Informasi Kesehatan

4 Manfaat Asam Jawa yang Tidak Seasam Rasanya

Mengenal-Berbagai-Manfaat-Asam-Jawa-untuk-Kesehatan.jpg

Ini 5 Tips Berbuka Puasa untuk Pengidap Asam Lambung

“Ketika berpuasa, tubuh perlu waktu untuk menyesuaikan dengan…

Beragam Tips Mencegah Maag Kambuh saat Puasa

“Ada beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah sakit…

Daftar Kandungan Skincare yang Baik untuk Dikombinasikan

Kandungan Skincare yang Bisa Dipakai Bersamaan Berikut ini adalah daftar…

Mengenali Manfaat Asam Jawa

Selain sebagai bahan dasar makanan dan minuman, asam jawa juga kerap digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat asam jawa bagi kesehatan:

1. Mengobati mata kering

Ekstrak biji asam jawa diduga bisa dimanfaatkan sebagai obat tetes mata untuk meredakan gejala mata kering. Menurut sejumlah penelitian, biji asam jawa mengandung zat yang mirip dengan cairan untuk melapisi permukaan bola mata dan melindungi permukaan kornea mata.

2. Mengatasi konstipasi

Kandungan asam tartarat, asam malat, dan kalium pada asam jawa dipercaya memiliki efek pencahar atau laksatif untuk melancarkan buang air besar dan mengatasi konstipasi.

Selain itu, asam jawa juga diduga dapat mengatasi beragam masalah pencernaan lain, seperti infeksi cacing di usus, gangguan fungsi hati dan empedu, serta gejala mual pada kehamilan. Namun, penelitian lebih jauh diperlukan untuk mengetahui efektivitas dan keamanannya bagi tubuh.

3. Menjaga kesehatan jantung

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa kandungan flavonoid di dalam asam jawa juga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Hal ini karena flavonoid memiliki sifat antioksidan yang berperan dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Kedua kondisi ini diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Mencegah kanker

Selain menjaga kesehatan jantung, antioksidan dalam asam jawa turut berperan dalam mencegah penyakit kanker. Manfaat ini diduga berasal dari kandungan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Di samping beragam manfaat asam jawa yang telah disebutkan di atas, buah ini juga memiliki khasiat lain yang diketahui baik untuk kesehatan tubuh, seperti mengontrol kadar gula darah, mengatasi obesitas, dan mencegah beragam infeksi bakteri di saluran pencernaan.

Resep Masakan dengan Asam Jawa

Ada beragam cara yang bisa Anda coba lakukan untuk menikmati manfaat asam jawa dan salah satunya adalah dengan mengolahnya menjadi rebusan asam jawa.

Cara membuatnya cukup mudah. Bahan yang diperlukan pun cukup sederhana, yaitu asam jawa, tebu, jahe, dan jeruk nipis. Berikut ini adalah langkah-langkah membuatnya:

  • Bersihkan asam jawa, jahe, tebu, dan jeruk nipis dengan air mengalir
  • Masukkan buah asam jawa dan potongan jahe ke dalam air mendidih
  • Diamkan selama 30 menit
  • Aduk menggunakan sendok hingga merata, lalu tiriskan dengan saringan untuk memisahkan biji asam jawa
  • Tambahkan perasan jeruk nipis dan gula tebu sesuai selera
  • Air rebusan asam jawa siap disajikan dan dikonsumsi

Terlepas dari manfaatnya, penting untuk diketahui bahwa beberapa manfaat asam jawa di atas masih memerlukan penelitian dan uji klinis lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya. Selain itu, masih belum ada informasi pasti mengenai dosis asam jawa yang aman untuk dikonsumsi.

 

Sumber: alodokter. com 

 Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.