Informasi Kesehatan

Jadi Makanan Favorit Banyak Orang, Berapa Jumlah Kalori Siomai?

4xfrico2wlk85sxdlstn_15663.jpg

Tenesmus, Keinginan Palsu untuk Buang Air Besar

Tenesmus ditandai dengan keinginan mendesak untuk buang air…

Seputar Masker Kaki Beserta Kandungan dan Cara Pakainya

Penggunaan masker kaki bisa mengangkat sel kulit mati…

Fakta tentang Manfaat Sirsak untuk Kanker

Manfaat buah sirsak bagi kesehatan sangatlah beragam. Namun,…

“Siomai menjadi makanan favorit banyak orang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jumlah kalori siomai agar kamu tidak mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan.”

Siomai menjadi salah satu jenis makanan yang disukai oleh banyak orang. Selain praktis, siomai dinilai menjadi makanan yang cukup lezat untuk dikonsumsi sebagai camilan. Kalori siomai pun tak begitu besar dan cocok disajikan bersama dengan saus kacang.

Namun, pastikan kamu mengonsumsi siomai secukupnya. Meskipun jadi makanan favorit, nyatanya siomai juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Yuk, cari tahu jumlah kalori siomai berikut ini!

Jumlah Kalori Siomai

Indonesia terkenal akan berbagai jenis makanan camilan yang lezat dan unik. Salah satu camilan yang cukup sulit untuk kamu tolak adalah siomai. Makanan yang berbahan dasar daging ikan dan ayam ini memiliki cita rasa yang gurih sehingga membuat semua orang menyukai siomai.

Namun jangan asal makan, sebaiknya pastikan kamu membeli siomai dari toko atau restoran yang kebersihannya terjaga. Dengan begitu, kualitas makanan yang kamu beli terjamin dengan baik sehingga kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Selain itu, ketahui juga jumlah kalori yang ada di dalam siomai apalagi jika kamu sedang melakukan diet sehat. Bukan hanya dari daging, siomai juga terbuat dari campuran tepung yang memiliki kandungan kalori cukup tinggi.

Melansir dari U.S. Department of Agriculture, dalam setiap 37 gram siomai mengandung 41,8 kalori. Selain itu, ada berbagai kandungan lainnya di dalam siomai, seperti lemak dan karbohidrat yang cukup tinggi.

Perlu kamu ingat, jumlah kalori tersebut didapatkan ketika siomai yang kamu konsumsi melalui proses pengukusan. Sedangkan, jika kamu mengonsumsi siomai yang digoreng, tentunya proses pengolahan ini akan menambah jumlah asupan kalori.

Belum lagi kalau terdapat tambahan saus kacang yang juga bisa menambahkan jumlah kalori siomai yang kamu konsumsi. Jadi, jika ingin mengonsumsi siomai dengan cara yang lebih sehat, sebaiknya konsumsilah siomai yang melalui proses pengukusan hingga matang. Jangan lupa untuk membatasi tambahan saus kacang agar jumlah kalori bisa kamu kontrol dengan baik.

Kebutuhan Jumlah Kalori

Kebutuhan kalori setiap orangnya akan berbeda-beda. Hal ini perlu penyesuaian dengan kondisi usia, jenis kelamin, hingga kegiatan sehari-hari. 

Umumnya, setiap wanita dengan usia 19-30 tahun membutuhkan 2.000-2.400 kalori setiap harinya. Sedangkan, wanita dengan usia 60 tahun ke atas membutuhkan 1.600-2.000 kalori. 

Jumlah tersebut tidak termasuk saat wanita sedang menjalani kehamilan atau menyusui. Jumlah kalori yang ibu menyusui butuhkan sekitar 2.400 kalori per harinya.

Pria membutuhkan kalori sebanyak 2.400-3.000 kalori setiap harinya untuk mengontrol berat badan. Pria dengan usia 60 tahun ke atas membutuhkan kalori sekitar 2.000-2.600 setiap harinya.

Anak-anak juga perlu mendapatkan asupan kalori yang sesuai dengan usianya. Berikut asupan kalori pada anak sesuai usianya:

Usia 2-4 Tahun

Pada usia ini, anak laki membutuhkan 1000-1800 kalori. Sedangkan, anak perempuan membutuhkan 1.000-1.600 kalori.

Usia 5-8 Tahun

Anak pria membutuhkan 1.200-2.000 kalori. Sedangkan, anak perempuan membutuhkan 1.200-1.800 kalori.

Usia 9-13 Tahun

Anak pria membutuhkan 1.600-2.600 kalori. Sedangkan, anak perempuan membutuhkan 1.400-2.200 kalori.

Anak 14-18 Tahun

Anak pria membutuhkan 2.000-3.200 kalori. Sedangkan, anak perempuan membutuhkan 1.800-2.400 kalori setiap harinya.

 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.