Informasi Kesehatan

Konsumsi 10 Makanan Ini untuk Paru-paru yang Lebih Sehat

m1vm8fkee5tpfebfxxif.jpg

Manfaat Kopi: 18 Alasan Mengapa Anda Harus Minum Kopi Setiap Hari

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa kopi tidak…

6 Manfaat Menakjubkan Jus Kubis Campur Lemon

Kubis adalah salah satu jenis sayuran yang mulai…

Panduan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Lantas bagaimana makanan yang sehat untuk ibu hamil…

 

Kumparan 27 April 2018 - Seiring meningkatnya polusi udara akibat kendaran dan asap rokok, kualitas udara pun semakin menurun dan dapat memengaruhi kesehatan paru-paru. Kerap dianggap remeh, ternyata endapan polusi tersebut dapat memicu beragam penyakit bila tidak segera diantisipasi, mulai dari radang paru-paru, asma, bahkan kanker.
 
Tak perlu ke dokter, dilansir Boldsky, mengkonsumsi sederet makanan ini diklaim dapat membersihkan paru-paru dari residu zat beracun akibat polusi. Makanan apa saja? Yuk, simak ulasannya!
 
 
1. Wortel
 
Wortel.Wortel. (Foto:Pexels)
Wortel mengandung zat karotenoid yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru. Selain itu, zat tersebut juga sangat ampuh untuk membersihkan paru-paru, meringankan asma, dan juga mengurangi risiko kanker paru-paru. Selain wortel, terdapat beberapa sayuran lainnya yang kaya akan zat karotenoid. Mulai dari ubi jalar, bayam, dan tomat.
 
2. Salmon
 
Lemak ikan salmonLemak ikan salmon (Foto:Pixabay)
Salmon juga sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Diperkaya dengan asam omega 3, mengkonsumsi salmon secara rutin dipercaya dapat membantu meredakan gejala asma seperti sesak napas, demam, dan sakit kepala. Jenis makanan lain yang tinggi akan asam lemak omega 3 adalah tuna, kacang-kacangan dan biji rami.
 
3. Brokoli
 
Ilustrasi brokoliIlustrasi brokoli. (Foto:Thinkstock)
Seperti yang telah diketahui, brokoli memiliki segudang manfaat kesehatan. Salah satunya adalah menjaga kesehatan paru-paru. Brokoli tinggi akan antioksidan yang secara efektif membuang racun dalam paru-paru. Menyisipkan makanan kaya antioksidan seperti brokoli dan kubis dalam menu santapan sehari-hari dipercaya mampu menjaga paru-paru agar selalu sehat.
 
4. Alpukat
 
Ilustrasi alpukatIlustrasi alpukat (Foto:Pixabay)
Alpukat mengandung asam folat yang cukup tinggi. Zat tersebut berkhasiat untuk melindungi paru-paru dari risiko kanker. Tak hanya menyehatkan paru-paru, alpukat juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Beberapa jenis makanan lain yang kaya akan asam folat, di antaranya buah bit, asparagus, dan jeruk.
 
5. Bawang putih
 
Bawang putihBawang putih (Foto:Pixabay)
Bawang putih mengandung sebuah zat yang bernama allicin, zat satu ini bermanfaat untuk mencegah asma, membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan pada paru-paru. Bukan itu saja, bawang putih juga bersifat antioksidan, sehingga mampu untuk menghancurkan radikal bebas yang menempel pada paru-paru.
 
7. Kelompok buah beri
 
Ilustrasi buah beriIlustrasi buah beri (Foto:Pixabay)
Kelompok buah beri seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan blackberry adalah makanan super yang baik untuk paru-paru. Dikemas dengan antioksidan, flavonoid, karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang melimpah, mengkonsumsi aneka buah berry secara rutin diklaim mampu mengeluarkan zat karsinogen dari paru-paru, mencegah kanker dan juga meringankan infeksi paru-paru.
 
8. Apel
 
Ilustrasi buah apelIlustrasi buah apel (Foto:undefined)
Apel dikemas dengan kandungan flavonoid, antioksidan dan vitamin yang melimpah. Ketiga zat tersebut berguna untuk menjaga kesehatan paru-paru dan juga melindunginya dari beragam penyakit seperti radang, asma, serta mencegah perkembangan dan penyebaran sel kanker.
 
9. Jahe
 
 Jahe mengandung antioksidan untuk kekebalan tubuh Jahe mengandung antioksidan untuk kekebalan tubuh (Foto:Pixabay)
Kerap ditambahkan sebagai bumbu penyedap di segala masakan, jahe rupanya juga berkhasiat untuk menyehatkan paru-paru. Jahe dikenal memiliki sifat anti-inflamasi yang berkhasiat untuk membersihkan paru-paru dari polusi dan racun yang mengendap di dalamnya. Selain itu, jahe juga mengandung kurkumin, sehingga dapat meringankan radang paru-paru.
 
10. Buah delima
 
Buah DelimaBuah Delima. (Foto:Pixabay)
Makanan terakhir yang bagus untuk paru-paru adalah buah delima. Menyantap buah berwarna merah ini setiap hari dapat melindungi paru-paru dari tumbuhnya sel-sel kanker, membuang racun, serta memaksimalkan suplai darah ke dalam paru-paru. Buah delima juga mengandung flavonoid dan antioksidan, kedua zat ini dapat membantu memaksimalkan kinerja paru-paru.
 
Mengutip Kumparan.com
TEMUKAN