Informasi Kesehatan

Masih Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Buah Gandaria untuk Kesehatan

buah-gandaria-2.jpg

Golongan Darah AB, Ketahui 5 Fakta Menariknya di Sini

Golongan darah AB termasuk golongan darah yang langka.…

5 Obat Disentri untuk Mempercepat Penyembuhan

Obat disentri yang utama adalah banyak minum air…

Benarkah Malaria Lebih Rawan Terjadi saat Cuaca Panas? Ini Faktanya

“Malaria adalah penyakit yang bisa terjadi pada manusia…

“Kaya akan vitamin C, serat, beta karoten, dan nutrisi lainnya, buah gandaria bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Beberapa manfaatnya, antara lain menjaga kesehatan kulit, mempercepat proses penyembuhan, dan memperlancar pencernaan.”

Buah Gandaria atau yang dikenal juga dengan buah kundang adalah salah satu buah yang populer di Indonesia. Buah ini banyak ditemukan di Maluku, di pulau Ambon dan Saparua.

Bila kamu lihat sekilas, buah Gandaria mirip dengan mangga. Rasanya juga asam manis menyegarkan, sehingga cocok kamu jadikan campuran dalam es buah. Kamu juga bisa mengonsumsinya secara langsung, atau menambahkannya ke dalam salad atau menjadi jus atau acar. Tidak hanya rasanya enak, buah eksotis ini juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Simak manfaat kesehatan buah Gandaria di sini!

Manfaat Buah Gandaria untuk Kesehatan

Manfaat kesehatan buah Gandaria tidak terlepas dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Buah ini kaya akan beta karoten, vitamin C, kalsium, kalium, fosfor, dan banyak mineral penting lainnya.

Mengonsumsi makanan sehat tersebut bisa memberikan sejumlah manfaat berikut:

1. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C-nya yang tinggi bisa membantu pembentukan jaringan kolagen, sehingga bisa melembapkan, menutrisi dan membuat kulit wajah terasa lebih kenyal. 

Selain itu, kolagen juga berperan sebagai agen anti aging dengan cara mengurangi kerutan halus pada wajah. 

2. Mempercepat proses penyembuhan

Berkat kandungan vitamin C, manfaat buah Gandaria juga berpotensi mempercepat proses pemulihan saat sakit.

Berdasarkan jurnal dari University of Helsinki, meningkatkan asupan nutrisi tersebut sebanyak 6-8 gram per hari bisa mencegah dan mengurangi infeksi akibat bakteri dan virus berdasarkan uji coba pada sejumlah hewan. 

Jadi, mengonsumsi buah tropis ini bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Orang dewasa yang berusia 19-29 tahun umumnya perlu memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut per hari sebanyak 90 miligram untuk pria dan 75 miligram untuk wanita. Sedangkan dalam 100 gram buah gandaria bisa mengandung 111 miligram vitamin C.

3. Memperlancar sistem pencernaan

Kombinasi kandungan air dan serat yang tinggi pada buah berwarna hijau ini bisa memperlancar dan menjaga sistem pencernaan kamu.

Mengonsumsi buah ini bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit. Kandungan air dan serat juga membantu proses penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih optimal.

Selain itu, The American Institute for Cancer Research juga menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan berserat tinggi, seperti biji-bijian, sayuran, atau buah-buahan, sebanyak 30 gram per hari bisa menurunkan risiko kanker kolorektal yang berhubungan dengan saluran pencernaan.

4. Meningkatkan fungsi jantung dan peredaran darah

Studi juga menunjukkan bahwa konsumsi serat juga penting untuk mencegah penyakit jantung. Asupan 26 gram serat per hari bisa menurunkan risiko penyakit jantung sekitar 40 persen.

Nutrisi tersebut juga bisa mencegah kadar kolesterol tinggi, terutama low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Sebagai sumber makanan berserat tinggi, manfaat buah gandaria juga berpotensi menurunkan tekanan darah dan mencegah peradangan. Kandungan airnya yang tinggi juga bisa membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

5. Baik untuk kesehatan otak

Berkat kandungan beta karotennya, buah eksotis ini juga sangat otak karena formula pro-vitamin A bisa memastikan regenerasi sel otak terjadi secara optimal.

Selain itu, kandungan airnya yang tinggi juga bisa membantu organ penting tersebut berfungsi dengan lancar.

6. Mencegah diabetes

Kandungan serat yang tinggi juga membuat buah ini baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes, karena efektif untuk memperlambat penyerapan gula dalam tubuh.

Buah ini juga mengandung karbohidrat yang cukup banyak, sehingga bisa menjadi sumber energi bagi tubuh pengidap. Itulah mengapa buah Gandaria bisa menjadi camilan yang enak dan sehat bagi pengidap penyakit ini.

Itulah sejumlah manfaat buah Gandaria yang sayang untuk dilewatkan. Selain dari makanan sehat, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan mengonsumsi suplemen vitamin.

 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.