Informasi Kesehatan

Tak Melulu ke Dokter, Ini 3 Obat Sakit Gigi Rumahan Paling Ampuh

cara-hilangkan-sakit-gigi.jpg

Ingin Pasang KB Implan? Kenali Dulu Plus dan Minusnya

“Jika ingin mencegah kehamilan, penggunaan KB implan atau…

Inilah Langkah Sederhana untuk Meredakan Migrain

“Artikel ini memberikan panduan tentang cara mudah dan…

Kebutuhan Karbohidrat per Hari dan Cara Memenuhinya

Kebutuhan karbohidrat per hari berbeda-beda untuk setiap orang,…

“Ada beberapa bahan alami yang dapat dijadikan sebagai obat sakit gigi rumahan yang efektif. Salah satunya adalah berkumur dengan air garam sebagai desinfektan alami.”

Sakit gigi adalah salah satu gangguan kesehatan yang lazim dan dapat dialami oleh siapa saja. Kondisi ini ditandai dengan munculnya rasa nyeri pada sekitar rahang dan gigi. Umumnya, nyeri tersebut dapat terasa saat pengidapnya sedang makan atau minum sesuatu yang terlalu panas atau dingin. Untuk penyebabnya sendiri, sakit gigi dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari infeksi gigi, pembusukan, cedera, atau kehilangan gigi. 

Nah, ketika sakit gigi muncul, kebanyakan orang langsung berobat ke dokter tanpa memberikan pertolongan pertama terlebih dahulu. Padahal, ada beberapa obat sakit gigi rumahan yang ampuh dalam meredakan rasa sakitnya. Penasaran apa saja obat tersebut? Simak ulasannya di sini!

Obat Sakit Gigi Rumahan yang Efektif 

Beberapa bahan alami ini dapat dijadikan sebagai obat sakit gigi rumahan yang efektif. Meski begitu, penting diingat kalau gejala sakit gigi bertahan lebih dari satu atau dua hari dan tak kunjung membaik, segeralah temui dokter gigi. Berikut adalah beberapa obat tersebut: 

1. Berkumur dengan air garam

Bagi banyak orang, berkumur dengan air garam adalah pengobatan pertama sakit gigi yang efektif. Sebab, air garam adalah disinfektan alami, dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi. 

Mengobati sakit gigi dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut. Jika kamu ingin mencobanya, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

2. Kompres dingin

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit gigi adalah dengan menggunakan kompres dingin. Hal ini bertujuan untuk meredakan rasa nyeri, terutama jika sakit gigi disebabkan oleh trauma tertentu. Sebab, kompres dingin dapat menyebabkan pembuluh darah di area gusi atau gigi yang sakit menyempit. 

Selain itu, kompres dingin juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan pada gusi. Jika ingin mencobanya, kamu bisa menggunakan kantong es yang dibungkus handuk, lalu ditempelkan pada area gigi yang sakit. Kompres gigi tersebut selama 20 menit, dan ulangi setiap beberapa jam sampai rasa sakitnya mereda. 

3. Menggunakan bawang putih

Selama ribuan tahun, bawang putih telah dikenal akan khasiatnya dalam bidang kesehatan, sehingga sering dijadikan obat tradisional. Sebab, bawang putih diketahui memiliki senyawa antibakteri. Tidak hanya dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, tetapi juga dapat berfungsi sebagai pereda nyeri.

Untuk menggunakan bawang putih pada sakit gigi, hancurkan satu siung bawang putih untuk membuat pasta dan oleskan ke area yang sakit. Bisa pula ditambah  sedikit garam. Selain itu, kamu juga dapat mengunyah satu siung bawang putih secara perlahan, sebagai cara lain untuk menggunakannya.  

Kapan Perlu Berobat ke Dokter?

Jika sakit tak kunjung membaik, cobalah untuk mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen. Namun, jika kondisi gigi yang sakit disertai dengan beberapa gejala lain seperti demam, kesulitan menelan, pembengkakan, hingga nanah, segeralah periksakan diri ke dokter. Sebab, timbulnya beberapa gejala tersebut merupakan indikasi kalau kondisi ini sudah membutuhkan perhatian medis. 

Itulah penjelasan mengenai beberapa obat rumahan yang dapat meredakan sakit gigi secara efektif. Mulai dari menggunakan air garam untuk berkumur, mengompres dingin area gigi yang sakit, hingga menggunakan bawang putih. Nah, jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar sakit gigi atau mengalaminya dan gejalanya tak kunjung membaik, segeralah hubungi dokter. 

 

Sumber: halodoc. com 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.