Informasi Kesehatan

Memperkuat Otot dan Jantung, Ini 11 Manfaat Berlatih Muay Thai untuk Wanita

joanne-calderwood-0.jpg

Catat, Ini 5 Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Cepat

Saat asam lambung naik, tentu terasa tidak mengenakkan.…

Penuh Nutrisi, Ini 6 Manfaat Jambu Jamaika bagi Kesehatan

“Jambu jamaika atau jambu air mengandung protein, serat,…

Cara Sederhana Mengatasi Sakit Leher Belakang

Sakit leher belakang bisa terjadi karena posisi tidur…

“Latihan muay thai pada wanita mampu memberikan banyak manfaat kesehatan. Menjaga contohnya berat badan stabil, menurunkan stres, meningkatkan rasa percaya diri, dan kesehatan jantung.”

Melakukan olahraga bela diri seperti karate, kungfu, wushu, taekwondo, dan muay thai tidak hanya bertujuan untuk melindungi diri ataupun kompetisi, tetapi juga menyehatkan tubuh. 

Sebagai olahraga bela diri, muay thai memiliki peminat khusus, terutama wanita. Soalnya, olahraga ini bisa menunjang rasa percaya diri, menemukan  circle  yang positif, dan menurunkan berat badan.

 

Manfaat Muay Thai untuk Kesehatan Tubuh Wanita

Gerakan-gerakan yang dilakukan pada olahraga ini dapat membantu meningkatkan kekuatan, daya tahan, kecepatan, dan kelincahan tubuh. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kegunaannya secara keseluruhan untuk kesehatan tubuh: 

 

1. Melatih kekuatan otot kaki

Menendang dan gerakan kaki yang lain menjadi gerakan paling utama dalam seni bela diri muay thai. Roundhouse kick  adalah salah satu gerakan yang jadi andalan, dilakukan dengan tendangan berputar membentuk setengah lingkaran menggunakan kaki bagian depan. 

Selain melarang Anda bagaimana cara menendang yang baik, gerakan ini juga bisa membantu menguatkan otot tubuh pada bagian bawah. Jika Anda melakukannya dengan rutin, kekuatan, daya tahan, dan kelincahan otot kaki serta betis pun akan menjadi lebih baik lagi

 

2. Meningkatkan kelenturan pinggul

Gerakan menendang dan menyerang menggunakan lutut akan membantu melatih kelenturan bagian pinggul. Tentunya, memiliki pinggul yang ramping dan sehat akan memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh lainnya. Inilah mengapa tidak sedikit wanita yang memilih melakukan  olahraga muay thai  daripada olahraga bela diri lainnya. 

Pastikan Anda melakukan peregangan otot pinggul dan pemanasan sebelum berlatih sehingga terhindar dari risiko cedera. menenangkan, kamu bisa melakukan gerakan memijat pada area tersebut untuk membantu melancarkan peredaran darah.

 

3. Menyehatkan jantung

Pada umumnya jenis olahraga yang dapat memacu jantung dapat menyehatkan jantung. Biasanya, sebelum melakukan latihan teknik, Anda akan melakukan satu jam kardio.

Kardio ini bisa meliputi lari,  skippingburpeejumping jack  dan lain sebagainya. Nah, jenis olahraga tersebut bekerja efektif melatih kinerja jantung. Jantung yang sehat dapat membuat hidup lebih berkualitas. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh  American Heart Association , disebutkan olahraga kardiovaskular dapat menyehatkan jantung. Latihan fisik yang memacu kerja jantung, ditandai dengan debaran kencang, dapat meningkatkan performa jantung yang pada akhirnya dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Tak hanya itu saja, jantung yang sehat juga berdampak pada fisik yang kuat dan tidak mudah lelah.

 

4.Membantu menurunkan berat badan

Pada dasarnya setiap olahraga yang kamu lakukan termasuk muay thai, bisa membantu menurunkan berat badan. Sebab, gerakan dalam bela diri ini membuat hampir semua anggota tubuhmu bergerak, dan membantu meningkatkan daya tahan pada sistem kardiovaskular secara keseluruhan. 

Gerakan seperti pukulan, tendangan, serangan menggunakan lutut maupun siku yang dilakukan, jika dipadukan dengan peregangan dan pemanasan yang tepat, maka akan membakar lemak dan kalori dalam tubuh. 

Selain olahraga, kamu perlu melakukan perubahan pola makan untuk membantu menurunkan berat badan. Baca artikel  Ini Menu Diet Sehat 30 Hari untuk Turunkan Berat Badan  untuk rekomendasi pengaturan menu makanan sehat.

 

5. Mengurangi stres

Salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi stres adalah berolahraga. Meluangkan waktu untuk berolahraga muay thai dapat menurunkan stres, membangkitkan suasana hati, dan membuat tidur lebih nyenyak. 

Secara spesifik jurnal ilmiah berjudul  Muay Thai, Psychological Well-Being, and Cultivation of Combat-Relevant Affordances , menjelaskan bahwa muay thai memberikan manfaat signifikan terhadap penurunan tingkat stres. 

Penjelasannya adalah gerakan muay thai yang mendorong orang untuk melepaskan emosi negatif, menimbulkan kemarahan, serta desakan akan penguasaan gerakan yang memberikan sensasi positif dan mengurangi kesenangan.

 

6. Melatih kemampuan berpikir

Ketika Anda bertanding dan menghadapi lawan, Anda harus memikirkan banyak strategi untuk menyerang sekaligus rencana apa yang digunakan lawan. Jadi, rutin berlatih muay thai tanpa disadari akan membantu melatih kecepatan dalam berpikir untuk memecahkan permasalahan. 

 

7. Membangun rasa percaya diri

Olahraga ini dapat membangun rasa percaya diri. Pasalnya, setiap gerakan pada seni bela diri asal Thailand ini mengandung unsur pertahanan dan menyerang lawan. Berbekal olahraga bela diri semacam ini dapat membangun rasa percaya diri dan lebih berani menghadapi dunia luar yang keras dan  tangguh .

 

8.Menemukan lingkaran positif

Kemungkinan besar dengan menjalani olahraga muay thai kamu dapat menemukan  circle  yang lebih positif. Pertemanan baru yang sama-sama suka olahraga dapat membantu membangun  mood  ceria, peluang-peluang baru, dan hubungan pertemanan yang sehat. 

 

9. Tidak mudah lelah

Rutin melakukan latihan fisik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Muay thai sebagai salah satu bentuk olahraga dengan latihan intensitas sedang dapat membuat tubuh secara perlahan mencapai kemampuan maksimalnya. Jika fisikmu terbiasa dengan rangkaian tertentu, kamu menjadi lebih tangkas dan tidak mudah lelah.

 

10. Melatih koordinasi tubuh

Pada beberapa gerakan dalam seni bela diri ini, Anda akan waspada untuk memadupadankan beberapa gerakan sekaligus. Secara tidak langsung ini dapat melatih koordinasi tubuh.

Itulah mengapa mengapa orang yang rutin menjalani muay thai dan olahraga koordinasi sejenis memiliki koordinasi yang lebih baik daripada yang tidak.

 

11. Menantang batas kemampuan

Latihan ini akan menyadarkan dirimu bahwa kamu bisa melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak terpikirkan untuk dilakukan. Contohnya, latihan cardio yang intensif sebagai bagian dari pemanasan sebelum  padding

Kemudian  padding  selama lebih kurang 3 menit akan membuat kamu sadar kalau ternyata kamu bisa melakukan hal-hal yang luar biasa. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Olahraga Muay Thai

Kamu perlu tahu juga ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukannya, seperti:

  • Memilih tempat latihan yang aman dan nyaman,  juga menjadi hal yang penting diperhatikan. Pastikan kalau  camp  yang kamu pilih juga memiliki peserta wanitanya juga. Setidaknya kalau ada teman-teman wanitanya, kamu bisa jadi lebih bersemangat dan merasa lebih nyaman.
  • Informasikan kondisi kesehatanmu kepada pelatih . Sebab, ada beberapa gerakan yang mungkin tidak cocok untuk gangguan kesehatan tertentu. Misalnya kamu baru mengalami luka atau cedera, itu berarti kamu tidak bisa melakukan peregangan berlebihan atau menerima pukulan.
  • Jangan memaksakan diri saat latihan , terutama bila Anda belum terbiasa dengan olahraga berat. Meski  asyik , muay thai termasuk olahraga berat. Pastikan kamu mengikuti latihan ini sesuai dengan kapasitasmu.
  • Jangan mengonsumsi makanan berat satu jam sebelum latihan . Ini hanya akan membuatmu mual dan memicu muntah. Makan sebelum latihan juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan membatasi latihanmu.
  • Disiplin dan setia dengan latihanmu . Jangan berharap kamu bisa mendapatkan perubahan kalau hanya melakukan latihan setengah-setengah. 

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna