Informasi Kesehatan

Ini 5 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

333_52_hitung-berat-badan-ideal-si-kecil-dengan-rumus-ini-bun.jpg

Ini 7 Manfaat Psyllium yang Kaya Serat untuk Kesehatan Tubuh

“Psyllium husk adalah sejenis serat yang berfungsi sebagai…

Ini Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Stroke di Usia Muda

Orang dengan usia muda juga berisiko terkena stroke.…

Beda dengan Es Batu, Ini 7 Fakta Tentang Dry Ice yang Jarang Diketahui

“Dry ice digunakan di lintas sektor, mulai dari…

“Cara menurunkan berat badan dengan cepat sebenarnya mudah. Yakni dengan memperbaiki pola makan dan gaya hidup.”

Meski ada banyak metode diet, sebenarnya ada cara menurunkan berat badan dengan cepat secara alami. Hal yang perlu dilakukan adalah mengubah gaya hidup, termasuk pola makan. 

Seperti apa? Yuk simak tipsnya berikut ini!

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Berikut ini beberapa trik yang bisa kamu coba, jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat:

1. Makan Protein saat Sarapan

 Protein dapat mengatur hormon nafsu makan untuk membantu orang merasa kenyang. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh penurunan hormon lapar ghrelin dan peningkatan hormon kenyang peptida YY, GLP-1, dan kolesistokinin.

Pilihan yang baik untuk sarapan berprotein tinggi termasuk telur, gandum, mentega kacang dan biji, bubur quinoa, sarden, dan puding biji chia.

2. Kurangi Gula dan Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan adalah makanan olahan yang tidak lagi mengandung serat dan nutrisi lainnya. Ini termasuk nasi putih, roti, dan pasta. Makanan ini cepat dicerna, dan diubah menjadi glukosa dengan cepat.

Kelebihan glukosa memasuki darah dan memicu hormon insulin, yang meningkatkan penyimpanan lemak di jaringan adiposa. Ini berkontribusi pada penambahan berat badan.

3. Perbanyak Asupan Serat

mengonsumsi banyak serat dari makanan dapat meningkatkan rasa kenyang. Ini dapat menjadi cara menurunkan berat badan dengan cepat. Makanan kaya serat meliputi buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Olahraga

Selain mengatur pola makan, penting juga untuk memperbanyak aktivitas fisik, atau melakukan olahraga secara rutin. Selain membantu defisit kalori, olahraga juga bisa membangun otot, untuk membantu pembakaran lemak.

5. Tidur yang Cukup

tidur yang tidak cukup atau berkualitas buruk memperlambat proses di mana tubuh mengubah kalori menjadi energi, yang disebut metabolisme. Ketika metabolisme kurang efektif, tubuh dapat menyimpan energi yang tidak terpakai sebagai lemak. 

Berapa lama seseorang tidur juga mempengaruhi pengaturan hormon pengatur nafsu makan leptin dan ghrelin. Leptin mengirimkan sinyal kenyang ke otak.

 

Sumber: Halodoc. com

 Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.