Informasi Kesehatan

Berbagai Pilihan Obat Keputihan Berdasarkan Penyebabnya

th_(4)2.jpg

Gejala Demam Berdarah dan Tips Pencegahannya yang Wajib Diketahui

“Penyebaran penyakit demam berdarah terjadi melalui nyamuk yang…

Ini Langkah Pengobatan Kanker Mata yang Bisa Ditempuh

"Pengobatan kanker mata dokter sesuaikan dengan jenis dan…

Mengenal Strict Parents: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Dampaknya bagi Anak

“Strict parents adalah pola asuh otoriter dari orang…

“Meski terbilang wajar dan umum terjadi pada wanita, ada beberapa gejala keputihan abnormal yang perlu diwaspadai. Keputihan abnormal tersebut bisa saja mengindikasikan adanya penyakit tertentu dalam tubuh."

Meski dapat membuat tidak nyaman, biasanya keputihan tidak selalu berbahaya. Pada wanita yang memasuki masa subur, keputihan dapat terjadi pada waktu sebelum dan sesudah menstruasi, memasuki masa ovulasi, ataupun saat hamil dan menyusui.

Namun, ada kalanya yang terjadi pada sebagian wanita adalah keputihan abnormal. Umumnya, keputihan ini ditandai dengan berwarna kekuningan hingga kehijauan, berbau, dan disertai rasa gatal atau perih.

Nah, keputihan seperti ini yang perlu diwaspadai dan segera diatasi. Tujuannya agar tidak menimbulkan masalah lainnya pada vagina atau organ reproduksi lainnya.

Lantas, bagaimana sih cara mengatasi keputihan abnormal berdasarkan penyebabnya? 

Pilihan Obat Keputihan Berdasarkan Penyebab

Keputihan yang tergolong normal tidak memerlukan penanganan medis khusus. Akan tetapi, keputihan abnormal lain lagi ceritanya. Keputihan harus diatasi berdasarkan penyebabnya agar tidak menimbulkan komplikasi.

Nah, berikut beberapa cara mengatasi keputihan abnormal, yaitu: 

1. Konsumsi Obat Antibiotik

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan keputihan, salah satunya infeksi bakteri. Nah, cara mengatasi keputihan akibat infeksi bakteri perlu menggunakan obat antibiotik. Salah satu obat yang bisa digunakan, yaitu clindamycin. Obat antibiotik ini tersedia dalam bentuk krim oles atau pil.

2. Obat Antijamur

Bila keputihan terjadi karena infeksi jamur, dokter akan meresepkan obat antijamur untuk mengatasi keputihan. Beberapa contoh obatnya, seperti clotrimazole atau miconazole. Obat-obatan ini tersedia dalam bentuk gel atau krim yang dioleskan di bagian dalam vagina.

3. Metronidazole atau Tinidazole

Cara mengatasi keputihan abnormal juga bisa melalui obat-obatan seperti metronidazole atau tinidazole. Obat-obatan ini digunakan untuk mengatasi keputihan yang disebabkan oleh parasit penyebab penyakit trikomoniasis (penyakit menular seksual yang akibat infeksi parasit Trichomonas vaginalis).

4. Menghindari Alergen

Selain akibat infeksi, keputihan juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi atau iritasi. Nah, cara mengatasi keputihan akibat kondisi ini bisa dengan menghindari alergen yang memicu alergi. Contohya dengan mengganti sabun, pembalut, deterjen, atau benda lain yang dapat memicu alergi. 

Nah, itulah cara mengatasi keputihan berdasarkan penyebabnya. 

Kapan Perlu Menemui Dokter?

Jangan sekali-kali meremehkan keputihan abnormal yang tidak kunjung membaik. Kondisi tersebut mungkin dapat menandakan adanya masalah yang jauh lebih serius. Oleh sebab itu, segera temui dokter bila mengalami keputihan dengan gejala di bawah ini. 

  • Keputihan dengan demam atau nyeri di daerah panggul atau perut.
  • Merasa terinfeksi penyakit menular seksual.
  • Mengalami perubahan mendadak dalam jumlah, warna, bau, atau konsistensi keputihan.
  • Mengalami gatal-gatal, kemerahan, dan bengkak di area genital.
  • Berpikir keputihan abnormal terkait dengan obat-obatan yang sedang dikonsumsi.
  • Gejala yang memburuk atau bertahan lebih dari satu minggu meski telah melakukan perawatan di rumah.
  • Lecet atau luka lain di vagina atau vulva.
  • Mengalami sensasi terbakar saat buang air kecil atau gejala abnormal lainnya ketika kencing lainnya. 

Nah, andaikan mengalami gejala-gejala di atas dan tak kunjung membaik, segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna