Informasi Kesehatan

Sering Disangka Sayur, Ini 9 Manfaat Tomat bagi Kesehatan

79865_tomat.jpg

Penting, Ini 6 Cara Jaga Kesehatan Mental di Awal Tahun Baru

“Ada beberapa cara yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan…

Kenali 5 Ciri-Ciri Tetanus yang Perlu Diwaspadai

Seseorang dapat terkena tetanus ketika bakteri Clostridium tetani yang tidak aktif memasuki…

Ini Tips Ampuh Mencegah Microsleep saat Mudik Lebaran

“Microsleep yang terjadi saat mengemudi kendaraan ketika mudik…

Sebagian orang hanya mengetahui manfaat tomat untuk kesehatan mata. Padahal, buah yang sering disangka sayur ini memiliki beragam manfaat lain yang juga baik untuk kesehatan, seperti mencegah kanker dan mengontrol kadar gula darah.

Ada beragam jenis tomat yang dibudidayakan di Indonesia. Setiap jenis tomat tersebut umumnya memiliki ukuran, warna, dan rasa yang berbeda-beda. Buah ini sering dikonsumsi secara langsung, diolah menjadi jus, atau sebagai campuran bahan masakan.

Tomat dikenal sebagai buah yang rendah kalori dan lemak serta kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan kalium. Buah ini juga mengandung berbagai antioksidan, seperti likopen, lutein, dan zeaxanthin.

Berbagai Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Berbagai kandungan nutrisi di dalam tomat tersebut dipercaya baik untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat tomat yang dapat Anda peroleh:

1. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Tomat mengandung antioksidan berupa likopen yang baik untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker lambung.

Tak hanya itu, kandungan karotenoid, yaitu zat yang memberikan warna alami pada tomat, dipercaya baik untuk menghambat penyebaran kanker payudara. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat tomat yang satu ini.

2. Menurunkan dan mengontrol tekanan

Mengonsumsi makanan kaya kalium, termasuk tomat, bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Manfaat ini berasal dari kandungan kalium di dalam tomat yang mampu mengurangi efek natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Oleh karena itu, tomat baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi untuk mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

3. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan lutein dan likopen di dalam tomat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi risiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah. Efek ini menjadikan tomat sebagai salah satu makanan yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

4. Mencegah penuaan dini pada kulit

Beberapa studi menyatakan bahwa kandungan karotenoid dan likopen di dalam tomat dapat mencegah penurunan produksi kolagen dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C dalam tomat juga berfungsi sebagai perangsang kolagen.

Manfaat tomat ini dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini pada kulit yang ditandai dengan munculnya kerutan maupun garis-garis halus, kulit kendur, dan kulit tampak kusam.

5. Menjaga kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin di dalam tomat merupakan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Lutein dan zeaxhantin adalah dua bentuk vitamin A yang diketahui dapat mencegah kerusakan mata akibat pertambahan usia, seperti degenerasi makula.

Kedua antioksidan tersebut juga diketahui dapat mencegah kerusakan mata akibat cahaya biru yang berasal dari ponsel maupun komputer.

6. Mengontrol kadar gula darah

Tomat merupakan sumber serat yang baik untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh setelah makan. Manfaat tomat ini menjadikannya sebagai salah satu makanan dengan indeks glikemik rendah yang baik untuk penderita diabetes.

Meski demikian, manfaat tomat untuk diabetes ini masih memerlukan studi lebih lanjut.

7. Menstabilkan suasana hati

Tomat merupakan sumber asam folat dan asam alfa-lipoat yang baik untuk melawan depresi. Kandungan asam folat diyakini dapat mencegah kelebihan asam amino homosistein yang dapat menurunkan produksi hormon penting, seperti serotonin dan dopamin.

Kedua hormon tersebut dapat mengendalikan suasana hati. Oleh karena itu, tomat baik dikonsumsi untuk menstabilkan suasana hati, terutama pada penderita depresi.

8. Melancarkan pencernaan

Tak hanya baik untuk mengontrol kadar gula darah, kandungan serat dan air di dalam tomat juga bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan. Serat diketahui dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah sembelit.

9. Menurunkan berat badan

Tomat merupakan buah yang rendah kalori, karbohidrat, serta lemak, sehingga baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. Hal ini karena berbagai kandungan gizi dalam buah tomat dapat mencukupi kebutuhan nutrisi saat diet.

Itulah berbagai manfaat tomat untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh. Meski berbagai klaim manfaat tomat tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tetapi jangan ragu untuk menambahkan tomat ke dalam menu makan Anda sehari-hari.

Tomat umumnya aman untuk dikonsumsi dan jarang menimbulkan alergi. Namun, karena tomat bersifat asam, sebaiknya batasi konsumsi tomat maupun produk olahan tomat, terutama bila Anda menderita sakit maag atau penyakit asam lambung.

Jika Anda memiliki riwayat kondisi medis tertentu dan ragu untuk mengonsumsi tomat, Anda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter. Dokter akan memberikan jumlah asupan tomat yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan Anda.

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna