Informasi Kesehatan

Bantu Redakan Kecemasan, Ini 4 Manfaat Lain Ginkgo Biloba

Bantu-Redakan-Kecemasan-Ini-X-Manfaat-Lain-Gingko-Biloba.jpg

7 Manfaat Kopi Hitam dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Beragam manfaat kopi hitam bisa diperoleh jika mengonsumsinya…

Urutan Skincare Malam yang Tepat agar Wajah Sehat Terawat

Produk perawatan kulit atau skincare harus digunakan sesuai urutan yang…

Kenali Gejala Bronkitis Kronis yang Harus Diwaspadai

“Bronkitis kronis adalah peradangan pada paru-paru yang dapat…

“Ginkgo biloba bisa membantu kamu meredakan gejala gangguan cemas. Selain itu, ada manfaat lain dari ginkgo biloba, seperti meningkatkan kemampuan memori dan kesehatan mata.”

Ada banyak hal yang bisa membantumu untuk meredakan gangguan kecemasan, salah satunya dengan memenuhi kebutuhan istirahat. Namun, jika kondisi ini menyebabkan gejala yang cukup parah, biasanya penggunaan obat resep akan digunakan untuk membantu meredakannya.

Selain penggunaan obat medis, kamu juga bisa mengatasi gangguan cemas menggunakan perawatan herbal. Salah satu obat herbal yang dinilai mampu meredakan gejala cemas adalah ginkgo biloba. Namun, selain meredakan cemas, nyatanya obat herbal ini memiliki manfaat lain untuk kesehatan jika digunakan secara tepat.

Kenali Lebih Banyak Mengenai Ginkgo Biloba

Ginkgo adalah salah satu spesies pohon tertua di dunia. Tanaman ini juga sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan secara herbal. Namun, kamu perlu mengetahui penggunaannya secara tepat.

Berbagai bagian dari tanaman ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam kondisi mentah karena memiliki racun yang membahayakan kesehatan. Untuk merasakan manfaat dari tanaman herbal ini, sebaiknya konsumsi obat herbal yang telah melalui pengolahan menjadi ekstrak, tablet oral, kapsul, hingga teh.

Tanaman herbal ini memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan karena kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Ginkgo mengandung flavonoid dan terpenoid yang merupakan senyawa dengan efek antioksidan cukup tinggi.

Dengan kandungan antioksidan yang baik dalam tubuh, maka tubuh akan terhindar dari berbagai paparan radikal bebas yang memicu kerusakan pada jaringan dan sel. 

Manfaat Ginkgo Biloba

Salah satu manfaat yang paling terkenal dari tanaman herbal ini adalah mampu meningkatkan kesehatan otak. Selain itu, kandungan dari tanaman herbal ini juga mampu meredakan gejala cemas yang  menyebabkan kondisi tidak nyaman.

Nah, asupan antioksidan di dalam ginkgo biloba dapat membantu untuk menurunkan gejala gangguan cemas. Meskipun begitu, penelitian masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat ginkgo biloba untuk meredakan gangguan kecemasan.

Selain itu, berikut beberapa manfaat lain dari ginkgo biloba untuk kesehatan, seperti:

1. Peningkatan kemampuan memori

Sifat antiinflamasi dan antioksidan dalam ginkgo biloba membuat aliran darah berjalan dengan baik menuju otak. Kondisi ini akan meningkatkan fungsi dari neurotransmitter pada otak.

Otak yang sehat tentunya membuat seseorang akan memiliki peningkatan kemampuan ingatan yang lebih baik. 

2. Meningkatkan aliran darah dalam tubuh

Mengonsumsi ginkgo biloba juga mengoptimalkan aliran darah di dalam tubuh. Hal ini membuat seluruh organ pada tubuh mendapatkan asupan darah dan oksigen yang sesuai untuk menjalankan fungsinya.

Ketika semua bagian tubuh mendapatkan asupan darah dan oksigen yang sesuai, tentu kesehatannya juga akan lebih optimal.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Bukan hanya kesehatan otak, mengonsumsi suplemen atau ekstrak ginkgo biloba juga meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan. Hal ini terkait dengan peningkatan aliran darah menuju mata sehingga memberikan dampak yang positif pada penglihatan.

Pengonsumsian suplemen ginkgo biloba juga bisa mencegah dan memperlambat perkembangan penyakit mata degeneratif.

4. Mengatasi sakit kepala dan migrain

Sakit kepala dan migrain biasanya terkait dengan penyempitan pembuluh darah atau berkurangnya aliran darah menuju otak. Ginkgo biloba memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang mampu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan gejala migrain.

Perlu diingat bahwa penggunaan tanaman herbal, termasuk ginkgo biloba memerlukan saran dan anjuran dari dokter. Jika kamu memiliki gangguan kesehatan, sebaiknya periksakan kondisi kesehatan kamu secara medis dengan dokter spesialis di rumah sakit pilihan.

 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.