Informasi Kesehatan

Kenalan dengan Allantoin dan Manfaatnya untuk Kulit

mengenal-allantoin-salah-satu-kandungan-skincare-yang-baik-untuk-kulit-1636450795.jpg

Ini Lho Cara Tepat Makan Oatmeal untuk Diet

“Sudah rutin makan oatmeal, eh berat badan malah…

Dysania Bisa Diatasi dengan 5 Cara Ini agar Lebih Produktif

“Dysania merupakan kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan untuk…

Sering Makan Kacang Bikin Jerawatan, Benarkah?

“Jangan makan kacang, nanti jerawatan.” Nasihat ini mungkin sudah…

Manfaat Allantoin untuk Kulit

Allantoin hadir dalam bentuk bubuk dan ditemukan dalam banyak produk perawatan kulit seperti pelembap, eksfoliator, dan masker. Berikut ini beberapa manfaatnya untuk kulit:

1. Melembapkan Kulit

Allantoin bertindak sebagai emolien yang dapat membuat kulit terjaga kelembapannya dan mencegah kekeringan serta iritasi. Sebab, zat ini dapat membantu air tetap berada di dalam kulit dan tidak hanya menguap.

2. Mengeksfoliasi Kulit

Allantoin juga memiliki sifat keratolitik, yang berarti mengelupas sel-sel kulit mati. Zat ini dapat membantu deskuamasi, yaitu pelepasan membran terluar atau lapisan jaringan dari dalam ke luar. 

Jadi, skincare yang mengandung bahan ini sangat baik untuk mencerahkan kulit kusam atau kering. Namun, tidak seperti eksfoliasi yang kasar, ini bisa memberi efek lembut di kulit. 

3. Mengatasi Jerawat

Meskipun tidak banyak penelitian tentang penggunaan allantoin untuk perawatan jerawat, bahan ini memiliki manfaat pelembap. Ini membuatnya dapat membantu orang yang rentan berjerawat.

Orang yang mudah berjerawat harus menjaga kelembapan kulitnya, karena tubuh memproduksi lebih banyak minyak saat kulit kering. Inilah yang kemudian dapat menyumbat pori-pori.

Selain itu, allantoin juga membantu menenangkan area kulit yang meradang dan teriritasi akibat jerawat.

4. Menghilangkan Keriput

Kulit mulai kehilangan kolagen pada akhir usia 20-an dan 30-an. Akibatnya, kulit mulai kehilangan elastisitasnya, dan kerutan serta garis-garis halus akhirnya muncul. 

Meskipun pengurangan kolagen tidak dapat dihindari, menggunakan produk dengan allantoin dapat membantu. Ini adalah bahan yang baik, bahkan sebagai dasar untuk pencegahan dan untuk mengobati kerutan dan garis-garis halus dengan meningkatkan kolagen di kulit.

5. Memudarkan Bekas Luka

Allantoin ditemukan di beberapa gel untuk menghilangkan bekas luka. Hal ini karena ia dapat mengurangi peradangan pada bekas luka. Namun, ini bukan solusi untuk semua bekas luka. Beberapa bekas luka memerlukan suntikan steroid.

6. Membantu Penyembuhan Luka

Ketika memiliki luka, tentunya kamu ingin menyembuhkannya secepat mungkin, bukan? Baik untuk alasan kenyamanan maupun estetika. Karena allantoin dapat mengurangi peradangan, produk dengan bahan tersebut dapat membantu penyembuhan luka.

Adakah Efek Sampingnya?

Secara umum, allantoin tidak beracun dan aman untuk penggunaan kosmetik. Tidak menyebabkan iritasi, ini adalah zat anti-penuaan yang lembut dalam produk perawatan kulit dan baik untuk sebagian besar jenis kulit. 

Termasuk orang dengan kulit sensitif atau mereka yang memiliki berbagai kondisi kulit, karena memiliki fungsi tambahan sebagai agen penenang. Namun, ada kemungkinan bagi sebagian orang untuk alergi terhadap bahan tersebut. Terutama jika digunakan langsung dari daun komprei yang dihancurkan. 

Jadi, penting untuk berhati-hati dan selalu melakukan tes alergi sebelum mencoba produk skincare apapun.

 

Sumber: halodoc. com 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.