Informasi Kesehatan

Ini 13 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Ini_13_Cara_Menurunkan_Berat_Badan_dengan_Cepat.jpg

Catat, Ini 4 Cara Sederhana Mengatasi Telat Haid

“Terdapat beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan guna…

Ketahui Cara Cek Kolesterol Secara Mandiri di Rumah

“Ketahui cara cek kolesterol secara mandiri di rumah…

6 Penyebab Gangguan Libido Wanita

Gangguan libido wanita bisa disebabkan oleh beberapa faktor,…

“Cara menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan beberapa aturan alami. Di antaranya mengonsumsi makanan tinggi protein, rajin berolahraga, dan mencukupi waktu tidur.”

Memiliki badan bugar dengan berat yang ideal merupakan hal yang diinginkan banyak orang. Hal ini juga menjadi tolok ukur dari kesehatan tubuh keseluruhan, agar terhindar dari berbagai penyakit.

Beberapa cara menurunkan berat badan alami adalah dengan mengurangi asupan gula, mengonsumsi makanan tinggi protein, dan rutin berolahraga. Prosesnya cenderung lama, tapi tidak menyebabkan efek samping.

Berbeda dengan penggunaan obat pelangsing yang mengandung bahan tertentu dan belum tentu cocok bagi tubuh. Prosedurnya harus di bawah pengawasan langsung dari dokter, karena perlu penyesuaian dosis.

Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami

Berikut ini beberapa trik yang bisa kamu coba untuk mendapatkan berat badan ideal sesuai keinginan:

1. Makan protein saat sarapan

Menurut studi berujudul A high-protein diet for reducing body fat: mechanisms and possible caveats yang dipublikasikan pada BMJ Journals, protein bekerja dengan mengatur hormon nafsu makan.

Masih di dalam jurnal yang sama, protein membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Cara kerjanya dengan meningkatkan hormon kenyang, yakni peptida YY, GLP-1, dan kolesistokinin.

2. Kurangi gula dan karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan adalah makanan olahan yang tidak mengandung serat dan nutrisi penting lainnya. Kudapan dengan asupan itu juga mudah dicerna dan diubah menjadi glukosa, sehingga membuat lebih cepat lapar.

Sementara itu, kelebihan glukosa yang masuk ke aliran darah dapat memicu hormon insulin. Dampaknya, terjadi peningkatan penyimpanan lemak di jaringan adiposa. Akhirnya, terjadi peningkatan berat badan.

3. Perbanyak asupan serat

Mengonsumsi banyak serat dari makanan dapat meningkatkan rasa kenyang. Ini dapat menjadi cara menurunkan berat badan dengan cepat. Makanan kaya serat meliputi buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Olahraga

Olahraga secara rutin jadi salah satu cara menurunkan berat badan yang alami dan cepat. Lakukan dalam intensitas ringan sampai sedang saja. Misalnya, berjalan cepat selama 30 menit, bersepeda atau berenang.

5. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat memperlambat proses perubahan kalori menjadi energi. Proses ini disebut dengan metabolisme. Ketika prosesnya kurang efektif, tubuh akan menyimpan energi yang tidak terpakai sebagai lemak. 

Waktu tidur juga memengaruhi pengaturan hormon leptin dan ghrelin. Keduanya merupakan hormon pengatur nafsu makan. Jika waktu tidur tidak mencukupi kebutuhan, akan terjadi peningkatan pada dua hormon tersebut.

6. Jangan melewatkan sarapan

Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah tidak melewatkan waktu sarapan. Namun, pilih makanan dengan gizi yang seimbang untuk meningkatkan energi. 

Hal itu tertuang dalam studi Effect of breakfast on weight and energy intake: systematic review and meta-analysis of randomised controlled trials yang dipublikasikan dalam BMJ Journals. Caranya dengan mengonsumsi sebanyak 30 atau 39 gram protein saat sarapan.

Protein adalah nutrisi yang mampu menekan nafsu makan dengan menurunkan kadar hormon rasa lapar. Dengan begitu, kamu bisa merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak mengonsumsi kalori berlebihan di siang hari.

7. Minum teh hijau

Teh hijau mengandung tinggi antioksidan yang mampu meningkatkan proses pembakaran lemak. Untuk memaksimalkan proses penurunan berat badan, kamu bisa mengonsumsi teh bubuk.

8. Makan secukupnya

Makan secukupnya menjadi cara menurunkan berat badan lainnya. Artinya, jangan makan berlebihan sampai merasa kekenyangan. Karena ini berpotensi membuat tubuh kelebihan energi. Jadi, sebaiknya makan sedikit-sedikit saja, tapi sering.

9. Jangan makan saat stres

Makan saat stres atau emotional eating bisa menggagalkan proses penurunan berat badan. Jadi, ketimbang makan, sebaiknya coba meditasi atau hipnosis untuk mengelola stres yang kamu alami. Meski tidak menurunkan bobot tubuh secara langsung, cara ini efektif membantu.

10. Minum air putih yang banyak

Dalam tubuh manusia terdapat 60 persen kandungan air. Asupan ini berperan penting pada fungsi tubuh, termasuk organ di dalamnya. Jika terhidrasi dengan baik, maka tubuh akan bekerja lebih baik dalam membakar kelebihan lemak.

Menurut studi berjudul Drinking water is associated with weight loss in overweight dieting women independent of diet and activity, yang dipublikasikan dalam Obesity (Silver Spring) menemukan, wanita obesitas yang mengonsumsi lebih dari satu liter per hari selama 12 bulan mengalami penurunan lebih dari dua kilogram.

Tak hanya itu, bagi orang yang tengah menjalankan diet untuk menurunkan berat badan, mengonsumsi air putih juga bermanfaat dalam:

  • Menahan nafsu makan.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Mengurangi kadar kalori cair.

11. Puasa intermittent

Kamu bisa melakukan cara menurunkan berat badan ini dengan berpuasa selama 16 jam dan makan dalam waktu 8 jam sehari. Jika dilakukan secara konsisten selama 24 minggu, ini dapat mencegah peningkatan berat badan akibat asupan kalori berlebihan.

12. Mengonsumsi probiotik

Makanan yang mengandung probiotik bekerja dengan menyeimbangkan bakteri baik di dalam usus. Nutrisi di dalamnya bekerja dengan merangsang pertumbuhan dan aktivitas bakteri baik, sehingga berat badan lebih terkontrol.

Hal ini tertuang dalam studi Dietary fiber and prebiotics and the gastrointestinal microbiota yang dipublikasikan Gut Microbes. Probiotik bekerja dengan membantu memecah serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh dengan cara meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus.

13. Makan lebih lambat

Makanan terlalu cepat akan memasukkan banyak kalori ke dalam tubuh. Cara ini juga membuat tubuh tidak menyadari munculnya rasa kenyang. Jadi, sebaiknya makan lebih lambat agar tubuh bisa merasakan sinyal rasa kenyang. Dengan begitu, makan jadi tidak berlebihan.

Dampak Menurunkan Berat Badan dengan Pelangsing

Sebaiknya, jangan sekali-kali mencoba menggunakan obat pelangsing untuk menurunkan berat badan. Sebab, cara ini menimbulkan kecanduan atau ketergantungan obat. Jika berhenti mengonsumsinya, dapat muncul reaksi tidak wajar pada tubuh. 

Beberapa gejala ketergantungan obat, seperti merasa pusing, tidak enak badan, atau malah kenaikan berat badan. Tak hanya kecandungan, ada berbagai dampak  lain dari menurunkan berat badan dengan pelangsing, antara lain:

  • Gangguan pencernaan, seperti mengalami konstipasi, mual, dan muntah. 
  • Sering buang air besar akibat kontraksi usus besar.
  • Gangguan metabolisme akibat peningkatan kinerja organ penting dalam tubuh, seperti ginjal, jantung, dan hati. Kerusakan juga dipicu karena pekerjaan organ yang terlalu berat.
  • Peningkatan detak jantung karena organ bekerja keras dalam menyaring obat.

Itulah penjelasan mengenai cara menurunkan berat badan dengan cepat. Jika membutuhkan saran dan bantuan untuk menurunkan berat badan dengan aman dan efektif, silakan diskusikan dengan dokter.

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna