Informasi Kesehatan

Catat, Ini 7 Cara Ampuh Untuk Mencegah Radang Pernapasan

INFEKSIPARU-768x512.jpg

Mengenal Istilah Emotional Numbness atau Mati Rasa Emosional

Penyebab Emotional Numbness Mati rasa secara emosional sering dikaitkan…

Ini 5 Rekomendasi Vitamin B12 untuk Pembentukan Sel Darah Merah

“Asupan vitamin B12 perlu didukung dari suplemen karena…

Mengenal Jenis Demam pada Anak dan Cara Mengatasinya

“Demam pada anak bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala…

“Mencegah radang pernapasan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan udara, mengonsumsi makanan sehat, dan rutin berolahraga."

Radang pernapasan dapat menyerang siapa saja, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Kondisi ini terjadi karena adanya infeksi yang dapat mengganggu pernapasan normal.

Radang pernapasan dapat memengaruhi sistem pernapasan bagian atas, mulai dari sinus dan berakhir di pita suara, ataupun sistem pernapasan bagian bawah, mulai dari pita suara dan berakhir di paru-paru.

Kondisi ini sangat tidak nyaman, dan bisa sangat menyakitkan. Bahkan, bisa menyulitkan seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Karenanya, mencegah radang pernapasan sangatlah penting untuk dilakukan. Simak penjelasannya!

Cara Ampuh Cegah Radang Pernapasan

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah radang pernapasan:

1. Hindari paparan asap rokok

Asap rokok mengandung bahan kimia yang dapat merusak saluran pernapasan. Maka dari itu, hindari paparan asap rokok agar tidak menghirup bahan kimia yang berbahaya tersebut. Selain itu, hindari juga untuk merokok karena kebiasaan merokok dapat memicu radang pernapasan.

2. Jaga kebersihan udara

Udara yang kotor dan berdebu dapat memicu radang pernapasan. Karenanya, jaga kebersihan udara dengan membersihkan rumah secara teratur dan menggunakan filter udara jika perlu. Pastikan juga ventilasi rumah terjaga dengan baik untuk memastikan sirkulasi udara yang baik.

3. Konsumsi makanan sehat

Makanan sehat dan bergizi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, tubuh dapat melawan infeksi dan radang pernapasan lebih baik. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan D, seperti buah-buahan, sayuran hijau, dan ikan.

4. Olahraga secara teratur

Olahraga dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan rutin berolahraga, kamu dapat memperkuat paru-paru dan meningkatkan fungsi pernapasan dan mencegah terjadinya radang pernapasan.

5. Hindari kontak dengan orang yang sakit

Jangan terlalu dekat dengan orang yang sedang sakit, terutama jika mereka mengalami gejala radang pernapasan. Hal ini dikarenakan penyakit ini dapat menular melalui udara dan kontak langsung. Jika kamu sudah terkena penyakit ini, pastikan untuk beristirahat dengan cukup dan menjaga jarak dengan orang lain.

6. Jangan lupa untuk melakukan vaksinasi

Vaksinasi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap beberapa jenis penyakit, termasuk masalah pernapasan. Pastikan bahwa kamu telah melakukan vaksinasi sesuai rekomendasi dokter, terutama jika memiliki risiko tinggi terkena radang pernapasan.

7. Hindari allergen

Jika memiliki riwayat alergi, hindari kontak dengan alergen yang memicu radang pernapasan. Misalnya, jika memiliki alergi terhadap debu atau serbuk sari, pastikan untuk membersihkan rumah secara teratur dan menghindari tempat yang banyak mengandung serbuk sari seperti kebun atau taman.

Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Infeksi Radang Pernapasan

Pastinya tidak ada satupun orang yang suka terserang penyakit, karenanya untuk mencegah terjadinya radang pernapasan sangat penting untuk mencegah penularan virus penyebab pilek, flu, dan infeksi pernapasan lainnya. 

Untuk melindungi diri sendiri dan orang lain, kamu dapat melakukan:

  1. Memakai masker ketika di tempat umum.
  2. Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin. Gunakan tisu atau siku ketika menutupnya. Jangan menutup menggunakan tangan.
  3. Selalu cuci tangan setelah batuk, bersin, atau membuang ingus.
  4. Mencuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun. Gosok setidaknya selama 20 detik.
  5. Gunakan pembersih tangan berbasis alkohol atau hand sanitizer ketika mencuci tangan saat tidak memiliki akses ke sabun dan air.
  6. Tidak merokok.

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna