Informasi Kesehatan

10 Jenis Penyakit Kulit dan Cara Mengatasinya

waspada-dermatitis-dengan-mengenal-tanda-tanda-ini.png

Ragam Pilihan Obat Cacar Air di Apotik

Ada berbagai pilihan obat cacar air di apotik,…

Bintik Merah Tanda DBD, Begini Cara Mengenalinya

“Salah satu ciri khas dari penyakit Demam Berdarah…

Ini 10 Penyebab Kolesterol LDL Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Kolesterol LDL adalah jenis kolesterol yang dikenal sebagai…

“Ada 10 jenis penyakit kulit yang umum terjadi dengan tindakan pengobatan yang berbeda. Sebagai contoh, dermatitis seboroik yang membuat kulit kemerahan bengkak dan berminyak, diobati dengan sampo khusus atau krim obat.”

Kulit rentan mengalami berbagai masalah kesehatan karena mudah terpapar kotoran, bakteri, hingga virus. Salah satu masalah kesehatan yang dapat terjadi pada organ ini adalah penyakit kulit. 

Beberapa kondisi kulit mungkin dapat membaik dengan sendirinya. Tetapi, ada juga penyakit kulit yang dapat menyebabkan gejala serius sehingga perlu diwaspadai. Karena itu, ketahuilah beberapa jenis penyakit kulit yang umum dan cara mengatasinya. 

Sejumlah Jenis Penyakit Kulit yang perlu Diwaspadai 

1. Dermatitis Seboroik

Pada orang dewasa, dermatitis seboroik dapat muncul di bagian tubuh mana saja. Kulit yang terkena mungkin tampak kemerahan, bengkak, dan berminyak. Selain itu, kerak putih atau kuning juga bisa muncul di permukaan kulit sebagai gejalanya. Banyak perawatan dapat membantu meringankan gejalanya. Mengobati dermatitis seboroik mungkin melibatkan penggunaan sampo khusus dan mengoleskan krim obat ke kulit yang terkena.

2. Eksim

Eksim adalah kondisi kulit umum yang menyebabkan kulit gatal, merah, kering, dan teriritasi. Kondisi ini juga disebut dermatitis atopik yang biasanya muncul ketika seseorang masih bayi atau usia dini dan dapat bertahan hingga usia dewasa. Adapun, salah satu pengobatan untuk mengatasi kondisi ini adalah penggunaan obat Antihistamin oral yang dijual bebas (OTC) untuk meredakan gatal. 

3. Hemangioma

Hemangioma, atau hemangioma infantil, adalah pertumbuhan pembuluh darah yang tidak bersifat kanker dan kerap menyasar bayi. Beberapa hemangioma dapat terbuka dan berdarah atau menjadi borok sehingga menyakitkan. Pada beberapa pengidap, penyakit ini membuat kulit terlihat biru atau ungu. 

Sementara itu, hemangioma kecil tunggal biasanya tidak memerlukan pengobatan karena kemungkinan besar akan hilang dengan sendirinya. Namun, beberapa kasus mungkin memerlukan perawatan, terutama yang menimbulkan ulserasi atau luka. Salah satu jenis pengobatan yang dapat dilakukan adalah obat penggunaan golongan obat beta blocker. 

4. Cold Sore

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi herpes simplex virus yang ditandai dengan lepuhan atau luka yang terasa sakit pada bagian mulut atau bibir. Cold sore umumnya sembuh tanpa pengobatan dalam dua hingga empat minggu. Namun, beberapa jenis obat antivirus resep dapat dipergunakan guna mempercepat proses penyembuhan. Contohnya termasuk:

  • Asiklovir (Zovirax).
  • Valasiklovir (Valtrex).
  • Famsiklovir.
  • Pensiklovir (Denavir).

5. Kanker Kulit

Kanker kulit  merupakan pertumbuhan sel kulit yang tidak normal dan paling sering berkembang pada kulit yang terpapar sinar matahari. Pengobatan kanker kulit bergantung pada jenis, lokasi, dan stadium kanker kulit yang dialami pengidap. Ada beberapa pilihan pengobatan yang dapat dilakukan, antara lain: 

  • Penggunaan krim topikal. Metode ini dapat dilakukan jika kanker kulit masih berada pada stadium awal dan hanya menyerang lapisan kulit bagian atas. 
  • Operasi. Dilakukan dengan mengangkat jaringan kanker sekaligus bagian kulit sehat yang ada di sekitarnya.
  • Radioterapi. Prosedur ini digunakan saat prosedur pembedahan tidak bisa dilakukan atau penyebaran sel kanker telah semakin meluas.

6. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh kelainan autoimun. Gejala biasanya meliputi bercak kulit yang gatal dengan penampilan yang tidak biasa. Area kulit yang terkena psoriasis dapat bervariasi dalam ukuran dan tingkat keparahan. 

Sementara itu, psoriasis dapat disembuhkan melalui pengobatan sesuai dengan jenis dan tingkat keparahannya. Pengobatan yang dapat dilakukan, seperti:

  • Memberikan obat atau krim oles topikal. 
  • Melakukan terapi paparan cahaya.
  • Jika tingkat keparahan psoriasis tinggi, maka dokter akan meresepkan obat-obatan tertentu. 

7. Rosacea

Penyakit kulit ini terbagi menjadi empat subtipe yang dapat menimbulkan gejala berbeda.  

  • Rosacea eritema telangiektasis. Dapat menyebabkan kemerahan hingga pembuluh darah yang terlihat. 
  • Rosacea okular. Dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi pada mata, kelopak mata bengkak, hingga adanya sensasi benda asing di mata.
  • Rosacea papulopustular. Dapat menyebabkan pembengkakan kulit hingga breakout atau kondisi kulit yang tiba-tiba mengalami iritasi, kemerahan dan muncul banyak jerawat. 
  • Rosacea fimatous. Kondisi ini menyebabkan penebalan kulit dan tekstur kulit bergelombang.

Sebenarnya tidak ada obat yang benar-benar dapat menyembuhkan rosacea. Namun, penggunaan obat antiinflamasi topikal atau oral dapat dilakukan untuk meredakan gejalanya. 

8. Jerawat

Jerawat adalah salah satu kondisi kulit yang paling umum. Gejalanya bisa meliputi:

  • Pustula, yaitu jerawat dengan nanah di ujungnya.
  • Papula, yaitu benjolan yang muncul akibat infeksi pada folikel rambut.
  • Nodul, yaitu benjolan yang menyakitkan di bawah permukaan kulit.
  • Kista, benjolan yang lebih besar, nyeri, berisi nanah di bawah permukaan kulit.

Pengobatan untuk jerawat biasanya dilakukan melalui perawatan kulit yang baik, perubahan gaya hidup dan penggunaan obat-obatan. Untuk wanita, pengobatan juga mungkin dapat melibatkan terapi hormonal. 

9. Infeksi Kuku Jamur

Infeksi jamur kuku ditandai dengan adanya pertumbuhan jamur yang berlebihan di dekat, di bawah, dan di sekitar kuku. Tepi kuku mungkin hancur, dan permukaannya mungkin memiliki sisik dan pengelupasan kekuningan-kekuningan. Berbagai jenis jamur dapat menyebabkan infeksi ini, dan pengobatannya mungkin tergantung pada jenisnya. Dokter dapat meresepkan obat oral atau topikal. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin perlu mencabut kuku yang terkena.

10. Kutil

Kutil merupakan penyakit kulit menular berbentuk bintik atau benjolan yang disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV). Benjolan ini bisa muncul di bagian tubuh manapun, biasanya di tangan, kaki, dan persendian. Kutil terkadang hilang dengan sendirinya. Namun, beberapa pengobatan dapat dilakukan untuk mengatasinya: 

  • Pengelupasan kimia dengan asam salisilat atau asam bikloroasetik. 
  • Krioterapi, dilakukan dengan cara menimbulkan luka di sekitar lesi kutil dengan harapan jaringan kulit mati akan terkikis dalam waktu kurang lebih 1 minggu. 

Itulah 10 penyakit kulit umum dan cara mengatasinya. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar penyakit kulit atau mengalaminya, segeralah hubungi dokter.

 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.