Informasi Kesehatan

Inilah Cara Mengenali Gejala 5 Jenis Kanker Kulit

inilahcaramengenaligejala5jeniskankerkulithalodoc.jpg

Ini Ciri-Ciri Gigitan Kutu Kucing pada Manusia

"Kutu kucing sering ditemui di antara bulu-bulu atau…

Ini Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan Berdenyut

  “Sakit kepala sebelah kanan bisa jadi penyebabnya…

Inilah 5 Penyebab Keputihan Gatal

Ada beragam faktor yang bisa menjadi penyebab keputihan…

“Kanker kulit adalah jenis kanker yang terbentuk karena paparan sinar matahari. Penting untuk mengetahui jenis kanker kulit dan gejalanya agar bisa didiagnosis sejak dini.”

Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang terbentuk karena paparan sinar matahari yang berdampak pada pertumbuhan sel di kulit. Jenis kanker ini biasanya terjadi di area kulit yang sering terkena matahari, namun bisa juga terjadi di area kulit yang tertutup. 

Karena jenis kanker ini cukup umum, kebanyakan kasusnya bisa sembuh secara efektif apabila terdeteksi secara dini. Namun, sama seperti kebanyakan kanker lainnya, kanker kulit juga bisa mengancam nyawa. Kanker ini terbagi menjadi beberapa jenis dengan gejala yang beragam pula.

Simak apa saja gejala dan jenis kanker kulit berikut ini!

Gejala Kanker Kulit Berdasarkan Jenisnya

Secara umum, terdapat lima jenis kanker kulit yang berbeda. Tiap jenisnya memiliki gejala tertentu yang bisa membantu dokter dan pengidap untuk mengenali penyakitnya.

Berikut ini berbagai gejalanya:

1. Karsinoma sel basal

Karsinoma sel basal merupakan jenis kanker kulit yang paling umum daripada jenis lainnya. Perkembangan sel kanker jenis ini cenderung lambat, tetapi umumnya tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Meski berbahaya, karsinoma sel basal bisa sembuh total jika diagnosis dan pengobatannya cepat.

Kemunculan kanker kulit ini berawal dengan gejala yaitu benjolan sebesar mutiara kecil, teksturnya datar, padat, dan mengkilap. Sekilas benjolan ini tampak mirip seperti jerawat yang tidak kunjung hilang. Terkadang, warna benjolan bisa terlihat kekuningan, mirip seperti bekas luka. 

Pada beberapa kasus, gejala karsinoma sel basal juga dapat terlihat seperti tahi lalat berwarna merah muda yang mengkilap dan agak bersisik. Pengidapnya juga mungkin akan melihat pertumbuhan kulit berbentuk kubah yang memiliki pembuluh darah di dalamnya, kadang berwarna merah muda, cokelat, atau hitam.

Karena pertumbuhannya cenderung lambat hingga bertahun-tahun, karsinoma sel basal kerap bisa tidak pengidap sadari. 

2. Karsinoma sel skuamosa

Setelah karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa merupakan jenis kanker kulit yang juga cukup umum. Gejalanya mirip dengan karsinoma sel basal, yaitu berupa benjolan merah yang lama hilangnya. Jenis kanker ini dapat menyebar ke lapisan kulit yang lebih dalam serta ke bagian tubuh lain, tetapi dapat dicegah jika diobati dan dideteksi sejak dini.

Cara mengenali gejala jenis kanker kulit ini adalah dengan melihat kemunculan tahi lalat atau kutil yang terangkat ke atas atau berkubah dengan ceruk yang lebih rendah di tengahnya.

Agak berbeda dengan karsinoma sel basal, benjolan yang muncul sebagai gejala karsinoma sel skuamosa umumnya berwarna pucat dan tidak mengkilap.

Tahi lalat atau kutil yang muncul biasanya memiliki permukaan yang halus dan terasa gatal atau nyeri ketika kamu garuk. Jenis kanker kulit ini juga bisa berwujud kutil merah bertekstur kasar atau bersisik.

3. Melanoma

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang tergolong langka tetapi mematikan. Kanker kulit ini muncul ketika sel melanosit (penghasil pigmen warna kulit) tumbuh mengganas secara abnormal dan menjadi kanker. Gejala melanoma dapat kamu dari munculnya bintik berwarna gelap mirip tahi lalat, yang dapat berubah bentuk, ukuran, atau warna. 

Gejala melanoma ini juga dapat muncul di area kulit yang sebelumnya tidak pernah memiliki tahi lalat. Untuk membedakan tahi lalat normal dan gejala melanoma, kamu bisa Ketahui Perbedaan Tahi Lalat Berbahaya dan Tidak Berbahaya.

4. Actinic keratosis

Actinic keratosis adalah jenis kanker kulit yang terjadi karena paparan sinar matahari berlebih. Pada beberapa kasus, kanker kulit ini bisa berkembang menjadi karsinoma sel skuamosa. Gejala actinic keratosis dapat dikenali dengan munculnya lesi berwarna merah yang bertekstur kasar dan bersisik. 

Lesi kadang bisa menyebabkan rasa gatal dan nyeri, serta muncul daging berlebih di sekitar area kulit yang terkena. Kemunculan lesi bisa terjadi pada berbagai area kulit, tetapi sering muncul di wajah, bibir, telinga, punggung tangan, lengan, dan area kulit lain yang sering terkena sinar matahari.

5. Karsinoma sel merkel

Karsinoma sel merkel merupakan kanker kulit yang paling langka, tetapi juga paling berbahaya. Sebab, jenis kanker kulit ini bisa tumbuh dan menyebar dengan cepat ke bagian tubuh lainnya.

Wujud karsinoma sel merkel cenderung kecil, tidak sakit, berwarna merah, pink, atau ungu, serta mengkilap. Gejala dapat muncul pada bagian kulit manapun, dan tumbuh dengan cepat.

Nah, itulah berbagai gejala jenis kanker kulit yang perlu kamu ketahui.

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna