Informasi Kesehatan

Kenali Manfaat Kayu Manis untuk Ibu Hamil

952398452.jpg

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Makanan Pedas?

Banyak kabar mengenai pantangan makanan yang harus dipatuhi…

Makan Sushi Saat Hamil, Amankah?

Bumil pasti sudah tahu ya, saat hamil, ada…

Begini Pertumbuhan Janin di Dalam Kandungan dari Minggu ke Minggu

“Pada trimester pertama sampai ketiga, perkembangan janin dalam…

Sederet Manfaat Kayu Manis untuk Ibu Hamil

Selama dikonsumsi dalam batas wajar, kayu manis tidak akan membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Justru, kayu manis dapat memberikan beberapa manfaat untuk Bumil, di antaranya:

1. Menurunkan risiko infeksi

Saat hamil, daya tahan tubuh Bumil cenderung lebih lemah, sehingga Bumil jadi lebih rentan mengalami infeksi. Nah, salah satu manfaat mengonsumsi kayu manis adalah meningkatkan sistem imun tubuh sehingga menurunkan risiko infeksi.

Khasiat kayu manis ini datang dari senyawa aktif cinnamaldehyde dan berbagai senyawa aktif lainnya yang memiliki efek antioksidan. Selain mampu meningkatkan daya tahan tubuh, senyawa-senyawa ini juga membantu tubuh melawan radikal bebas berlebih penyebab penyakit kronis.

2. Membantu mengatasi peradangan

Saat hamil, berat badan biasanya akan naik. Pertambahan berat badan ini dapat memberikan tekanan ekstra pada persendian yang menyebabkan sendi menjadi mudah nyeri dan bengkak.

Pada ibu hamil, kayu manis dapat bertindak sebagai antiinflamasi yang bisa mengatasi dan mengurangi peradangan di seluruh tubuh, termasuk sendi, sehingga mengurangi nyeri sendi dan otot ketika hamil.

3. Menurunkan tekanan darah

Kondisi yang disertai tekanan darah tinggi saat hamil, misalnya hipertensi gestasional atau preeklamsia, bisa mengancam risiko kesehatan Bumil dan janin.

Untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya komplikasi, Bumil bisa mencoba manfaat dari kayu manis, sebab rempah ini diduga memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah.

4. Membantu mengontrol diabetes gestasional

Diabetes gestasional terjadi ketika tubuh tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup, sehingga kadar gula darah menjadi tinggi. Jika mengalami ini, Bumil bisa mengonsumsi kayu manis untuk membantu mengontrol gula darah.

Kandungan polifenol pada rempah ini dipercaya mampu meningkatkan kerja insulin, sehingga pemakaian gula dari darah jadi lebih maksimal dan kadarnya terkontrol. Oleh karena itu, kayu manis cocok dikonsumsi oleh ibu hamil, baik dalam bentuk makanan atau minuman.

Itulah beragam manfaat kayu manis untuk ibu hamil yang perlu Bumil ketahui. Walau berkhasiat, jangan lantas mengonsumsi kayu manis secara berlebihan, ya. Cukup konsumsi kayu manis sebagai penambah rasa atau aroma pada masakan atau minuman Bumil.

Sebagian ibu hamil bisa mengalami alergi kayu manis yang ditandai dengan gatal pada bagian mulut atau lidah, ruam kulit, hingga sulit bernapas. Selain itu, mengonsumsi kayu manis terlalu banyak juga dapat menyebabkan Bumil mengalami nyeri ulu hati dan kembung.

 

Sumber: alodokter. com 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.