Informasi Kesehatan

Lidah Hambar? Ini 3 Ramuan Alami untuk Mengobatinya

5e493e1ff2858.jpg

Ini Perawatan dan Pengobatan Karang Gigi yang Bisa Dilakukan

“Scaling dan root planing adalah pengobatan karang gigi…

Berbagai Manfaat Makan Udang dan Risikonya untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Makan Udang Udang merupakan…

Tak Melulu ke Dokter, Ini 3 Obat Sakit Gigi Rumahan Paling Ampuh

“Ada beberapa bahan alami yang dapat dijadikan sebagai…

“Lidah hambar bisa berlangsung beberapa hari hingga minggu, tergantung penyebabnya. Pengobatannya pun juga bervariasi, mulai dari penggunaan obat atau ramuan alami.”

Lidah adalah salah satu organ yang sangat berfungsi selama kehidupan manusia. Lidah menjadi indera pengecap rasa semua makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut. Organ inilah yang membuat kamu bisa merasakan manis, pedas, dan gurih.

Tentu menjadi sangat mengganggu apabila lidah tidak berfungsi dengan baik, salah satunya lidah hambar. Kondisi lidah hambar bisa berlangsung beberapa hari hingga minggu tergantung kondisi yang mendasarinya. Pengobatannya pun juga bervariasi sebab tidak hanya bisa menggunakan obat medis, namun juga bisa menggunakan ramuan alami.

Beberapa Ramuan Alami untuk Mengobati Lidah Hambar

Lidah hambar adalah hal yang biasa, ketika kamu masuk angin. Kondisi ini akan berlangsung selama beberapa hari sebelum sembuh dengan sendirinya secara tiba-tiba. Akan tetapi, jika kamu tidak bisa mencicipi makanan atau minuman yang enak, kondisi ini pasti membuatmu tidak nyaman.

Jika gejalanya tidak cukup parah, obat herbal ramuan alami bisa kamu gunakan untuk mengobatinya daripada terburu-buru mengonsumsi obat apotek. Berikut beberapa ramuan alami untuk mengobati herbal lidah hamba:

1. Air Rebusan Bawang Putih

Siapkan air mendidih yang telah kamu tambahkan beberapa siung bawang putih cincang. Setelah didiamkan beberapa saat, saring air rebusan. Rasakan manfaatnya dengan mengonsumsi air tersebut dua kali sehari. Siapapun boleh mengonsumsi air rebusan bawang putih ini karena tidak memiliki efek samping.

Bawang putih dapat membantu mencegah flu berat dan flu biasa. Bahan makanan ini bisa mempercepat proses penyembuhan dan menurunkan sejumlah gejala oleh flu, salah satunya lidah hambar.

Secara alami bawang putih mengandung zat antimikroba sekaligus anti-inflamasi. Hal inilah yang bisa memulihkan fungsi indera perasa tapi juga meredakan hidung tersumbat karena flu.

2. Teh Jahe

Kamu juga dapat menyiapkan campuran teh jahe dengan cara merebus terlebih dahulu jahe yang sudah dihaluskan. Setelah itu, kamu menyeduh teh dengan air rebusan jahe yang dihasilkan. Kamu bisa menggunakan madu untuk membuatnya terasa lebih enak.

Aroma jahe yang kuat dapat membantu merangsang indera penciuman, sementara rasanya yang pedas segar juga dapat membuat lidah perlahan bisa kembali berfungsi normal.

Konsumsi teh jahe ini di pagi hari, selain menyegarkan juga bisa membuat tubuh tetap bugar. Atau kamu juga bisa memotong jahe menjadi kecil-kecil lalu campurkan dengan teh dan sereh.

3. Lemon Madu

Kamu juga bisa mencoba mengonsumsi segelas campuran air hangat, lemon, dan madu. Kamu dapat mencampurkan ketiga bahan itu dengan mengaduk rata hingga semua tercampur. Minuman ini dapat kamu konsumsi pada pagi, siang, atau malam hari. 

Kandungan tinggi vitamin C pada lemon mengandung antioksidan dan antibakteri. Konsumsi lemon secara rutin dapat membantu mengobati infeksi pada saluran pernapasan termasuk hidung dan mulut.

Rasa dan aroma lemon yang segar membantu merangsang indera penciuman dan perasa. Lemon juga mengandung minyak atsiri yang harumnya menenangkan.

 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.