Informasi Kesehatan

Adakah Manfaat Tape Ketan Hitam bagi Kesehatan? Ini Faktanya!

photo.jpg

Arti Istilah Tanggal Kedaluwarsa pada Kemasan Makanan

Pernah tidak mendapati bahan makanan yang sudah lewat…

5 Pilihan Makanan Sehat untuk Pengidap Asam Lambung

  “Asam lambung muncul dengan gejala berupa sensasi…

Ini Resep dan Cara Membuat Tekwan yang Praktis dengan Bahan Sederhana

“Tekwan adalah makanan dengan kombinasi rasa dari gurih,…

Tape ketan hitam merupakan makanan fermentasi. Manfaat tape ketan hitam untuk kesehatan juga banyak, seperti menjaga kesehatan pencernaan hingga meningkatkan imun tubuh.”

Tape uli adalah salah satu makanan khas Betawi yang terbuat dari beras ketan, putih untuk uli dan hitam untuk ketan. Rasa tape uli yang gurih bertemu dengan rasa manis dari tape ketan hitam membuat makanan ini banyak sekali penggemarnya.

Namun, tahukah kamu bahwa tape ketan hitam merupakan makanan hasil fermentasi yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Yuk, simak berbagai manfaat tape ketan hitam melalui ulasan berikut ini!

Proses Fermenstasi untuk Membuat Tape Ketan Hitam

Untuk menghasilkan tape ketan hitam yang lezat, tentunya kamu harus mengikuti berbagai macam tahapan dalam prosesnya. Makanan ini merupakan makanan fermentasi yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Proses fermentasi sendiri merupakan proses alami di mana mikroorganisme seperti ragi dan bakteri mengubah karbohidrat menjadi alkohol atau asam. Alkohol dan asam yang muncul ini menjadi pengawet alami dan memberikan rasa yang berbeda pada makanan fermentasi.

Selain itu, proses fermentasi juga bisa meningkatkan kandungan prebiotik dalam suatu makanan. Probiotik ini berkaitan langsung dengan kesehatan pencernaan dan imunitas tubuh. Fermentasi juga yang membuat makanan memiliki kandungan vitamin B1 yang cukup tinggi.

Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi tape ketan hitam karena kudapan ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh kamu. Namun, pastikan tidak mengonsumsi berlebihan untuk mencegah efek samping yang mungkin terjadi.

Manfaat Tape Ketan Hitam

Karena tergolong sebagai makanan fermentasi, ini membuat tape ketan hitam memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Probiotik yang tercipta selama proses fermentasi membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik pada pencernaan. Hal ini baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Probiotik juga mampu mengatasi gejala tidak nyaman akibat sindrom iritasi usus besar. Selain itu, tape ketan hitam yang melalui proses fermentasi juga bisa mengurangi perut kembung, keparahan diare, hingga sembelit.

2. Meningkatkan Imun Sistem Tubuh

Bakteri baik yang berkembang di pencernaan dalam jumlah yang sesuai dapat membantu untuk meningkatkan imun sistem tubuh. Mengonsumsi makanan fermentasi juga bisa membuat pemulihan yang kamu jalani setelah sakit menjadi lebih cepat.

3. Membuat Makanan Lebih Mudah Dicerna

Proses fermentasi membantu memecah nutrisi dalam makanan sehingga membuat makanan lebih mudah dicerna.

4. Membantu Memenuhi Kebutuhan Vitamin Tertentu

Bukan hanya vitamin B1, nyatanya bakteri baik dalam pencernaan membantu tubuh memproduksi beberapa jenis vitamin lainnya, seperti vitamin B2, B3, B5, B6, B12, dan K.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan probiotik berkaitan dengan penurunan risiko gangguan jantung. Ini karena probiotik mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat dalam tubuh.

Itulah berbagai manfaat tape ketan hitam yang bisa kamu ketahui. Jika kamu mengalami keluhan kesehatan setelah mengonsumsi makanan fermentasi, segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan pada kesehatan. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Pastikan Tidak Mengonsumsinya Berlebihan

Umumnya, tape ketan hitam sangat aman untuk siapa saja. Namun, kamu perlu memastikan untuk tidak mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang berlebihan.

Meskipun bermanfaat, tetapi saat kamu mengonsumsinya berlebihan, makanan ini bisa memicu berbagai efek samping, seperti perut kembung atau munculnya gas di dalam perut. Beberapa makanan fermentasi juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga kamu perlu membatasinya. 

Selain itu, jika kamu membuat tape ketan hitam secara mandiri di rumah, pastikan kebersihannya agar kudapan tersebut bermanfaat dan tidak menyebabkan efek samping.

 

Sumber: halodoc. com 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.