Informasi Kesehatan

Sederet Manfaat Liburan untuk Kesehatan Tubuh Kamu

ini-x-alasan-pentingnya-liburan-bagi-kesehatan-halodoc.png

Ini Alasan Mengapa Olahraga Bisa Tingkatkan Suasana Hati

Ketika mood-mu lagi jelek atau stres melanda, coba deh berolahraga. Aktivitas…

Menelusuri Efektivitas Konsumsi Bawang Putih untuk Asam Lambung

Penggunaan bawang putih untuk asam lambung menjadi perdebatan.…

Sederet Manfaat Teh Peppermint untuk Kesehatan

Bukan hanya memiliki rasa yang menyegarkan, manfaat teh peppermint untuk…

Liburan ternyata bukan cuma bermanfaat untuk melepas penat. Ini berbagai manfaat liburan yang sayang untuk Anda lewatkan.

Liburan menjadi momen yang paling dinanti. Selain untuk menikmati quality time bersama keluarga dan orang yang kamu sayangi, aktivitas ini baik untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari yang membosankan. 

Tidak hanya itu, liburan memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Tak heran, liburan kerap dianggap sebagai cara healing terbaik. 

Para peneliti dari Icahn School of Medicine, University of California, dan Harvard University menemukan bahwa liburan yang berlangsung selama enam hari dapat mendatangkan berbagai manfaat positif bagi tubuh. Di bawah ini sederet manfaat liburan yang perlu kamu tahu.

1. Menurunkan Risiko Stres
2. Mencegah Terserang Penyakit

Sebuah penelitian membuktikan bahwa stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh (imun). Imun yang buruk bisa membuat kamu mudah terinfeksi patogen penyebab penyakit, seperti virus, bakteri, jamur, dan parasit.

Liburan mendatangkan kebahagiaan tersendiri dan meredakan stres. Karenanya, manfaat berlibur bisa membantu menjaga sistem kekebalan dan mencegah kamu terserang penyakit. 

3. Meningkatkan Produktivitas

Kamu bisa merasa kelelahan ketika hanya fokus bekerja dan memiliki rutinitas sehari-hari yang sangat membosankan. Kondisi ini justru bisa menurunkan produktivitas.

Nah, menjauh selama beberapa hari dari rutinitas dengan pergi berlibur bisa kembali  menyegarkan kamu. Manfaat liburan dapat membuat kamu lebih siap dan semangat dalam bekerja.

4. Meningkatkan Kualitas Hubungan Seksual

Meski terkesan sepele, manfaat liburan bagi kesehatan ternyata bisa meningkatkan kualitas hubungan seksual kamu dan pasangan. Soalnya, ketika tingkat stres berkurang, libido alias gairah seks kamu akan meningkat. 

Sebaliknya, jarang liburan bisa membuat kamu lebih rentan mengalami stres sehingga bisa menurunkan libido.

5. Membantu Tetap Fokus

Manfaat liburan juga bisa membantu kamu tetap fokus.Jeda dari rutinitas harian bermanfaat menyegarkan dan mengisi ulang sel-sel otak sehingga bisa meningkatkan konsentrasi. 

Ketika fokus terjaga, ide-ide cemerlang yang bisa menunjang pekerjaan pun bermunculan. Itulah sebabnya banyak ide brilian lahir ketika kamu sedang tidak berkutat dengan pekerjaan. 

6. Mempererat Ikatan dengan Orang-Orang yang Disayangi

Aktivitas dan pekerjaan yang padat bisa mengurangi waktu kamu bersama keluarga dan orang-orang yang disayangi. Tentu, kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Nah, manfaat berlibur dapat mempererat kembali ikatan kamu dengan orang-orang terkasih. Karena itu, usahakan untuk selalu menyediakan waktu liburan bersama mereka, ya!

7. Bantu Memperoleh Istirahat yang Lebih Baik

Pentingnya liburan untuk kesehatan dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga bisa menambah waktu istirahat. Hal ini bermanfaat bagi kamu yang  mengalami gangguan tidur.

Sebuah survei menyebutkan bahwa orang cenderung tidur satu jam lebih banyak ketika berlibur. Liburan dapat membantu mengeluarkan hormon-hormon relaksasi yang  membuat kamu jauh lebih mudah tertidur.

8. Menekan Risiko Penyakit Jantung

Stres adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko kamu mengalami penyakit jantung. Mengurangi stres dengan berlibur bisa bantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Menurut penelitian, liburan secara teratur dapat mengurangi risiko serangan jantung sebesar 32 persen pada pria dan 50 persen pada wanita.

9. Hidup Lebih Lama

Sebuah riset yang dipublikasikan International Journal of Environmental Research and Public Health, mengungkapkan bahwa liburan jangka pendek bisa mengurangi ketegangan dan stres, serta berdampak positif bagi kesejahteraan fisik dan mental.

Ketika stres berkurang, kesehatan tubuh secara menyeluruh turut meningkat sehingga bisa meminimalkan risiko kamu mengidap berbagai gangguan kesehatan. Pada gilirannya, hal ini bermanfaat memperbesar peluang kamu hidup lebih lama.

 

Sumber: Klikdokter.com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.

Lari adalah jenis olahraga aerobik yang baik untuk kesehatan jantung. Baik lari tanpa alas kaki ataupun menggunakan sepatu, kamu tetap perlu menjadikan olahraga ini sebagai rutinitas.