Informasi Kesehatan

13 Nutrisi yang Terkandung dalam Buah Anggur

Mewarnai_Gambar_Buah_Anggur_Merah.jpg

Ini Resep dan Cara Membuat Basreng Pedas dengan Bahan Sederhana

“Basreng menjadi salah satu makanan favorit anak muda…

Mengenal Lebih Dalam tentang Vitamin A

"Vitamin A atau retinol adalah salah satu nutrisi…

9 Manfaat Apel untuk Tubuh Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Manfaat apel bagi kesehatan tidak perlu diragukan. Tak…

“Anggur mengandung berbagai nutrisi yang cukup penting untuk kesehatan tubuh. Buah ini banyak manfaat, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga mengoptimalkan memori.”

Anggur menjadi salah satu jenis buah yang cukup banyak penggemarnya. Ukuran dan bentuknya yang kecil membuat buah ini mudah untuk dinikmati kapan saja.

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati buah ini. Mulai dari mengonsumsinya secara langsung hingga membuat buah ini menjadi sebuah minuman segar. 

Namun, apa saja sih nutrisi yang terkandung dalam buah ini sehingga menjadi favorit banyak orang? Berikut ulasannya!

Kandungan Nutrisi Buah Anggur

Selain rasanya yang segar, anggur memang mengandung berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berbagai nutrisi tersebut merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. 

Lalu, apa saja sih nutrisi yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah anggur? Dari 151 gram buah yang memiliki rasa manis ini, kamu bisa mendapatkan nutrisi berikut:

  1. Kalori: 104.
  2. Karbohidrat: 27 gram.
  3. Protein: 1 gram.
  4. Lemak: 0,2 gram.
  5. Serat: 1,4 gram.
  6. Tembaga: 21 persen dari kebutuhan harian.
  7. Vitamin K: 18 persen dari kebutuhan harian.
  8. Kalium: 6 persen dari kebutuhan harian.
  9. Vitamin C: 5 persen dari kebutuhan harian.
  10. Tiamin: 9 persen dari kebutuhan harian.
  11. Riboflavin: 8 persen sebesar kebutuhan harian.
  12. Mangan: 5 persen dari kebutuhan harian.
  13. Vitamin E: 2 persen dari kebutuhan harian.

Anggur termasuk salah satu buah dengan kandungan tembaga dan vitamin K yang cukup tinggi. Keduanya memiliki fungsi yang penting pada tubuh terkait produksi energi dan pembekuan darah.

Apa Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan?

Begitu banyaknya nutrisi dalam buah ini membuat anggur menjadi buah yang cocok untuk dikonsumsi setiap hari. Berikut ini berbagai manfaat anggur untuk kesehatan, yaitu:

 

1. Menurunkan tekanan darah

Anggur mengandung potasium yang baik untuk membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena potasium membantu menurunkan tekanan darah dengan melebarkan arteri dan vena.

Dalam Journal of The American Dietetic Association terdapat sebuah penelitian dalam 16 studi terkontrol acak mengenai ekstrak biji anggur. Hasilnya, menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur mampu menurunkan tekanan darah secara optimal. 

2. Mencegah peningkatan kolesterol

Senyawa yang terdapat dalam anggur mampu mencegah kadar kolesterol tinggi dalam darah. Caranya dengan menurunkan penyerapan kolesterol.

Terdapat sebuah penelitian dalam jurnal Food and Function mengenai khasiat anggur terhadap kolesterol. Dalam riset tersebut, selama delapan minggu 69 orang yang mengidap kolesterol, mengonsumsi tiga cangkir (500 gram) anggur merah setiap hari. Hasilnya, kadar kolesterol jahat dapat menurun secara optimal.

3. Mengoptimalkan sistem imun tubuh

Anggur menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Kandungan tersebut membuat sistem imun tubuh menjadi lebih optimal. 

Ketika kamu memiliki sistem imun tubuh yang baik, maka tubuh akan terlindungi dari berbagai gangguan yang bisa memicu penyakit.

4. Mencegah penyakit kanker

Buah ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan tersebut mampu melindungi tubuh dari berbagai paparan radikal bebas.

Paparan radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan sel dan jaringan yang memicu munculnya pertumbuhan sel abnormal pemicu kanker.

Anggur juga mengandung resveratrol. Jenis antioksidan ini mampu mencegah pertumbuhan sel abnormal atau sel kanker yang muncul pada tubuh.

5. Mengoptimalkan kesehatan mata

Bukan hanya wortel, kamu juga bisa mengoptimalkan kesehatan mata dengan mengonsumsi anggur secara rutin. Berbagai kandungan dalam anggur, mampu mencegah penyakit mata, seperti degenerasi makula.

6. Meningkatkan kemampuan mengingat

Melansir dari The Journal of Nutrition, buah ini kaya akan antioksidan sehingga mampu menurunkan risiko stres oksidatif yang memicu penuaan. 

Penurunan stres oksidatif yang terjadi mampu meningkatkan kinerja memori verbal dan fungsi motorik.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Buah ini mengandung vitamin K, kalsium, magnesium, dan potasium. Seluruh kandungan tersebut mampu meningkatkan kesehatan tulang.

8. Meningkatkan kualitas tidur

Mengonsumsi buah ini bisa meningkatkan produksi hormon melatonin dalam tubuh. Hormon ini berfungsi untuk mengatur dan memberi sinyal kapan tubuh harus tertidur dan terjaga.

Jika kamu mengalami kesulitan tidur, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah ini pada sore hari. Dengan begitu, kamu dapat tertidur tepat waktu secara berkualitas.

9. Menjaga kesehatan kulit

Resveratrol dalam anggur mampu meningkatkan produksi kolagen dan melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari. Hal ini membuat kulit akan tetap menjadi sehat dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan ketika rutin mengonsumsi anggur. Ada berbagai jenis anggur yang bisa kamu temui, tidak ada salahnya cari tahu manfaatnya melalui artikel ini: Kenali 5 Manfaat Buah Anggur Hijau bagi Tubuh.

Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Buah Anggur

Meski menyehatkan, ternyata buah ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan bagi beberapa orang, antara lain:

1. Alergi dapat terjadi akibat kelebihan makan anggur

Ada lima alergen utama yang terkandung dalam buah anggur. Saat mengalaminya, seseorang dapat mengalami gejala berupa gatal-gatal, ruam, hingga pembengkakan.

Apabila kamu memiliki alergi saat mengonsumsi buah selain anggur, sebaiknya berhati-hati saat memakannya.

 

2. Memperlambat pembekuan darah

Konsumsi buah ini juga dapat memperlambat pembekuan darah. Hal ini karena kandungan vitamin K pada anggur yang cukup tinggi.

Jika kamu mengalami kondisi tertentu, cobalah untuk berhati-hati mendapatkan asupan vitamin K, termasuk dari anggur.

3. Risiko tersedak saat makan anggur

Pada anak yang lebih kecil, anggur rentan menyebabkan tersedak saat dikonsumsi utuh. 

Maka dari itu, setiap orang tua sebaiknya memotong buah ini menjadi beberapa bagian sebelum dikonsumsi anak untuk menghindarinya.

4. Infeksi bakteri

Selain itu, pastikan juga anggur dalam keadaan bersih sebelum kamu mengonsumsinya. Jangan lupa mencucinya dengan benar sebelum mengonsumsi.

Alangkah lebih baik untuk mencuci dengan air mengalir, sehingga berbagai kotoran yang menempel bisa hilang dengan efektif.

Itulah berbagai dampak yang perlu kamu perhatikan ketika mengonsumsi anggur.

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna