Informasi Kesehatan

Sedih Usai Nonton Konser, Kenali Post Concert Depression

20230315070750.jpg

5 Manfaat Kacamata Anti Radiasi untuk Menjaga Kesehatan Mata

“Penggunaan kacamata anti radiasi bisa memaksimalkan fungsi dalam…

Seputar Vaksin COVID-19 Booster Keempat yang Perlu Diketahui

Pemerintah Indonesia sudah memulai program vaksinasi COVID-19 booster…

Ketahui Ciri-Ciri Alergi Udang yang Dapat Dialami Si Kecil

“Sebaiknya orang tua perlu mengetahui berbagai ciri-ciri alergi…

“Post concert depression adalah perasaan sedih, cemas, dan kehilangan setelah selesai menonton konser. Depresi jenis ini memang cenderung tidak berbahaya, tetapi dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan bisa berdampak serius jika terjadi terus menerus."

Akhir-akhir ini banyak orang yang mengaku mengalami post concert depression. Kondisi ini terjadi setelah mulai banyaknya konser yang digelar di Indonesia, misalnya konser K-pop seperti Blackpink beberapa hari lalu. 

Nah, pertanyaannya, seperti apa sih gejala dan mengapa post concert depression dapat terjadi? 

Apa itu Post Concert Depression?

Walaupun post concert depression bukan kondisi klinis tetapi hal ini cukup umum terjadi setelah menonton konser. Kegembiraan dan euforia saat menonton konser bisa membuat seseorang merasa lebih termotivasi, bahagia, dan terkadang mengalami nostalgia. 

Namun, saat kembali ke “dunia nyata” setelah konser, mereka akan mengalami perasaan sedih, kehilangan, dan putus asa. Hal ini disebabkan karena perubahan emosi yang drastis saat menonton dan setelah selesai menontonnya konser tersebut.

Kenali Gejala Post Concert Depression

Secara umum gejala post concert depression tidak jauh berbeda dengan gejala depresi biasa. Jika kamu merasakan tanda-tanda di bawah ini maka kemungkinan kamu mengalami post concert depression:

  • Terus menerus berpikir negatif.
  • Merasa sedih dan putus asa terus menerus, dan kesulitan untuk keluar dari perasaan tersebut.
  • Merasa terjebak dan sulit untuk melupakan konser.  Hal ini terjadi ketika kamu sudah mulai beraktivitas seperti biasa, tetapi kamu kesulitan untuk fokus karena otak dan pikiranmu masih terjebak pada kenangan konser.
  • Merasa ingin kembali mengulang konser.
  • Khawatir sesuatu yang menarik dan menyenangkan tidak akan terjadi lagi.
  • Terus menerus melihat gambar atau video konser.
  • Mengalami tahapan kesedihan.
  • Merasa seolah-olah tidak ada lagi yang penting.

Tips Mengatasi Post Concert Depression

Merasa depresi setelah konser mungkin bukanlah suatu kondisi yang berbahaya, tetapi jika terlalu berlarut-larut dalam perasaan tersebut maka dampaknya bisa serius. 

Jika kamu merasa mengalami kondisi inisebaiknya kamu melakukan tips-tips ini agar kamu tidak merasa sedih lagi.

Berikut ini tips untuk mengatasinya, yaitu:

1. Mencoba bersyukur

Walaupun terdengar sepele tetapi bersyukur bisa membantu mengurangi rasa depresi. Bersyukur dapat membantu untuk lebih mengapresiasi dan menghargai sesuatu.

Cobalah untuk bersyukur ketika kamu berkesempatan melihat artis idola tampil dan nikmati setiap momennya. Sehingga ketika kamu mengingat momen tersebut kamu tidak merasa kehilangan sesuatu.

2. Berinteraksi dengan sesama penggemar

Untuk mengobati rasa rindu karena konser, cobalah untuk berinteraksi dengan penggemar yang lain. Dengan begitu kamu bisa menemukan teman dengan ketertarikan yang sama, dan mungkin dapat memahami mengenai perasaan yang kamu rasakan.

3.  Melakukan karaoke

Musik memiliki banyak manfaat terapeutik. Nah, bernyanyi atau berkaraoke dapat membantu meningkatkan suasana hati dan dapat mengenang kembali momen ketika konser.

4. Buatlah daftar hal-hal yang membuat bahagia

Tujuan utama dari menghilangkan depresi adalah untuk kembali merasakan kebahagiaan.  Buatlah daftar mengenai hal-hal apa yang bisa membuatmu merasa senang.

Kamu bisa mulai dari hal-hal kecil seperti pergi ke taman atau mengunjungi tempat favorit. Melakukan hal-hal yang menyenangkan dapat membantu mengalihkan perasaan yang tadinya sedih menjadi lebih baik.

5. Luangkan waktu untuk bersenang-senang

Berkaitan dengan tips sebelumnya, setelah membuat daftar tentang apa saja yang membuatmu senang, kini saatnya kamu melakukan hal-hal tersebut. Melakukan hal yang menyenangkan dapat membantumu untuk tetap termotivasi  dan membuat suasana hati terasa lebih baik.

 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.