Informasi Kesehatan

10 Manfaat yang Didapatkan Bila Menjaga Kebugaran Jasmani

X-Benefit-yang-Didapatkan-Bila-Menjaga-Kebugaran-Jasmani.jpg

Olahraga Saat Haid, Boleh atau Tidak?

Olahraga saat haid sering kali dihindari oleh sebagian wanita.…

Hidup Lebih Sehat setelah Hari Lebaran, Pasti Bisa!

“Lebaran adalah waktu yang tepat untuk memulai kembali…

Ulat Gigi Sebabkan Gigi Berlubang, Mitos atau Fakta?

“Ulat gigi pernah disebut-sebut sebagai penyebab dari masalah…

“Tidak hanya untuk penampilan, kebugaran jasmani dapat memberikan manfaat hebat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari tetap sehat di usia lansia, mood lebih baik, hingga meningkatkan performa seks.”

Aktivitas fisik reguler adalah salah satu hal yang penting untuk menjaga kebugaran jasmani. Ada banyak manfaat saat memiliki tubuh yang bugar. 

Contohnya meningkatkan kesehatan otak, membantu mengelola berat badan, mengurangi risiko penyakit, memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan kemampuan dalam melakukan aktivitas sehari -hari.

Mau tahu lebih jauh mengenai manfaat kebugaran jasmani beserta jenis olahraganya? Berikut ulasan selengkapnya. 

Apa Itu Kebugaran Jasmani?

Kebugaran jasmani adalah kemampuan sistem tubuh untuk bekerja sama secara efisien. Tubuh yang bugar memungkinkan kamu menjadi sehat dan melakukan aktivitas hidup sehari-hari lebih berkualitas. 

Menjadi efisien berarti melakukan kegiatan sehari-hari dengan usaha sesedikit mungkin. Orang yang memiliki fisik bugar, mampu mengerjakan tugas sehari-hari dengan baik dan masih memiliki energi yang cukup untuk menikmati olahraga dan aktivitas santai lainnya. 

Memiliki fisik yang paripurna dapat membuat seseorang memiliki kemampuan merespons situasi kehidupan normal secara efektif. Tak hanya situasi normal, tubuh yang fit juga membuat orang dapat merespons situasi darurat. Misalnya, jika terjadi bencana atau merespons aktivitas yang tidak terduga seperti kemalingan, kecelakaan kerja seperti benda tiba-tiba terjatuh, dan sebagainya.  

Berbagai Manfaat Menjaga Kebugaran Jasmani

Menjaga kebugaran jasmani dapat meningkatkan kemampuan fisik dan ketahanan emosional. Berikut ini manfaat lainnya dari tubuh yang kuat: 

1. Berat badan yang terkontrol

Kebugaran jasmani dapat membantu mencegah penambahan berat badan berlebih atau membantu mempertahankan penurunan berat badan. Saat kamu melakukan aktivitas fisik, kamu membakar kalori. Semakin intens aktivitasnya, semakin banyak kalori yang dibakar.

2. Menurunkan risiko penyakit

Tubuh yang bugar dapat menurunkan risiko penyakit. Ini termasuk meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan trigliserida. Fisik yang sehat dapat melancarkan sirkulasi darah yang salah satunya dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Apa saja penyakit kardiovaskular? Baca selengkapnya di sini Catat, Ini Berbagai Jenis Penyakit Kardiovaskular.

3. Membuat mood lebih baik 

Kebugaran jasmani juga dapat memengaruhi suasana hati. Nah, tubuh yang bugar dapat meningkatkan mood menjadi lebih positif. Sebab, aktivitas fisik atau olahraga dapat merangsang berbagai bahan kimia otak, yang dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih bahagia dan mengurangi rasa cemas.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Badan yang segar bugar juga membuat seseorang merasa lebih percaya diri dan menghargai dirinya. Artinya, kamu merasa lebih percaya diri tentang penampilan dan juga nyaman dengan diri sendiri. Kenyamanan dengan diri sendiri inilah yang pada akhirnya membantu meningkatkan rasa percaya diri. 

5. Memberikan semangat 

Jasmani yang bugar berarti menunjukkan otot dan daya tahan tubuh yang kuat.  Olahraga memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh dan membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien. Ketika kesehatan jantung dan paru-paru dalam keadaan optimal, ini berarti kamu memiliki banyak energi untuk melakukan aktivitas harian.

