Informasi Kesehatan

Lebih Bergizi, Ini 6 Manfaat Karbohidrat Kompleks bagi Tubuh

what-are-carbohydrates-1080x627.jpg

Jarang Diketahui, Ini 13 Manfaat Pijat Refleksi bagi Kesehatan

“Pijat refleksi dilakukan pada titik tertentu di tubuh,…

10 Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Cara alami menghilangkan ketombe dapat berupa penggunaan bahan-bahan…

17 Manfaat Jus Nanas bagi Kesehatan

Manfaat jus nanas diperoleh dari enzim bromelain yang…

“Karbohidrat kompleks mengandung tinggi vitamin, serat dan mineral yang penting bagi tubuh. Manfaatnya untuk menghasilkan energi, menjaga berat badan, mengatur gula darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan.”

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Ini dapat mencegah seseorang makan berlebihan, sehingga kadar gula darah tetap terkontrol.

Manfaat lainnya termasuk meningkatkan energi, menjaga berat badan, mengoptimalkan massa otot, mengatur gula darah dan mendukung kesehatan otak serta organ pencernaan.

Manfaat Karbohidrat Komplekas

1. Meningkatkan Energi

Kandungan nutrisi dalam karbohidrat kompleks menjadi sumber energi untuk menjalankan sistem metabolisme tubuh. Jika asupannya kurang, sel tidak dapat berkembang dan berfungsi dengan baik.

2. Menjaga Berat Badan

Karbohidrat kompleks mengandung tinggi serat dan rendah kalori. Serat dalam karbohidrat komplek dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Ini berdampak pada penurunan atau berat badan tetap stabil.

3. Meningkatkan Massa Otot

Karbohidrat berguna untuk meningkatkan massa otot. Saat kekurangan asupannya sebagai bahan bahar, tubuh mengambil energi dari otot agar organ dalam tubuh bisa menjalankan fungsinya.

4. Mengatur Gula Darah

Penyerapan karbohidrat kompleks membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari serangan penyakit akibat kadar gula berlebihan, seperti diabetes dan sakit jantung.

5. Mendukung Kesehatan Otak

Karbohidrat kompleks menjadi bahan bakar otak agar bisa menjalankan fungsi normalnya. Tanpa asupan yang cukup, kamu menjadi mudah pusing, sulit berkonsentrasi dan fokus.

6. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Serat pada karbohidrat kompleks bisa membuat jumlah feses meningkat dan membuatnya lebih halus sehingga lebih mudah dikeluarkan. Ini dapat mencegah penyakit pada usus besar, wasir dan kanker di area kolon (kolorektal).

 

Sumber: Halodoc.com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna