Informasi Kesehatan

Ingin Kulit Sehat dan Lembap saat Lebaran? Ini Tipsnya!

Mei_-_4._Lebih_Percaya_Diri_dengan_Kulit_Cerah_dan_Lembap,_Ini_Caranya_.jpg

Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Rambut

“Selain perawatan di salon, kunci penting rambut yang…

Menilik Manfaat Minyak Jarak bagi Kesehatan dan Kecantikan

Minyak jarak merupakan minyak nabati yang sudah dikenal…

Inilah Urutan Penggunaan Skincare yang Benar

“Supaya produk skincare dapat bekerja dengan optimal, kamu…

“Ingin memiliki kulit yang lembap dan sehat saat hari Lebaran nanti? Lakukan perawatannya dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan rutin memakai pelembap.”

Hari raya Idulfitri atau Lebaran adalah momen suci yang menandai lahirnya diri yang baru. Tentu saja di momen ini kamu ingin tampil terbaik versi dirimu sendiri. Sayangnya, terkadang saat bulan puasa kulit cenderung menjadi lebih kering. 

Nah, kulit yang kering dapat mengganggu penampilan dan membuat kurang percaya diri. Karena itu, mulai sekarang, kamu harus menjaga kelembapan kulit agar kulit tampil sehat dan lembap saat hari Lebaran nanti. 

Penyebab Kulit Kering saat Puasa

Penyebab utama kulit kering saat puasa karena tubuh kekurangan cairan.  Saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan cukup air selama 12 jam sehingga rentan mengalami dehidrasi. Kondisi ini memengaruhi seluruh bagian tubuh, termasuk kulit. 

Tanda-tanda kulit dehidrasi bisa dilihat dari permukaan kulit yang kasar, bersisik, hingga gatal. Selain itu, kulit dehidrasi bisa memunculkan garis-garis halus yang membuat kulit tampak lebih tua.

Saat puasa tubuh kekurangan asupan makanan di siang hari yang berpengaruh pada kurangnya nutrisi. Kurangnya waktu tidur saat puasa juga berdampak pada kesehatan kulit.

Pada malam hari, kulit memproduksi kolagen yang dapat mencegah dari penuaan dan keriput. Jika kamu hanya tidur selama lima jam, efeknya garis-garis halus akan muncul dua kali lebih banyak. Selain itu, kurang tidur juga membuat kulit lebih kering.

Perawatan Kulit Kering Jelang Hari Lebaran

Tentunya kamu tidak mau bukan memiliki kulit kering saat merayakan hari Lebaran nanti, bukan? Nah, ikuti tips berikut agar terbebas dari kulit kering:

1. Minum air putih yang cukup

Saat berbuka dan sahur pastikan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter. Kamu bisa menerapkan rumus 2-4-2, yaitu minum dua gelas air putih saat berbuka, 4 gelas air di malam hari, dan 2 gelas saat sahur. Selain mencegah tubuh dari rasa haus dan dehidrasi, konsumsi air putih juga mampu mencegah kulit agar tidak kering.

2. Jaga asupan nutrisi

Selain minum air putih, sebaiknya kamu mengonsumsi sumber makanan yang memiliki nutrisi yang bagus untuk kulit. Vitamin C bermanfaat untuk menghidrasi kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar UV, vitamin ini bisa kamu dapatkan dari buah kiwi atau jeruk. 

Lalu ada juga vitamin D yang bersifat antiinflamasi dan membantu menjaga kelembapan kulit. Susu kedelai, almond, dan oat merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin D. Ketahui juga makanan yang baik untuk kecantikan kulit melalui laman berikut, “5 Daftar Superfood yang Baik bagi Kecantikan Kulit.”

3. Tidur yang cukup

Untuk mendapatkan tidur yang cukup saat bulan puasa kamu harus membuat jadwal dan disiplin menjalankannya. Usahakan untuk tidak tidur mendekati jam sahur agar kamu masih mendapatkan cukup istirahat. 

Kamu juga bisa tidur siang sekitar 30 menit untuk mengembalikan energi agar bisa beraktifitas lagi  dengan lancar. Selain itu, kurangi juga aktivitas yang terlalu berat supaya kamu tidak merasa terlalu kelelahan.

4. Menggunakan pelembap

Tidak hanya dari dalam, menjaga kelembapan kulit juga perlu perawatan dari luar yaitu dengan menggunakan pelembap. Setiap habis mandi, jangan lupa aplikasikan losion ke seluruh tubuh untuk mengembalikan kelembapan kulit. Pilih pelembap dengan kandungan ceramide, shea-butter, dan glycerine yang memberikan hidrasi lebih pada kulit.

Jangan Asal, Pilih Pelembap yang Tepat untuk Kulit Sehat

Dalam memilih pelembap, pasti kamu memilih produk yang tidak hanya menghidrasi kulit, tapi juga mengunci kelembapan kulit, seperti Relizema™ ultra hydrating lotion. Produk ini mengandung Oleosoft-4 terbuat dari campuran minyak nabati dan Dermaxyl untuk meningkatkan hidrasi kulit, elastisitas kulit, dan melindungi kulit kering. 

Selain itu, Relizema™ ultra hydrating lotion juga dilengkapi dengan shea butter dan glycerine yang bersifat emolien, sehingga kulit tidak hanya terhidrasi tapi juga terjaga kelembapannya hingga 24 jam. 

Nah, untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, tak perlu khawatir. Sebab,  Relizema™ ultra hydrating lotion sudah diformulasikan tanpa menggunakan parfum, silikon, dan parafin. Jadi, produk ini aman untuk anak-anak, orang dewasa, dan bahkan pengidap dermatitis atopik. 

Di samping itu, Relizema™ ultra hydrating lotion juga berfungsi mengembalikan skin barrier yang dapat mengurangi peradangan kulit secara cepat. Hal ini karena kandungan SK-Influx yang terbuat dari 3 jenis ceramide yang berbeda. 

Selagi masih puasa, yuk jaga kulitmu agar terlihat lembap dan sehat saat lebaran nanti dengan Relizema™ ultra hydrating lotion. 

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna