Informasi Kesehatan

Benarkah Sabun Pepaya Mampu Mencerahkan Kulit?

sabun_pepaya.jpg

Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Menurunkan Berat Badan

Bila kamu sedang menjalani program diet, mulai sekarang…

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami untuk Wajah Halus Berseri

Ada beragam cara menghilangkan komedo secara alami yang…

Manfaat Micellar Water untuk Kulit Wajah

Sederet Manfaat Micellar Water Fungsi utama micellar water adalah untuk mengangkat…

“Kandungan enzim papain dalam pepaya mampu mencerahkan warna kulit. Manfaat tersebut bisa diperoleh dari sabun pepaya.”

Pepaya lazimnya dikonsumsi secara langsung. Namun, buah yang satu ini nyatanya bisa diolah menjadi sabun, lho ! Sabun pepaya diklaim lebih alami dan lembut sehingga aman digunakan pada tubuh maupun wajah.

Selain alami dan lembut, senyawa-senyawa di dalamnya punya efek menguntungkan untuk kulit. Salah satunya bisa mencerahkan kulit yang kusam.

Alasan Sabun Pepaya Bisa Mencerahkan Kulit

Pepaya kaya akan vitamin C yang dapat mengurangi hiperpigmentasi alias warna kulit yang tidak merata. Sabun ini bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Lewat proses tersebut, bercak-bercak hitam dapat berkurang sehingga kulit tampak lebih cerah.

Jenis antioksidan tersebut juga mampu merangsang produksi kolagen, yaitu sejenis protein yang menjaga elastisitas dan mencerahkan kulit. Efek cerah juga diperoleh dari kandungan vitamin A. Nutrisi ini bertugas memproduksi sel-sel kulit baru . Alhasil, bintik-bintik gelap, noda dan bekas luka lebih tersamarkan

Keunggulan lainnya, sabun pepaya bisa mencegah produksi melanin berlebih. Melanin adalah pigmen yang memberikan warna kulit. Jumlah melanin berlebihan justru bisa membuat kulit tampak lebih gelap.

Kegunaan Sabun Pepaya

Tidak sekedar membersihkan wajah saja, sabun pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan di bawah ini:

1. Pengelupasan kulit

Enzim papain dalam sabun pepaya dapat mengelupas sel-sel kulit mati. Pengelupasan secara teratur dapat membuat kulit lebih cerah dan halus. Perawatan ini juga mampu meratakan warna kulit.

2. Perawatan jerawat

Sabun pepaya dapat membantu menghilangkan noda dan mengurangi jerawat. Dalam hal ini, papain bekerja menghilangkan keratin yang rusak. Keratin adalah sejenis protein yang terkandung dalam kulit.

Keratin yang rusak akan semakin menumpuk jika tidak dibersihkan. Penumpukan ini kemudian menyebabkan jerawat. Pengelupasan dengan sabun pepaya juga mencegah penyumbatan sel kulit mati yang memicu jerawat.

3. Obat pereda nyeri alami

Mengoleskan sabun pepaya pada bekas gigitan serangga atau luka dapat membantu meredakan rasa sakit, gatal, bengkak, dan kemerahan. Lagi-lagi papain di dalamnya yang bertugas mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka.

Beberapa racun serangga mengandung peptida, yang merupakan bahan penyusun protein. Papain dapat memecah protein ini dan mengobati iritasi kulit.

4. Penghilang noda

Protein yang terkandung dalam sabun pepaya bisa menghilangkan noda-noda membandel di wajah. Noda hitam di wajah sebenarnya bentuk protein yang rusak. Ketika ada zat protein baru, jenis tersebut akan “memakan” protein yang lama yang telah rusak.

Meskipun berbahan alamiah, tidak semua orang cocok menggunakan sabun ini. Untuk mencegah alergi dan iritasi, sebaiknya lakukan skin patch test alias tes tempelCaranya, oleskan sedikit sabun pepaya ke pergelangan tangan atau belakang telinga. Diamkan selama 24 hingga 48 jam.

Hentikan penggunaan jika mengalami tanda-tanda reaksi alergi, seperti benjolan, bengkak, gatal, atau kemerahan. Sebaiknya langsung hindari pepaya jika kamu sudah jelas alergi terhadap buah pepaya atau lateks. Sebab, enzim papain dihasilkan lateks buah pepaya mentah.

 

Sumber: halodoc .com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna