Informasi Kesehatan

Waspadai, 5 Bakteri Berbahaya pada Ponsel

brand-ponsel-pintar-tanah-air-masuk-jajaran-tiga-terbaik-di-indonesia.jpg

Pernahkah Kalian Bertanya Mengapa Para Dokter Bedah Memakai Pakaian Berwarna Hijau Atau Biru?

Pernahkah terlintas dibenak kalian BogorNetizen, kenapa sih dokter…

Rokok Elektrik Tidak Lebih Aman Dari Rokok Tembakau!

Belakangan ini di Indonesia lagi rame banget sama…

Menurut Pakar Kesehatan, Waktu Terbaik Minum Kopi Adalah Jam 9:30 Pagi

Setiap orang memiliki kebiasaan minum kopi yang berbeda-beda.…

Sekarang ini sangat sulit rasanya untuk memisahkan seseorang dari ponselmereka. Perubahan jaman yang membuat ponsel menjadi salah satu alat utama untuk berinteraksi dan hampir tak pernah lepas dari tangan.

Bahkan terkadang seseorang membawa ponselnya walau harus pergi ke toilet. Dengan sendirinya, aktivitas yang Anda lakukan bersama dengan ponsel Anda juga tentunya akan menyebabkan menempelnya bakteri pada ponsel.

 

Jadi, bakteri apa saja yang berada pada ponsel Anda?

Kotoran feses

Jika Anda membawa ponsel ke dalam toilet umum, apa yang Anda harapkan? Sebuah studi menemukan, 1 dari 6 ponsel tercemar oleh kotoran feses, yang mana sangat masuk akal jika kita membawa ponsel saat sedang buang air besar.

Bakteri Staph

Dikenal dengan nama ilmiah sebagai Staphylococcus aureus, bakteri ini bertanggung jawab sebagai penyebab infeksi kulit, bersamaan dengan keracunan makanan dan infeksi staph.

Bagaimana bakteri ini bisa berada pada ponsel Anda? Sebuah laporan menemukan, bakteri ini umumnya hidup di hidung Anda. Jadi ketika memegang ponsel setelah mengorek hidung, bakteri ini akan berpindah dan menempel ke layar ponsel.

Yeast

Ini bukan yeast (ragi) yang biasa digunakan untuk membuat adonan roti. Candida  merupakan bakteri yang bertanggung jawab untuk infeksi yeast (jamur).

Hal ini memang tidak perlu terlalu dikhawatirkan, karena bakteri ini umum ditemukan pada tubuh manusia, namun jika dibiarkan berkembang berlebihan bisa menjadi berita buruk.

Bakteri ini bisa menyebabkan sariawan, atau infeksi yeast pada vagina yang membuat sangat tidak nyaman.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Influenza

Chuck Gerba, seorang professor mikrobiologi pada University of Arizona di Tucson, mengatakan bahwa 80 persen dari ponsel yang ada di dalam rumah penderita flu juga memiliki bakteri flu pada ponsel. Penelitian ini berlaku bagi ponsel atau pun pesawat telefon rumah

Streptococcus

Streptococcus merupakan bakteri yang memang umum ditemukan pada ponsel, namun daftar kondisi kesehatan yang diakibatkan bakteri ini cukup panjang. Bakteri ini bisa menyebabkan radang tenggorokan, demam scarlet, infeksi kulit, dan juga penyakit pemakan daging.

Bayi baru lahir yang terinfeksi bakteri ini beresiko terkena pneumonia dan meningitis. Bakteri ini cukup berbahaya dan menyebabkan kondisi kesehatan yang serius.  

Mengerikan bukan? Karena itulah, menjadi sangat penting untuk menjaga ponsel Anda tetap bersih, dan jangan membawa ponsel Anda ke toilet, selagi makan, atau ke gym karena dengan begitu ponsel Anda memiliki peluang lebih besar untuk tetap bersih. Bersihkan ponsel Anda dengan disinfektan secara rutin. 

TEMUKAN