Informasi Kesehatan

Manfaat Minoxidil yang Ampuh Menumbuhkan Rambut

images.jpeg

Kadas, Ketahui Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Kadas adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi…

Tips Memilih Snack Bar untuk Membantu Turunkan Berat Badan

Cara Memilih Snack Bar yang Benar Snack bar…

Fobia Darah, Gejala dan Cara Mengatasinya

Fobia darah atau hemophobia adalah ketakutan berlebih terhadap darah, baik…

Minoxidil digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut dan memperlambat kebotakan. Walaupun disebut ampuh untuk menumbuhkan rambut, namun Ini paling efektif untuk orang di bawah usia 40 tahun.”

Minoxidil adalah obat yang biasanya berbentuk larutan ataupun busa yang digunakan untuk membantu pertumbuhan rambut terutama perawatan pola kebotakan pada pria. Namun, kamu tidak bisa sembarangan menggunakan obat ini.

Obat ini tidak boleh digunakan untuk kondisi rambut rontok tiba-tiba atau rambut rontok setelah melahirkan. Obat ini juga tidak direkomendasikan untuk orang yang berusia di bawah 18 tahun.

Informasi lengkap mengenai manfaat minoxidil bisa kamu baca melalui ulasan berikut ini!

Minoxidil Tidak untuk Semua Kondisi Rambut Rontok

Minoxidil digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut dan memperlambat kebotakan. Walaupun disebut ampuh untuk menumbuhkan rambut, namun Ini paling efektif untuk orang di bawah usia 40 tahun.

Obat ini juga tidak berpengaruh pada surutnya garis rambut, dan tidak disebut juga bisa menyembuhkan kebotakan.

Beberapa manfaat minoxidil adalah:

  • Memperlambat kerontokan rambut.
  • Mendorong folikel rambut untuk menghasilkan rambut lagi.
  • Terbukti secara klinis menunjukkan hasil dalam waktu sekitar empat bulan untuk wanita dan 2-4 bulan untuk pria.
  • Memperpanjang fase anagen dari siklus pertumbuhan rambut.
  • Merevitalisasi sirkulasi darah di pembuluh darah kecil.
  • Menghasilkan rambut yang lebih tebal

Cara kerja obat ini adalah merangsang oksigen dan aliran darah ke folikel rambut, sehingga memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan langsung ke folikel rambut.

Sayangnya, obat ini tidak cocok untuk semua kondisi. Namun, obat ini direkomendasikan untuk pengidap yang berusia di atas usia 18 tahun dengan masalah kerontokan rambut, mengalami kerontokan rambut akibat alopecia, dan orang dengan riwayat keluarga mengalami kebotakan.

Cara Menggunakan Minoxidil

Minoxidil berbentuk cairan untuk kamu oleskan ke kulit kepala dan digunakan dua kali sehari. Ikuti petunjuk pada kemasan atau label resep dari dokter. Jangan gunakan lebih atau kurang atau gunakan lebih sering dari yang diarahkan oleh dokter.

Pastikan untuk tidak mencuci rambut selama empat jam setelah mengoleskan minoxidil. Hindari juga menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan kulit kepala setelah mengoleskannya. 

Menggunakan pengering rambut di kulit kepala dapat membuat perawatan menjadi kurang efektif. Jadi, biarkan obat ini benar-benar kering selama 2-4 jam setelah kamu mengoleskannya, termasuk sebelum tidur. 

Menggunakan dosis yang dianjurkan tidak menghasilkan pertumbuhan rambut yang lebih signifikan, malahan bisa menyebabkan peningkatan efek samping. Setidaknya butuh waktu 2 bulan sampai 1 tahun penggunaan untuk melihat efeknya. 

Penggunaanobat ini biasanya dapat menyebabkan efek samping, mulai dari sensasi terbakar, perih di kulit kepala, iritasi kulit kepala, kekeringan dan gatal. Untuk efek samping serius, minoxidil bisa mengakibatkan pertumbuhan rambut wajah ataupun area lain.

Obat ini bahkan bisa sebabkan detak jantung tidak teratur, bengkak pada jari tangan dan kaki, nyeri pada dada, pusing, kenaikan berat badan, reaksi alergi parah, dan mati rasa.

Selain itu, obat ini hanya direkomendasikan dioleskan pada rambut dan kulit kepala yang kering. 

Kamu pun tidak boleh mengoleskannya ke area tubuh lain, dan jauhkan dari mata dan kulit sensitif. Jika secara tidak sengaja bersentuhan dengan area ini, cucilah dengan banyak air dingin, dan bila terjadi reaksi mengganggu, segera hubungi dokter. 

 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.