Informasi Kesehatan

4 Manfaat Support System buat Kesehatan Mental

Artikel-Support-System.png

Ini Lho Cara Tepat Makan Oatmeal untuk Diet

“Sudah rutin makan oatmeal, eh berat badan malah…

Konsumsi Toge Dapat Meningkatkan Kesuburan, Mitos atau Fakta?

Banyak yang percaya, konsumsi toge dapat meningkatkan kesuburan.…

Overheat Saat Berolahraga? Ini Cara Mencegahnya

Lagi asyik berolahraga, tiba-tiba tubuh terasa sangat panas, terus jadi lemas…

Ketahui dulu Perbedaannya

Perlu diketahui bahwa support system terbagi dalam beberapa jenis yang memiliki fungsi berbeda, yaitu: 

  • Dukungan emosional. Sistem pendukung ini dapat membantu seseorang saat butuh ditemani, khususnya ketika sedang terpuruk, kesepian, atau sedih. 
  • Dukungan instrumental. Dalam kasus lain, seseorang mungkin akan memberikan dukungan yang bersifat instrumental. Contohnya seperti menawarkan bantuan, atau menawarkan sesuatu yang berkaitan dengan kebutuhan fisik, seperti mengirimi makanan. 
  • Dukungan informasi. Orang juga dapat memberikan apa yang dikenal sebagai dukungan informasi. Ini dapat melibatkan pemberian bimbingan, saran, informasi, dan pendampingan. 

Manfaat Support System untuk Kesehatan Mental

Berikut adalah beberapa manfaat dari memiliki sistem dukungan bagi kesehatan mental: 

1. Memberikan dukungan sosial 

Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari hal ini adalah support system seperti teman atau keluarga dapat memberikan dukungan sosial. Apalagi di masa-masa sulit seperti ketika pandemi, atau ketika seseorang baru kehilangan anggota keluarganya. Sebab, masa sulit, terutama yang membuat seseorang larut dalam kesedihan, berpotensi menyebabkan seseorang untuk mengisolasi dirinya. Padahal, isolasi justru malah dapat memperburuk keadaan mental seseorang. 

2. Membantu seseorang mengatasi stres

Perlu diingat bahwa stres terbukti dapat memicu berbagai dampak negatif pada tubuh. Mulai dari penurunan kekebalan tubuh, sampai peningkatan risiko penyakit jantung yang tidak dapat disepelekan. Nah, adanya dukungan sosial dari orang terdekat juga dapat membantu seseorang untuk mengatasi stres. Sebab, dikelilingi oleh orang-orang yang peduli dan suportif dapat membantu seseorang melihat dirinya lebih mampu menghadapi tekanan yang ada di hidupnya. 

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa memiliki dukungan yang kuat saat krisis, dapat membantu seseorang mengurangi konsekuensi dari gangguan akibat trauma. Salah satunya seperti post traumatic stress disorder atau PTSD. 

3. Meningkatkan motivasi 

Manfaat selanjutnya dari memiliki support system adalah mampu meningkatkan motivasi seseorang. Sebab, hubungan sosial dapat membantu seseorang untuk tetap termotivasi ketika sedang berusaha mencapai tujuan mereka. Sebagai contoh, seseorang yang sedang berusaha berhenti merokok, membutuhkan dukungan secara emosional.

Ketika orang tersebut diberikan dukungan sosial oleh teman-temannya yang juga ingin berhenti merokok, maka dirinya akan semakin termotivasi untuk benar-benar meraihnya. Selain itu, berbicara dengan support system khususnya yang memiliki pengalaman atau tujuan sama, juga dapat menjadi sumber empati dan dukungan. 

4. Meningkatkan rasa kepercayaan diri

Tak hanya memberikan dukungan, mengatasi stres, atau meningkatkan motivasi, adanya support system juga mampu meningkatkan rasa kepercayaan diri seseorang. Sebab, ketika seseorang memiliki teman atau keluarga yang selalu ada untuknya, ada gelombang emosi positif yang terpancar. 

Emosi positif tersebut tentunya membuat seseorang merasa baik, merasa disayangi, dan merasa penting, bagi orang-orang terdekat yang selalu menyayanginya. Hal ini pada akhirnya dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri seseorang, terutama mereka yang tengah merasa terpuruk atau sedih. 

 

Sumber: Halodoc.com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna