Informasi Kesehatan

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Makanan Pedas?

makanannnn.jpg

Ini Cara Mengetahui Masa Tidak Subur Wanita untuk Cegah Kehamilan

“Salah satu metode untuk mencegah kehamilan yang bisa…

Berbahayakah MSG untuk Ibu Hamil? Ini Faktanya

“Konsumsi MSG untuk ibu hamil bisa dikatakan aman…

Perut Kecil pada Ibu Hamil Menandakan Bayinya juga Kecil, Benarkah?

Setiap ibu hamil memiliki ukuran perut yang berbeda-beda.…

Banyak kabar mengenai pantangan makanan yang harus dipatuhi oleh ibu hamil. Salah satunya adalah makanan pedas. Makanan ini dianggap bisa menimbulkan keguguran bahkan dipercaya dapat menyebabkan bayi botak. Lantas, bagaimanakah kebenarannya?

Makanan pedas erat kaitannya dengan makanan yang mengandung cabai. Makanan pedas berbeda dari makanan lainnya karena dapat memberikan sensasi unik, yaitu rasa panas atau terbakar pada mulut dan lidah.

Meski terdengar tidak nyaman, banyak orang yang menyukai sensasi ini, termasuk wanita-wanita yang sekarang mungkin sedang hamil. Beberapa bahkan mengatakan bahwa rasa pedas dapat meningkatkan nafsu makan mereka.

Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Makanan Pedas

Kehamilan membuat Bumil dituntut untuk lebih selektif dalam memilih makanan atau minuman. Hal ini karena segala yang Bumil konsumsi bisa memengaruhi proses tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Namun, makanan pedas tidak termasuk ke dalam makanan yang perlu Bumil hindari. Jadi, bila sebelum hamil Bumil sangat gemar mengonsumsi makanan pedas dan berbumbu tajam, misalnya yang mengandung banyak cabai, lada, atau jahe, saat hamil pun Bumil tidak perlu menghindari makanan ini.

Mengonsumsi makanan pedas saat hamil sebenarnya boleh-boleh saja dan tidak akan membahayai janin, kok. Jadi, anggapan bahwa makanan pedas bisa menimbulkan keguguran dan menyebabkan kebotakan pada bayi hanyalah mitos yang tidak didukung oleh penelitian maupun bukti klinis.

Meski begitu, efek samping makanan pedas yang bisa terjadi pada kebanyakan orang berupa nyeri ulu hati, mual, kembung, diare, dan asam lambung naik tentunya juga bisa terjadi pada ibu hamil, bahkan dengan gejala yang lebih berat.

Pada trimester pertama, makanan pedas juga mungkin akan memperparah morning sickness jika Bumil mengalaminya.

Setelah mengetahui informasi di atas, kini Bumil tidak perlu ragu untuk mengonsumsi makanan pedas. Namun, alangkah baiknya bila Bumil tetap membatasi tingkat kepedasan dan porsinya. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan menjaga kebersihan makanan, ya.

Bila Bumil ingin membuat makanan pedas sendiri, pastikan untuk mencuci tangan dahulu sebelum mengolahnya. Selain itu, penting pula untuk memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan bersih dan berkualitas baik.

Sedangkan dalam mengonsumsi makanan pedas dalam kemasan, seperti saus atau sambal botol, pastikan bahwa produk yang akan Bumil konsumsi tidak kedaluwarsa sehingga aman untuk dikonsumsi.

Bila Bumil mengalami keluhan yang sangat mengganggu atau membuat Bumil tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Sumber: alodokter .com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.