Informasi Kesehatan

5 Manfaat Kecombrang bagi Kesehatan Beserta Kandungan Nutrisinya

Ketahui-X-Manfaat-Kecombrang-untuk-Kesehatan-1.jpg

Ini Fakta Mengenai Keamanan Olahraga setelah Makan

Berolahraga setelah makan sebenarnya boleh-boleh saja. Namun, ada…

Manfaat Tepung Jagung Sebagai Teman Diet Bebas Gluten

Tepung jagung atau tepung maizena sering dipakai sebagai…

Sebelum Bleaching Rambut, Perhatikan 5 Hal Penting Ini

“Bleaching rambut merupakan teknik perawatan kimia yang dapat…

Kecombrang dikenal sebagai sayuran dengan rasa dan aroma yang khas. Tidak hanya itu, kecombrang juga dapat memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Mari cari tahu lebih lanjut dalam pembasahan berikut ini.

Kecombrang sebenarnya termasuk dalam kelompok Zingiberaceae, yang berarti masih satu keluarga dengan jahe. Berbeda dengan jahe yang kerap dimanfaatkan sebagai obat herbal, sejauh ini kecombrang masih lebih dikenal sebagai sayuran yang kerap diolah menjadi masakan tradisional.

Padahal, kecombrang juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan yang tidak kalah dari tanaman herbal lainnya.

Kandungan Nutrisi Kecombrang

Di dalam 100 gram kecombrang mengandung 34 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 7 gram karbohidrat
  • 3 gram serat
  • 1 gram protein
  • 1 gram lemak

Tidak sampai di situ, ada pula berbagai zat gizi mikro, seperti kalsium, zat besi, kalium, fosfor, vitamin B, dan senyawa bersifat antioksidan yang terkandung dalam tanaman kecombrang.

Manfaat Kecombrang bagi Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya, ada beberapa manfaat kecombrang untuk kesehatan, yaitu:

1. Mencegah penyakit kronis

Kecombrang dipercaya mampu mencegah terjadinya penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, hipertensi, dan penyakit neurodegeneratif misalnya penyakit Alzheimer.

Kemampuan ini diperoleh dari senyawa alami yang melimpah dalam kecombrang, yaitu flavonoid dan fenolik. Senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan, sehingga mampu mencegah bahaya radikal bebas yang menjadi penyebab terjadinya berbagai penyakit kronis.

2. Menjaga kadar gula darah tetap stabil

Bagi penderita prediabetes atau diabetes, Anda dapat mengonsumsi tanaman rempah ini. Pasalnya, kecombrang bersifat antihiperglikemik sehingga mampu memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula di usus.

Dengan begitu, risiko terjadinya lonjakan gula darah setelah makan dapat dihindari dan kadar gula darah bisa tetap stabil.

3. Mencegah hiperurisemia

Hiperurisemia adalah istilah medis dari tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Manfaat kecombrang dalam mencegah hiperurisemia diperoleh dari berbagai senyawa alami di dalamnya, yaitu flavonoid, polifenol, dan saponin, yang mampu mengontrol produksi asam urat berlebih.

4. Mencegah peradangan

Manfaat kecombrang dalam mencegah peradangan atau inflamasi diperoleh dari senyawa alami terpenoid dan flavonoid. Kedua senyawa ini diketahui memiliki sifat antiinflamasi yang dapat menghambat kerja enzim pemicu peradangan.

5. Mencegah kanker

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa senyawa alami dalam kecombrang mampu melawan dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Meski begitu, sebagian besar penelitian tersebut baru dilakukan pada hewan sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitas kecombrang dalam mencegah kanker pada manusia.

Untuk mendapatkan manfaat di atas, Anda bisa mengolah kecombrang menjadi berbagai masakan. Sebelum mengolah kecombrang, pastikan Anda telah mencucinya hingga bersih.

Perhatikan pula menu makanan yang akan Anda kreasikan bersama kecombrang. Jika memungkinkan, hindari menu makan yang kurang sehat, misalnya makanan berlemak, berminyak, dan mengandung banyak garam.

Selain rasanya yang unik, kecombrang nyatanya juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Akan tetapi, semua manfaat tersebut bisa saja memberikan efek yang berbeda pada setiap orang, terlebih studi yang menyatakan efektivitasnya juga masih terbatas.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan mengenai manfaat kecombrang bagi kesehatan, jangan ragu melakukan konsultasi ke dokter untuk mengetahui porsi yang sesuai dan menu makan yang baik bagi kesehatan Anda.

 

Sumber: alodokter. com 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.