Informasi Kesehatan

Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Kulit di Usia 35 Tahun

5f3fc64f0f5ec.jpg

Peptide, Ketahui 7 Manfaatnya bagi Kesehatan

Peptide adalah bahan penyusun protein, seperti kolagen dan…

Buat Pecinta Mie, Ketahui Dulu Kalori Seporsi Mie Ayam

“Tidak ada salahnya bagi pencinta mie untuk mengetahui…

9 Cara Mengatasi Perut Buncit yang Efektif

Cara mengatasi perut buncit harus dilakukan secara rutin…

Saat memasuki usia 35 tahun, kondisi kulit umumnya semakin rentan mengalami masalah penuaaan dan masalah kulit lainnya. Oleh karena itu, diperlukan cara yang tepat agar kulit tetap sehat dan tampak awet muda di usia 35 tahun.

Kondisi kulit akan mengalami perubahan seiring pertambahan usia, terutama saat memasuki usia kepala tiga. Berbagai produk perawatan kulit hingga metode perawatan tertentu kerap menjadi pilihan agar kulit selalu tampak sehat dan awet muda.

Namun, sebelum Anda menggunakan berbagai produk perawatan atau menjalani perawatan tertentu, pahamilah dahulu perubahan apa saja yang terjadi pada kulit di usia tersebut. Dengan begitu, produk yang digunakan dapat lebih sesuai dan hasil perawatan kulit yang Anda jalani bisa lebih maksimal.

Perubahan Kulit Berdasarkan Usia

Kondisi kulit cukup berbeda di setiap rentang usia. Pada usia 10–20 tahun, kulit akan lebih berminyak karena kelenjar minyak di kulit menjadi lebih aktif. Perubahan hormon selama masa pubertas pun turut memengaruhi kondisi kulit, misalnya menjadi lebih rentan untuk berjerawat.

Sementara pada usia 20–30 tahun, kulit menjadi kurang elastis. Perubahan ini dapat terjadi karena produksi kolagen dan elastin kulit mulai melambat, sehingga kerap memicu tanda-tanda penuaan dini, seperti bintik hitam dan kerutan halus di wajah.

Pada usia 35 tahun ke atas, kulit cenderung rentan mengalami masalah penuaan, seperti keriput, terutama di area dahi, pipi, dan sekitar mulut. Selain itu, kulit juga akan mengendur di sekitar alis dan mata. Hal ini bisa terjadi karena pada usia 30–40 tahun produksi kolagen dan elastisitas kulit makin menurun.

Berbagai Perawatan Kulit untuk Usia 35 Tahun

Sebenarnya, perawatan kulit untuk usia 35 tahun cukup sederhana. Kunci utamanya adalah melakukan perawatan kulit dari luar dan dalam secara rutin.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara merawat dan menjaga kesehatan kulit di usia 35 tahun ke atas:

1. Menggunakan produk skincare untuk masalah penuaan

Sebelumnya telah disebutkan bahwa di usia 35 tahun kulit akan rentan mengalami tanda-tanda penuaan. Oleh karena itu, untuk merawat kulit dari luar, Anda perlu menggunakan produk skincare yang berfungsi untuk mengatasi masalah penuaan.

Selain melakukan perawatan kulit secara umum, yaitu mencuci muka 2 kali sehari serta menggunakan pelembap dan tabir surya setiap hari, Anda bisa menggunakan serum wajah dengan kandungan vitamin E dan astaxanthin yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis halus.

Tak hanya pada kulit wajah, di usia 35 tahun, kulit tubuh juga cenderung berubah menjadi lebih kering. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu rutin mengoleskan losion agar kulit tubuh tetap terjaga kelembapannya.

2. Menjalani pola hidup sehat

Tidak hanya baik untuk kesehatan, menjalani pola hidup sehat juga bermanfaat bagi kulit Anda. Menurut penelitian, pola hidup sehat dapat menjaga kulit tetap sehat dan menghambat penuaan sehingga bisa mencegah berbagai masalah penuaan kulit di usia 35 tahun.

Anda dapat membiasakan diri menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Beberapa nutrisi yang baik untuk kulit adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, selenium, zinc, dan omega 3. Nutrisi tersebut bisa diperoleh dari alpukat, telur, biji bunga matahari, brokoli, tomat, dan ikan salmon.

Jangan lupa untuk minum 8 gelas air putih setiap hari, serta berhenti merokok dan menghindari kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol karena bisa memberikan dampak buruk pada kulit.

3. Mengonsumsi suplemen kecantikan

Selain mengonsumsi makanan bernutrisi, Anda pun bisa merawat kulit dari dalam dengan mengonsumsi suplemen kecantikan. Pasalnya, suplemen kecantikan bisa meningkatkan fungsi kulit, menjaga kelembapan kulit, bahkan mengurangi keriput.

Beberapa suplemen kecantikan juga mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik untuk kulit, misalnya astaxanthin, vitamin E, likopen, dan zinc. Oleh karena itu, konsumsi suplemen kecantikan bisa Anda jadikan sebagai salah satu upaya merawat dan menjaga kesehatan kulit di usia 35 tahun.

Agar manfaat suplemen kecantikan dapat diperoleh secara optimal, konsumsilah sesuai petunjuk penggunaan di kemasan atau anjuran dari dokter.

Itulah berbagai cara merawat dan menjaga kesehatan kulit di usia 35 tahun ke atas yang bisa Anda coba. Bila Anda masih memiliki pertanyaan terkait perawatan dan kesehatan kulit di usia tersebut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

 

Sumber: alodokter. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.