Informasi Kesehatan

Efek Konsumsi Cyanocobalamin Berlebih Bisa Ganggu Sel Darah Merah

suplemen2.jpg

Cegah Anemia, Ini Berbagai Makanan Penambah Darah

"Anemia adalah kondisi yang cukup lazim dialami beberapa…

Cara Mencegah Penularan Berbagai Varian Virus Corona

Virus Corona penyebab penyakit COVID-19 telah bermutasi menjadi…

Cegah Anemia dengan Makanan Penambah Darah

Ada beragam jenis makanan penambah darah yang dapat…

“Cyanocobalamin adalah suplemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12. Namun, kamu perlu memahami dosis yang tepat dan efek samping yang mungkin ditimbulkan.

”Sebaiknya jangan sepelekan kebutuhan vitamin B12 dalam tubuh. Ada berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan jika vitamin ini terpenuhi dengan baik, seperti membantu pembentukan sel darah merah hingga mencegah osteoporosis.

Kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin B12 dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat, seperti hati sapi, telur, hingga kerang. Namun, jika makanan saja tidak mampu memenuhi kebutuhan vitamin B12, kamu bisa memenuhinya dengan mengonsumsi suplemen vitamin B12 yang dikenal sebagai cyanocobalamin. 

Sebelum mengonsumsinya, pastikan kamu mengetahui jumlah dosis yang tepat. Berlebihan dalam mengonsumsi suplemen vitamin B12 ini dapat menyebabkan gangguan pada sel darah merah.

Mengenal Cyanocobalamin

Cyanocobalamin adalah versi vitamin B12 dalam bentuk suplemen. Ia biasa digunakan untuk seseorang yang mengalami kekurangan vitamin B12 dalam tubuhnya. Pengonsumsian suplemen vitamin B12 juga digunakan untuk mencegah anemia akibat kadar vitamin B12 yang terlalu rendah.

Tubuh membutuhkan asupan vitamin B12 untuk memproduksi sel darah merah. Namun, bagi beberapa kelompok orang, mengonsumsi makanan saja dinilai tidak dapat memenuhi jumlah asupan vitamin B12 yang diperlukan. Dengan begitu, kamu membutuhkan suplemen vitamin B12 untuk membantu pemenuhan asupan ini.

Suplemen ini banyak dijumpai dalam bentuk tablet, kapsul, semprotan mulut, hingga cairan tetes. Namun, pastikan kamu mengonsumsi cyanocobalamin sesuai dengan anjuran dokter agar dosisnya tidak berlebihan. 

Untuk penggunaan harian, seseorang yang kekurangan vitamin B12 akibat diet membutuhkan dosis sebanyak 0,05 – 0,15 miligram yang diminum satu hari sekali. Sedangkan, kekurangan vitamin B12 tanpa diet biasanya membutuhkan sebanyak satu miligram diminum sebanyak 1 hingga 2 kali dalam satu hari.

Konsumsi cyanocobalamin menggunakan air putih. Hindari menggigit atau mengunyah suplemen vitamin B12. Waktu yang terbaik untuk mengonsumsi suplemen ini sebelum makan. 

Sayangnya suplemen ini tidak cocok untuk dikonsumsi semua orang. Sebaiknya ia juga tidak dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki riwayat alergi obat. Bahkan, beberapa cyanocobalamin dalam bentuk tablet tidak cocok bagi kamu yang menjalani diet vegan.

Waspada Mengonsumsi Cyanocobalamin Berlebihan

Cyanocobalamin umumnya merupakan suplemen vitamin yang aman untuk dikonsumsi asalkan sesuai dosis dan anjuran dokter. Umumnya, efek samping yang dirasakan tidak berbahaya dan dapat diatasi ketika kamu berhenti mengonsumsi suplemen ini.

Efek samping yang paling sering dialami adalah pusing. Untuk itu, pastikan kamu tidak mengendarai kendaraan setelah mengonsumsinya. Efek samping lainnya yang kerap terjadi adalah sakit kepala, diare, sembelit, ruam kulit, mual, dan muntah.

Lalu, apakah berlebihan dalam mengonsumsi cyanocobalamin dapat menyebabkan gangguan sel darah merah? Dalam sebuah penelitian American Journal of Hypertension, menemukan fakta bahwa tingginya asupan vitamin B12 dikaitkan langsung dengan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih rendah. Untuk itu, selalu pastikan kamu mengonsumsi sesuai dosis dan tidak berlebihan.

Amankah Ibu Hamil dan Menyusui Mengonsumsi Cyanocobalamin?

Cyanocobalamin aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Namun, tidak ada salahnya bagi ibu hamil dan menyusui penuhi kebutuhan vitamin B12 dari berbagai jenis makanan yang bisa dikonsumsi, seperti daging, ikan, telur, susu, dan makanan olahan susu.

Sumber: halodoc .com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna