Informasi Kesehatan

Ini 5 Cara Sederhana untuk Mengatasi Telinga Tersumbat

telinga-seperti-tersumbat-coba-obat-telinga-ini.jpg

Jerawat di Kemaluan, Ketahui Penyebab dan Pencegahannya

Tidak hanya di wajah, jerawat di kemaluan juga bisa…

Mengenal Gelombang Panas dan Tips Mencegah Bahayanya

Fenomena gelombang panas atau heat waves biasanya melanda beberapa negara Asia setiap pertengahan tahun.…

Mengenal Tanda Kekurangan Hormon Dopamin dan Cara Mengatasinya

Pernah mengalami kurang motivasi dan tidak bersemangat dalam…

“Telinga tersumbat bisa menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Cara mengatasinya bisa dengan memasang ear plug, mengoleskan minyak esensial, kompres air hangat, dan mengonsumsi obat dekongestan.”

ak hanya hidung, telinga juga bisa mengalami penyumbatan. Penyebabnya bisa bervariasi. Di antaranya seperti menumpuknya kotoran, perubahan ketinggian (ketika mendaki atau naik pesawat), masuk air ke dalam telinga, infeksi pada telinga, pilek, sinus, bahkan sampai alergi. 

Telinga tersumbat menjadi kondisi yang umum terjadi pada anak dan orang dewasa. Lalu, bagaimana cara mengatasi telinga tersumbat yang tepat? 

Cara Sederhana Mengatasi Telinga Tersumbat

Penanganan telinga tersumbat sesuai dengan kondisi yang menjadi penyebabnya. Kamu bisa coba beberapa cara mengatasi telinga tersumbat berikut ini.

1. Kompres menggunakan air hangat

Cara sederhana pertama adalah kompres menggunakan air hangat. Bukan tanpa alasan, suhu hangat dapat membantu mengencerkan lendir yang berkumpul pada telinga bagian dalam, sekaligus membantu melebarkan pembuluh darah.

Dengan demikian, aliran darah maupun pasokan oksigen akan lebih mudah menuju ke area telinga yang terasa nyeri. Selain itu, otot pada telinga akan turut terasa lebih rileks.

Kamu bisa mencoba mengompres telinga dengan air hangat apabila telinga tersumbat karena mendengar suara keras, penumpukan kotoran, flu, dan infeksi pada telinga.

2. Menggunakan minyak esensial

Cara mengatasi telinga tersumbat selanjutnya, yaitu menggunakan minyak esensial guna membantu menjaga kelembapan area telinga. Studi dalam The Hearing Journal mengatakan, menjaga kelembapan telinga menjadi hal penting yang harus dilakukan.

Sebab, telinga kering akan lebih mudah mengakibatkan terjadinya infeksi. Cara menjaga kelembapan telinga tidak sulit, kamu bisa meneteskan minyak esensial atau baby oil ke dalam telinga. Cara ini cocok untuk mengatasi telinga tersumbat yang terjadi karena infeksi atau kotoran yang menumpuk.

3. Menggunakan ear plugs

Jika berada di tempat yang tinggi seperti mendaki gunung, berada di perbukitan, atau bepergian naik pesawat, telinga tersumbat bisa kamu atasi dengan menggunakan sumbat telinga atau ear plugs.

Selain itu, kamu juga bisa mengurangi rasa tidak nyaman pada telinga dengan mengunyah permen karet. 

Nah, ternyata infeksi telinga juga rentan terjadi pada anak-anak. Orang tahu harus lebih peduli dengan jenis-jenis infeksi telinga pada anak, baca ulasannya berikut ini “3 Infeksi Telinga yang Dapat Terjadi pada Anak“.

4. Mengonsumsi Obat Dekongestan

Obat dekongestan juga membantu meredakan telinga tersumbat. Obat tersebut bekerja aktif mencegah pembengkakan di area selaput lendir. Area ini sering mengakibatkan telinga tersumbat dan membuat pembuluh darah menjadi lebih kecil.

Meski demikian, mengonsumsi obat dekongestan sebagai salah satu cara mengatasi telinga tersumbat tidak boleh sembarangan. Kamu harus mendapatkan resep dokter untuk aturan pemakaian yang tepat sesuai dengan kondisi yang kamu alami. 

5. Memiringkan kepala

Cara terakhir yaitu memiringkan kepala yang bisa kamu lakukan ketika mengalami telinga tersumbat akibat kemasukkan air. Caranya, miringkan kepala pada sisi telinga yang tersumbat, lalu, masukkan setetes air, dan miringkan kembali kepala ke sisi yang berlawanan untuk mengeluarkan air.

Cara ini membantu air yang ada di dalam telinga turut keluar. Selain itu, kamu bisa menggunakan pengering rambut untuk membantu mengeluarkan air yang terperangkap di dalam telinga. 

Itu tadi beberapa cara mengatasi telinga tersumbat yang bisa kamu lakukan di rumah. Jika kamu masih merasakan ketidaknyamanan, segera lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna]