjung membaik setelah menggunakan beberapa bahan tersebut, kamu atau anggota keluargamu yang mengalaminya bisa bertanya pada dokter 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna