Informasi Kesehatan

Petik Manfaat Beras Merah untuk Ibu Hamil

076181900_1564382482-iStock-517235679.jpg

Ini Cara Mengatasi Kaki Kram Saat Hamil dan Mencegahnya

Kram kaki merupakan salah satu keluhan yang umum dirasakan oleh ibu hamil,…

10 Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Buah yang bagus untuk ibu menyusui ada beragam,…

9 Pantangan Ibu Hamil Trimester 3 yang Perlu Diketahui

Pantangan ibu hamil trimester 3 yang perlu untuk…

Manfaat Beras Merah untuk Ibu Hamil

Sama seperti beras putih atau nasi yang biasa kita konsumsi, beras merah adalah sumber karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi saat hamil. Berikut ini adalah sederet manfaat beras merah untuk ibu hamil:

1. Sebagai sumber energi

Saat hamil, wajar bila Bumil jadi lebih mudah lelah lantaran harus membawa janin ke mana saja Bumil pergi. Oleh karena itu, Bumil membutuhkan lebih banyak energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Nah, beras merah bisa menjadi sumber energi yang baik untuk Bumil. Jika sumber energi pada beras putih hanya karbohidrat, pada beras merah, Bumil juga mendapatkan energi dari protein. Walaupun tidak begitu banyak, tambahan asupan protein ini bisa membawa cukup banyak manfaat untuk kesehatan Bumil.

2. Mengontrol berat badan selama hamil

Mengalami pertambahan berat badan saat hamil adalah hal yang normal, bahkan disarankan pada beberapa keadaan. Namun, kenaikan bobot tubuh yang berlebihan tentu tidak baik untuk ibu hamil.

Untuk mengontrol berat badan selama hamil, Bumil bisa memperbanyak konsumsi beras merah sebagai pengganti nasi putih. Karena beras ini mengandung lebih banyak serat dan protein, Bumil bisa merasa kenyang lebih lama dan nafsu makan pun lebih terkendali.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Beras merah terkenal dengan kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Oleh karena itu, beras merah sangat baik dikonsumsi oleh para ibu hamil. Antioksidan yang terkandung dalam beras ini mampu menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit pada Bumil dan janin.

Selain itu, antioksidan juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh selama hamil, mencegah terjadinya preeklamsia, serta menurunkan risiko terjadinya gangguan pada tumbuh kembang janin.

4. Mencegah anemia defisiensi zat besi

Anemia atau kurang darah karena kekurangan pasokan zat besi merupakan masalah kehamilan yang masih sering terjadi. Untuk mencukupi kebutuhan zat besi selama hamil, Bumil sangat dianjurkan rutin minum vitamin prenatal dan mengonsumsi makanan sumber zat besi, seperti beras merah.

5. Menjaga kesehatan saluran cerna

Dalam 100 gram (±2 centong) beras merah setidaknya mengandung 11 gram serat. Ini sudah memenuhi hampir setengah dari kebutuhan serat harian Bumil. Serat sangat dibutuhkan saat hamil untuk menjaga kesehatan saluran cerna, sehingga Bumil terhindar dari sembelit selama hamil.

Selain beras merah, Bumil juga dianjurkan mengonsumsi sumber serat lainnya, seperti buah-buahan dan sayuran, setiap hari.

6. Mengontrol kadar gula darah

Beras merah merupakan makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Artinya, dengan mengonsumsi beras merah setiap hari, kadar gula darah Bumil bisa terkontrol dengan baik.

Hal ini akan mengurangi risiko terjadinya diabetes gestasional yang rentan menyerang ibu hamil, terutama yang obesitas dan memiliki riwayat keluarga diabetes.

7. Menurunkan risiko mengalami kram kaki

Kram kaki merupakan keluhan umum yang dialami hampir oleh semua ibu hamil. Hal ini bisa disebabkan oleh kekurangan kalium dan akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman untuk melakukan aktivitas.

Bumil bisa menghindari risiko terjadinya kram kaki dengan mengonsumsi beras merah. Dibandingkan beras putih, beras merah mengandung jauh lebih banyak kalium sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber asupan kalium.

Dengan mengetahui informasi di atas, kini Bumil tidak perlu ragu lagi untuk menjadikan beras merah sebagai teman pendamping lauk Bumil di setiap jam makan. Selain mengenyangkan, beras merah juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil.

 

Sumber: alodokter. com 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.