Informasi Kesehatan

Zat Gizi Yang Perlu Ada Dalam Sarapan Sehat

Zat_Gizi_Yang_Perlu_Ada_Dalam_Sarapan_Sehat_m5tzty.png

Pernahkah Kalian Bertanya Mengapa Para Dokter Bedah Memakai Pakaian Berwarna Hijau Atau Biru?

Pernahkah terlintas dibenak kalian BogorNetizen, kenapa sih dokter…

Permen Karet Tertelan, Apa Bahayanya bagi Tubuh?

Ada banyak mitos seputar bahaya menelan permen karet. Mulai dari…

Ini Dia Bahaya Minum Sambil Berdiri

Minum air putih memang penting bagi kesehatan ya…

Sarapan Sehat Untuk Anak

 

Makan adalah kebutuhan setiap orang. Tidak terkecuali juga makan di pagi hari alias sarapan. Sarapan adalah waktu makan yang lebih sering diabaikan oleh sebagian orang dibandingkan dengan waktu makan siang ataupun makan malam. Padahal sarapan sangat penting untuk dapat memberikan asupan energi pada tubuh kita supaya bisa menjalani aktivitas sehari dengan baik. Pastinya menu sarapan juga harus diperhatikan, harus mencakup makanan dengan kandungan zat gizi seimbang. Sarapan sehat harus bisa kita terapkan dengan baik. Jadi, bukan berarti karena sarapan adalah waktu makan yang sangat penting, lalu kita pun makan sebanyak-banyaknya hingga kenyang tanpa peduli bagaimana kandungan gizi pada menu sarapan yang kita konsumsi.

 

Menu makanan di dalam sarapan sehat perlu memiliki kandungan karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral secara seimbang. Dengan sarapan bersama menu yang sehat mengandung zat gizi seimbang pastinya akan membuat tubuh pun terpenuhi nutrisinya sehingga juga dapat menunjang berjalannya aktivitas harian secara optimal. Nah, lalu jika kita sudah memilih menu sarapan yang sehat dengan kadungan zat gizi terbaik seimbang, bagaimana dengan porsi sarapan sehat yang benar ? Untuk porsi sarapan sendiri tergantung dari umur, kondisi kesehatan dan bagaimana aktivitas harian. Pastinya porsi sarapan anak-anak akan berbeda dengan porsi sarapan orang dewasa bukan ? Pada umumnya, satu porsi sekai makan rata-rata perlu untuk mencukupi sebanyak 25% karbohidrat, 25% protein serta 50% serat yang bisa didapatkan dari aneka buah dan sayur.

 

Karbohidrat, protein, serat, vitamin hingga mineral menjadi zat gizi yang perlu ada dalam menu sarapan sehat karena kesemuanya ini akan dapat membantu dalam mencukupi kebutuhan energi. Mulai dari karbohidrat sendiri, dimana karbohidrat merupakan sumber energi untuk tubuh. Asupan karbohidrat bisa diperoleh dari roti, sereal, kentang, sampai oatmeal. Karbohidrat kompleks lebih disarankan ketimbang karbohidrat sederhana. Pasalnya karbohidrat kompleks dapat membuat kenyang lebih lama dan dapat membantu untuk mengatur kadar gula darah. Berikutnya zat gizi berupa protein akan membantu peran karbohidrat sebagai untuk menghasilkan energi, yang mana protein dapat menjadi sumber energi yang bertahan lebih lama dibandingkan dengan karbohidrat. Protein juga berperan dalam tumbuh kembang anak. Sedangkan vitamin serta mineral menjadi zat gizi penting untuk ada di dalam menu sarapan yang sehat karena peran vitamin dan mineral adalah sebagai antioksidan untuk tubuh. Antioksidan tak lain merupakan zat yang bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari masalah yang diakibatkan oleh radikal bebas dan bisa berujung dengan datangnya penyakit membahayakan.

 

Sekarang ini untuk memperoleh makanan sehat bukanlah hal yang sulit. Bahkan jika di rumah kita sibuk dan tak sempat memasak, kita bisa pesan makanan yang sehat dan aman dengan cara online melalui Lemonilo. Dengan semakin mudahnya kita untuk memperoleh makanan sehat, jadi tak ada alasan lagi untuk tidak menerapkan kebiasaan sehat seperti sarapan dengan menu makanan yang sehat.

TEMUKAN