6. Mendapatkan tidur yang berkualitas

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu tertidur lebih cepat, teratur, dan pastinya lebih nyenyak. Pastikan kamu tidak berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, karena ini justru malah akan mengganggu jam tidurmu.

7. Meningkatkan performa seks 

Kebugaran jasmani juga berkaitan dengan performa dan kualitas seks yang baik. Tahukah kamu, kalau aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan energi dan kepercayaan diri? Pada akhirnya ini akan berdampak pada kualitas dan performa seks.  

8. Membangun hubungan sosial yang lebih baik

Tubuh yang bugar akan membuat kamu tidak terbatasi ruang dan waktu. Kamu bisa beraktivitas ke mana saja yang kamu mau, bisa terjun ke dalam kegiatan-kegiatan outdoor maupun indoor

Pada akhirnya, fisik yang sehat akan membuka kesempatan untuk membangun hubungan sosial yang lebih baik. Berteman dan menemukan peluang-peluang lain di luar sana, guna meningkatkan kualitas hidup.

9. Menjadi inspirasi buat orang lain

Memiliki tubuh yang sehat, kuat, tidak gampang sakit, dan bertenaga, dapat membuatmu menjadi inspirasi bagi orang lain. Teman-teman atau keluarga yang dulunya tidak semangat untuk olahraga, akan menjadi terpacu niatnya untuk menjadi sehat. 

10. Hidup lebih sehat di usia lansia

Apa yang kamu lakukan dan jalani di masa-masa sekarang akan menentukan bagaimana kualitas hidupmu di usia senja. Jadi, kalau di usia muda kamu mulai menjaga kesehatan fisik dengan olahraga dan mengonsumsi makanan sehat, di usia lansia fisikmu akan tetap kuat dan terjaga kesehatannya. Dengan kata lain, tak gampang sakit dan memiliki mental kuat.

Apa Saja 10 Komponen Kebugaran Jasmani?

Kebugaran jasmani adalah hal yang diperlukan untuk mendapatkan hidup berkualitas. Kebugaran jasmani diperoleh dari pengaturan pola makan dan menjalani hidup yang aktif. Tubuh yang bugar dapat dilihat dari performanya dalam melakukan aktivitas dan ketahanan fisiknya.

Ada sepuluh komponen untuk mengukur kebugaran  jasmani, yaitu:

1. Daya tahan kardiovaskular

Ini mencakup kemampuan sistem tubuh dalam memproses dan mengantarkan oksigen. Kesehatan kardiovaskular yang baik ketika tidak mudah lelah dan mengeluarkan keringat di saat yang diperlukan (cuaca panas atau saat olahraga).

2. Stamina yang baik

Stamina adalah kemampuan sistem tubuh untuk memproses, mengirim, menyimpan, dan memanfaatkan energi. Ini termasuk juga daya tahan, kekuatan, dan ketahanan dalam melakukan aktivitas fisik.

3. Kekuatan

Diukur dari kemampuan dan kombinasi otot untuk menerapkan kekuatan. Misalnya, kemampuan kamu mengangkat atau memindahkan barang. Ini bisa jadi tolok ukur komponen kebugaran fisik dari sisi kekuatan.

4. Fleksibilitas 

Komponen kebugaran jasmani jenis ini adalah kemampuan untuk memaksimalkan rentang gerak pada sendi tertentu. Ketika hendak mengangkat barang dari posisi jongkok ke berdiri. Atau kemampuan jangkauan tangan dan gerak untuk mengambil atau memindahkan sesuatu.

5. Ketahanan

Kemampuan dan kombinasi otot untuk menerapkan kekuatan maksimum dalam waktu tertentu. Penerapannya dalam kehidupan sehari-hari bisa diukur dari seberapa lama kamu berdiri mengantre sesuatu, atau mengambil jeda saat mengerjakan tugas harian.

6. Kecepatan

Kecepatan adalah kemampuan untuk meminimalkan waktu siklus dari gerakan berulang. Bisa dilihat dari seberapa cepat kamu menyelesaikan tugas tertentu yang membutuhkan kekuatan fisik.

7. Koordinasi 

Komponen kebugaran jasmani jenis ini adalah kemampuan untuk menggabungkan beberapa pola gerakan yang berbeda, menjadi satu gerakan yang berbeda. Misalnya gerakan kepala, kaki, tarian, dan lain sebagainya.

8. Kelincahan 

Kelincahan ini juga berarti sebagai kemampuan adaptasi dengan lingkungan. Fisik yang bugar dapat membantu seseorang untuk lebih bisa merespons perubahan lingkungan.

9. Keseimbangan 

Kemampuan untuk mengontrol gerak tubuh dan keseimbangan fisik saat bergerak, baik gerakan rutin maupun tiba-tiba. Contoh nyatanya ketika berjalan di jalan yang sempit atau saat hendak menghindari jalan berlubang.

10. Akurasi 

Kemampuan untuk mengontrol gerakan dalam arah atau pada intensitas tertentu sehingga bisa tepat sasaran. Misalnya, ketika hendak melempar pakaian kotor ke keranjang atau aktivitas lain yang membutuhkan ketepatan.

Berapa Macam Latihan Kebugaran Jasmani?

Kebugaran jasmani bisa dilatih kok. Tapi, yang perlu diingat adalah, kamu tidak bisa mencapai kebugaran jasmani kalau hanya melakukan latihan sesekali. Dibutuhkan latihan yang rutin dan intens supaya ketahanan fisik dan performanya tetap terjaga. Berikut ini adalah beberapa bentuk latihannya:

1. Lari

Lari adalah salah satu bentuk olahraga yang dapat melatih beberapa komponen fisik sekaligus. Mulai dari kecepatan, ketahanan, dan kelenturan.  Pastikan kamu memasukkan menu latihan ini dalam latihan rutinmu.

2. Yoga

Bentuk latihan kebugaran jasmani lainnya adalah yoga. Yoga adalah latihan fisik yang dapat meningkatkan komponen kelenturan dan keseimbangan. Beberapa pose yoga akan melatih keseimbangan, seperti berdiri dengan satu kaki. Ataupun pose dimana kamu perlu melakukan peregangan.

3. Muaythai

Muaythai, boxing adalah jenis olahraga yang akan meningkatkan ketahanan dan kekuatan fisikmu. Dalam sesi pemanasannya, kamu akan melakukan berbagai macam latihan fisik untuk pada akhirnya melakukan padding

Satu sesi padding berlangsung selama 3 – 4 menit. Walau hanya sebentar, ini benar-benar menguras tenaga. Otomatis ketahanan fisik diuji dan dilatih lewat olahraga ini.

Muaythai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, baca artikelnya di sini untuk lebih lanjut: 7 Manfaat Muay Thai untuk Kesehatan sebagai Olahraga Bela Diri.

4. Zumba

Sebenarnya tidak hanya zumba, tapi segala bentuk latihan tari akan membantu melatih fleksibilitas dan kelenturan. Ketika menari, kamu harus mengingat gerakan sesuai dengan musik, melakukan pengulangan, gerakan baru, kemudian menerapkan kombinasi dari beberapa gerakan.

5. Angkat beban

Bentuk latihan kebugaran jasmani lainnya adalah angkat beban. Olahraga ini termasuk aktivitas fisik yang dapat melatih ketahanan dan kekuatan. Jika kamu mengombinasikan latihan kardio seperti lari dengan olahraga angkat beban, staminamu akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

6. Berenang

Berenang merupakan bentuk latihan kebugaran jasmani lainnya yang dapat meningkatkan sistem pernapasan. Bagaimana berenang melatih pernapasan? Ketika berenang kamu perlu menahan napas, kemudian dikombinasikan dengan gerakan yang membawa dari satu titik ke titik lainnya. Latihan ini dapat membuat pernapasan menjadi lebih baik, karena kamu dipaksa untuk mengambil dan mengeluarkan napas di momen-momen tertentu saja.

7. Bersepeda

Bersepeda juga menjadi alternatif latihan fisik untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Saat bersepeda, otot paha dan betis dilatih untuk bergerak sehingga  tidak hanya membakar kalori, tetapi juga mengencangkan otot paha dan betis.

8. Olahraga basket

Walaupun terkesan seperti permainan, sebenarnya olahraga basket adalah salah satu bentuk latihan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan bergerak aktif. Saat melakukan olahraga ini, kamu akan berlari, melompat, melakukan block, dan kesemua ini dapat melatih membentuk ketangkasan dan kelincahan motorik tubuh.

9. Pilates

Salah satu penilaian kebugaran jasmani adalah postur tubuh. Postur tubuh yang salah dapat membatasi aktivitas harian. Beberapa bentuk latihan pilates dapat memperbaiki postur, terutama buat kamu yang punya masalah dengan tulang belakang.

Itulah seputar manfaat kebugaran jasmani dan bentuk latihannya.

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna