Informasi Kesehatan

Mengenal Penjelasan Anatomi Gigi, Jenis, dan Fungsinya

webpnet-resizeimage-2022-04-2-20220501044648.jpg

5 Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi Pakcoy Sayuran yang juga dikenal sebagai…

Manfaat Teh Hitam untuk Kolesterol Tinggi

“Jambu jamaika atau jambu air mengandung protein, serat,…

Cara Ampuh Mengatasi Alergi Dingin dan Debu

“Alergi dingin dan debu umumnya ditangani dengan obat-obatan…

“Anatomi gigi secara utama terdiri atas akar, leher atau serviks gigi, hingga mahkota gigi yang memiliki fungsi masing-masing. Sebagai contoh, fungsi utama akar gigi adalah mengikat gusi dan tulang rahang dengan kokoh.”

Gigi adalah bagian tubuh manusia yang terbentuk dari berbagai protein seperti kolagen, serta mineral seperti kalsium. Peran gigi sangat penting, termasuk dalam mengunyah makanan, berbicara, dan menunjang penampilan. 

Namun, gigi juga merupakan bagian dalam tubuh yang cukup rumit, karena memiliki anatomi yang kompleks. Karena itu, agar dapat lebih memahaminya, tidak ada salahnya untuk mengetahui penjelasan mengenai anatomi gigi, jenis, sekaligus fungsinya. 

Apa Saja 4 Jenis Gigi?

Ada empat jenis gigi, dan masing-masing memainkan peran penting dalam cara makan, minum, dan berbicara, meliputi: 

1. Gigi Seri

Ini adalah gigi berbentuk pahat yang membantu memotong makanan.

2. Gigi Taring

Gigi runcing ini memungkinkan untuk merobek dan menggenggam makanan.

3. Gigi Premolar

Dua titik pada setiap gigi premolar membantu menghancurkan dan merobek makanan.

4. Gigi Geraham

Beberapa titik di permukaan atas gigi ini membantu mengunyah dan menggiling makanan.

Gigi geraham manusia ada yang tumbuh paling belakangan, atau saat usia dewasa, yang bernama gigi bungsu.

Anatomi Gigi Manusia dan Fungsinya

Anatomi gigi secara utama terdiri menjadi tiga bagian, yaitu: 

1. Akar Gigi

Akar merupakan bagian gigi yang memanjang ke dalam tulang dan menahan gigi pada tempatnya. Selain itu, akar gigi memiliki ukuran dua pertiga dari gigi secara keseluruhan. 

Fungsi utama akar gigi adalah mengikat gusi dan tulang rahang dengan kokoh. Nah, akar gigi terdiri atas beberapa bagian berbeda, yaitu: 

  • Saluran Akar. Saluran akar adalah saluran yang berisi pulpa.
  • Sementum. Merupakan bagian seperti tulang yang menutupi akar gigi. Bagian ini terhubung ke ligamen periodontal.
  • Ligamentum Periodontal. Ligamen periodontal terbuat dari jaringan ikat dan serat kolagen dan berisikan saraf dan pembuluh darah. Bagian ini berperan dalam menghubungkan gigi ke soket gigi bersamaan dengan sementum.
  • Saraf dan Pembuluh Darah. Pembuluh darah memasok ligamen periodontal dengan nutrisi. Sementara itu, saraf membantu mengontrol jumlah kekuatan saat seseorang mengunyah makanan.
  • Tulang Rahang. Tulang rahang atau tulang alveolar, adalah tulang yang berisi soket gigi dan mengelilingi akar gigi; itu menahan gigi di tempatnya.

2. Leher Gigi 

Leher gigi atau serviks gigi, merupakan bagian yang berada di antara mahkota dan akar. Bagian gigi ini membentuk garis di mana sementum (yang menutupi akar) bertemu dengan email gigi. 

Leher atau serviks gigi terdiri atas tiga bagian utama, berikut penjelasannya: 

  • Gusi atau Gingiva. Bagian ini adalah jaringan ikat merah muda berdaging yang melekat pada leher gigi dan sementum.
  • Pulpa. Pulpa merupakan bagian terdalam dari gigi yang terbuat dari pembuluh darah kecil dan jaringan saraf.
  • Rongga Pulpa. Rongga pulpa adalah ruang di dalam mahkota gigi yang berisi pulpa.

3. Mahkota Gigi 

Mahkota gigi adalah bagian terluar dari gigi dan dapat terlihat dengan jelas. Ini terdiri dari beberapa bagian yaitu: 

  • Mahkota Anatomi. Bagian ini merupakan bagian atas gigi yang memiliki lapisan email atau enamel, termasuk daerah yang tertutup gusi. Mahkota anatomi bagian atas gigi dan menjadi bagian gigi satu-satunya yang dapat dapat terlihat.
  • Enamel atau Email. Merupakan lapisan terluar dari gigi yang berfungsi untuk membantu melindungi gigi dari bakteri. Selain itu, enamel juga memberikan kekuatan pada gigi untuk menahan tekanan saat mengunyah makanan keras.
  • Dentin. Merupakan lapisan jaringan mineral tepat di bawah enamel yang memanjang dari mahkota gigi ke bawah melalui leher dan akar gigi. Terkait perannya, dentin berfungsi untuk melindungi gigi dari panas dan dingin.

Itulah penjelasan mengenai anatomi gigi beserta fungsinya, yaitu akar, leher atau serviks gigi, hingga mahkota gigi. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar gigi, atau memiliki keluhan pada gigi, segeralah hubungi dokter. 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna