Informasi Kesehatan

Bolehkah Lakukan Double Cleansing pada Kulit Wajah Kering?

pengertian_double_cleansing_dan_manfaatnya.jpg

Ketahui 5 Cara Tepat Memilih Facial Wash untuk Remaja

“Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk memilih…

Jenis-Jenis Masker Wajah dan Manfaatnya bagi Kulit

Ada jenis-jenis masker wajah yang dapat Anda gunakan…

Tanda Kulit Wajah Mengalami Over-Exfoliation dan Cara Mengatasinya

Meski eksfoliasi kulit wajah memang perlu dilakukan secara…

“Jika kamu memiliki jenis kulit wajah yang kering, pastikan kamu menggunakan produk yang tepat saat melakukan double cleansing. Hal ini dilakukan untuk mencegah kulit wajah menjadi lebih kering.”

 Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, tentunya kamu perlu merawat kulit dan menjaga kebersihannya. Apalagi jika kamu sering menggunakan riasan pada wajah, sebaiknya jangan asal saat membersihkannya karena dapat memicu berbagai gangguan pada kulit wajah.

Membersihkan kulit wajah dengan proses double cleansing memang disarankan. Namun, bagaimana jika kamu memiliki jenis kulit kering pada wajah?

Double Cleansing untuk Kulit Wajah Kering

Double cleansing adalah proses membersihkan wajah dengan dua pembersih yang berbeda. Biasanya produk pertama akan memiliki bahan dasar minyak atau oil cleanser. Sedangkan, pembersih yang kedua menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit wajah. 

Tujuan membersihkan wajah dengan dua proses seperti ini agar wajah dapat bersih secara optimal. Oleh karena itu, ini tidak akan meninggalkan kotoran atau debu pada kulit wajah yang dapat memicu gangguan kesehatan pada kulit wajah.

Lalu, bagaimana dengan wajah yang kering? Bagi pemilik kulit wajah yang kering, melakukan pembersihan wajah ganda dapat membuat kulit lebih kering atau iritasi. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan proses pembersihan wajah ini.

Kamu disarankan untuk memastikan jenis pembersih yang sesuai dengan jenis kulit. Pilihlah produk pembersih wajah yang lembut, menghidrasi, menenangkan, dan bebas dari pewangi atau parfum. 

Selain produk yang berbahan dasar minyak, kamu juga bisa menggunakan micellar water. Produk ini sangat efektif untuk menghilangkan kotoran, debu, hingga riasan wajah. Penggunaan micellar water juga tidak menghilangkan kelembapan alami kulit sehingga tidak memicu kulit bertambah kering.

Kamu juga bisa melakukan pembersihan ganda saat kamu menggunakan riasan wajah yang waterproof dan perawatan wajah dengan bahan dasar minyak. Namun, jika kamu tidak menggunakan riasan wajah dan tanpa produk wajah dengan bahan dasar minyak setiap hari, double cleansing sebaiknya tidak dijadikan rutinitas. 

Cara Melakukan Double Cleansing

Sebelum melakukan pembersihan wajah ganda, pastikan kamu mencuci tangan terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa memilih untuk membersihkan wajah menggunakan cleansing balmoil cleanser, atau micellar water.

Bersihkan wajah secara perlahan, hingga riasan wajah dan kotoran pada wajah menghilang. Pada bagian ini, kamu tidak perlu mencampur produk pembersih wajah dengan air. 

Namun, setelah riasan wajah dan kotoran mulai menghilang, kamu bisa membilas pembersih wajah yang pertama menggunakan air hangat. Hindari air bilasan yang terlalu panas karena dapat memicu kulit kering. Sedangkan, air yang terlalu dingin membuat pembersih wajah berbahan dasar minyak sulit dibersihkan.

Setelah wajah bersih, keringkan wajah dengan handuk wajah yang lembut. Kemudian, kamu bisa untuk melanjutkan ke proses pembersihan wajah yang kedua.

Pada proses yang kedua, kamu bisa menggunakan sabun wajah, facial foam, atau gel cleanser. Sebelum menggunakan produk tersebut, pastikan wajah dalam kondisi yang basah. Tuang sabun wajah pada telapak tangan, kemudian ratakan pada kedua telapak tangan.

Kemudian, bersihkan dan pijat wajah secara perlahan. Jangan lupa bagian-bagian seperti dahi hingga bagian leher juga bisa kamu bersihkan menggunakan sabun wajah. Setelah semua bagian wajah telah dibersihkan, bilas dengan air hingga benar-benar bersih.

Setelah itu keringkan lagi wajah menggunakan handuk wajah yang lembut. Agar kulit tidak semakin kering, kamu bisa langsung menggunakan pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu.

 

Sumber: Halodoc.com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna