Informasi Kesehatan

Kenali Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

738033_7-6-2021_15-58-46.jpeg

Wajib Tahu, Ini 7 Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan Wanita

“Ada berbagai manfaat buah nanas untuk kesehatan wanita.…

Jangan Keliru, Ini 5 Tips Perawatan Bulu Mata Usai Eyelash Extension

“Penggunaan eyelash extension menjadi salah satu prosedur kecantikan…

Ibu, Begini Aturan Menentukan Batasan Internet untuk Anak

“Memberikan penjelasan tentang batasan internet untuk anak bermanfaat…

“Daun binahong memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaatnya antara lain meningkatkan tekanan darah, menyembuhkan luka, dan mengatasi sakit perut.”

Sebagai negara tropis, Indonesia kaya akan berbagai jenis tanaman dan sebagian bisa dijadikan sebagai obat. Salah satu tanaman di Indonesia yang memiliki banyak khasiat kesehatan adalah daun binahong. 

Memiliki ciri khas berupa daun hijau berbentuk hati, tanaman ini sebenarnya sudah digunakan sebagai obat tradisional di China, Korea, dan Taiwan.  Tanaman yang memiliki nama latin Anredera cordifolia ini digunakan sebagai penyembuh luka, obat diabetes, hingga kecantikan. Yuk, cari tahu manfaat daun binahong lainnya di sini!

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan 

Setiap bagian dari tanaman binahong dapat kamu gunakan sebagai obat, tapi daunnya lebih sering dimanfaatkan.

Manfaat tanaman herbal ini tidak terlepas dari berbagai kandungan penting yang ada di dalamnya. Beberapa kandungannya yang baik untuk kesehatan, antara lain saponin, minyak atsiri, alkaloid, asam askorbat, dan antioksidan. 

Itulah mengapa mengonsumsi daun binahong bisa memberikan manfaat berikut:

1. Menyembuhkan sakit perut

Telat makan atau tidak makan tepat waktu dapat menyebabkan sakit perut. Hal tersebut juga dapat menyebabkan sistem pencernaan tidak bekerja tepat waktu. 

Nah, kamu bisa mengatasi masalah kesehatan tersebut dengan mengonsumsi daun herbal ini.

Meski begitu, sakit perut yang disebabkan oleh tidak makan tepat waktu, harus kamu cegah dengan mengatur waktu makan dengan lebih teratur. 

2. Menyembuhkan luka dan perawatan kulit

Berkat kandungan minyak atsiri dan asam askorbat yang dimilikinya, tanaman yang mirip daun sirih ini dapat membantu menyembuhkan luka. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kamu perlu menumbuk daun sampai halus. Kemudian oleskan pada luka di kulit. 

Selain menyembuhkan luka, tanaman herbal ini juga bermanfaat untuk merawat kulit. Kandungan antioksidannya bisa menjaga kulit agar tetap sehat dan mencegah penuaan dini. 

3. Meningkatkan tekanan darah

Tekanan darah rendah akan membuat tubuh menjadi lesu sehingga kamu tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik.  Jika kamu membiarkannya, kondisi bahkan bisa membuatmu pingsan.

Maka itu, orang yang memiliki masalah tekanan darah rendah harus mengatasinya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mineral. Salah satunya yaitu ramuan yang terbuat dari daun binahong.

Ambil delapan lembar daun tanaman tersebut dan rebus dalam dua gelas air. Pastikan kamu meminumnya sekali sehari.

4. Mencegah radikal bebas

Kandungan antioksidan dalam tanaman herbal tersebut juga bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan tubuh dari radikal bebas. Ini adalah suatu kondisi ketika tubuh manusia mengandung senyawa kimia yang melebihi batas. 

Kondisi tersebut bisa mengubah sel-sel sehat menjadi sel jahat, kemudian sel jahat itu akan membunuh sel-sel sehat lainnya.

Dengan mengonsumsi tanaman yang kaya akan antioksidan tersebut, kamu bisa melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

5. Perawatan pasca operasi

Manfaat selanjutnya bisa kamu dapatkan sebagai ramuan yang untuk perawatan pasca operasi. Dengan begitu, pemulihan pasca operasi dapat berjalan baik.

Setelah operasi, seseorang akan kehilangan banyak darah dan energi, karena itu mereka memerkukan asupan yang mengandung protein dan mineral di dalamnya. 

Tanaman yang dikenal juga dengan deng san chi ini adalah salah satu pilihan yang baik. Caranya, rebus 20 lembar daun herbal ini dengan tiga gelas air. Kemudian minum airnya setidaknya sekali sehari, agar pulih dengan cepat. 

6. Obat asam urat

Air rebusan tanaman herbal ini juga baik untuk dikonsumsi pengidap asam urat. Minuman tersebut bisa menurunkan purin penyebab penyakit tersebut.

Selain itu, kandungan flavonoid di dalamnya juga berkhasiat untuk mencegah pembentukan asam urat, sehingga cocok untuk dijadikan obat asam urat.

7. Mencegah diabetes

Tahukah kamu bahwa daun herbal ini juga bisa menjadi obat diabetes alami? Daun berbentuk hati ini mampu menurunkan kadar gula darah pada tubuh.

Hal itu berkat kandungan senyawa steroid, flavonoid, dan kumarin yang berkhasiat untuk menghambat penyerapan gula pada usus.

8. Menyehatkan jantung

Antioksidan yang kuat efektif untuk melindungi otot jantung, arteri, dan saraf dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, kandungan serat dalam daun binahong juga bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang menghambat aliran darah dan mengakibatkan penyakit jantung. 

Kandungan kalium juga bermanfaat untuk menjaga kadar cairan darah. Dengan begitu, tanaman herbal satu ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

9. Mengatasi jerawat

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, manfaat daun herbal ini juga baik untuk kecantikan. Salah satunya adalah membantu mengatasi jerawat.

Hal itu karena tanaman tersebut memiliki kandungan antibakteri, sehingga bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.

10. Menghilangkan komedo

Selain jerawat, air rebusan tanaman herbal tersebut juga bisa menghilangkan komedo yang kerap muncul mengurangi penampilan wajah.

Cara Mengolah Daun Binahong

Untuk mendapatkan manfaat daun binahong di atas, kamu bisa mengolah tanaman tersebut dengan beberapa cara:

  • Jus

Salah satu cara mengonsumsi tanaman herbal ini adalah dengan mengolahnya menjadi jus.

Kamu bisa mengambil daun secukupnya, lalu masukkan buah kesukaan, dan susu murni bila suka, kemudian blender hingga halus dan minum.

  • Air rebusan

Berikut cara membuat air rebusan daun binahong:

  1. Gunakan 9-11 lembar daun, pilih jangan yang terlalu muda ataupun terlalu tua, lalu dicuci bersih.
  2. Rebus dengan api kecil bersama 2 gelas air, tunggu hingga air rebusan berkurang menjadi satu gelas.
  3. Minum ramuan ini dua kali sehari, pagi dan sore atau malam hari.
  • Tumisan

Daun ini juga bisa kamu oleh menjadi tumisan, seperti sayur tumis pada umumnya. Caranya: 

  1. Tuang minyak goreng, lalu tambahkan bawang putih cincang. Tumis hingga harum. Masukkan cabai dan tumis lagi hingga harum semerbak.
  2. Masukkan gula jawa iris secukupnya, sesuai selera. Aduk sebentar, hingga cukup meleleh. Lalu masukkan daun binahong yang sudah kamu cuci bersih.
  3. Tuang saus tiram, kecap manis, minyak wijen, kecap ikan, garam dan bubuk penyedap.
  4. Aduk dan diamkan sebentar tumisan daun hingga matang. Koreksi rasa, angkat dan siap disajikan bersama nasi hangat dan lauk kesukaan

Itulah manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh. Jadi, tanaman herbal memang bisa kamu manfaatkan sebagai pendukung pengobatan medis. Namun, bila kamu memiliki masalah kesehatan tertentu, kamu tetap perlu memeriksakannya ke dokter.

 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.