Informasi Kesehatan

Ini Deretan Makanan untuk Membersihkan Usus Besar

makanan-kaya-serat.jpg

Rutin Konsumsi Minyak Ikan, Apa Saja Manfaatnya?

“Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 dalam dosis…

6 Pantangan Jantung Bengkak yang Perlu Diketahui

Pantangan jantung bengkak penting untuk diketahui dan dijauhi…

Sering Makan Kacang Bikin Jerawatan, Benarkah?

“Jangan makan kacang, nanti jerawatan.” Nasihat ini mungkin sudah…

Makanan untuk Membersihkan Usus Besar

Jenis makanan tertentu dapat membantu memindahkan limbah di usus besar untuk keluar dari tubuh.  Membersihkan usus besar pun dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan tertentu. Apa sajakah itu? 

1. Brokoli

Brokoli mengandung serat larut sehingga dapat membantu meningkatkan keteraturan BAB dan menjaga bakteri sehat di usus. Brokoli juga kaya akan antioksidan sehingga baik untuk kesehatan tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan.

2. Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Makan sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, kangkung, dan lobak adalah cara yang baik untuk membuat usus besar menjadi lebih bersih. Sayuran berdaun hijau gelap mengandung klorofil, yang membantu menghilangkan bakteri jahat di usus besar dan menyembuhkan lapisan lendir saluran pencernaan.

Sayuran berdaun hijau juga berperan melindungi saluran pencernaan dari jenis makanan lain yang bisa mengganggu pencernaan.

3. Susu

Susu dapat membantu menghilangkan racun, meningkatkan energi, dan meredakan gejala seperti kabut otak. Mengonsumsi susu juga dapat membersih usus besar. Selain itu, kandungan kalsium dapat membantu mengurangi iritasi pada usus besar, serta menurunkan risiko kanker usus. 

4. Raspberry

Raspberry memiliki efek antioksidan yang dapat membunuh sel kanker lambung dan usus besar. Kandungan serat dan air dalam raspberry juga dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat yang cukup ini kemudian akan meningkatkan keteraturan BAB, yang sangat penting untuk ekskresi racun setiap hari.

5. Oatmeal

Makan oatmeal adalah cara yang aman untuk membuat usus besar kembali bersih. Oatmeal mengandung serat yang tinggi dapat meningkatkan berat feses, dan bisa meredakan sembelit.

Kamu bisa mencampurkan oatmeal dengan potongan buah ataupun susu untuk mendapatkan rasa yang lebih enak dan tidak hambar.

6. Lemon

Lemon kaya akan pektin yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Lemon juga dapat membantu menurunkan berat badan. Nah, dalam kaitannya dengan mengosongkan usus besar, kandungan nutrisi pada lemon juga membantu kesehatan pencernaan lebih optimal dengan menghilangkan racun dari tubuh.

Cobalah untuk membiasakan minum perasan lemon dan campurkan dengan jahe segar. Kombinasi ini akan lebih baik bila diseduh dengan air hangat.

Cara Lain untuk Membersihkan Usus Besar

Selain jenis makanan yang sudah disebutkan tadi, kamu juga perlu menerapkan beberapa hal lain untuk meningkatkan kebersihan usus besar, misalnya:

  • Perbanyak konsumsi air putih.
  • Olahraga teratur, karena olahraga juga dapat melatih gerak sistem pencernaan.
  • Batasi konsumsi daging merah dan makanan olahan.
  • Batasi jumlah kopi dan gula yang dikonsumsi.

Sumber: Halodoc.com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna