Informasi Kesehatan

Waspada, Ini Ciri-Ciri Jantung yang Tidak Sehat

1280-07.-anlene_followup_january2021_waspada!-ketahui-12-tanda-sakit-jantung-berikut-ini!_.jpg

Bahaya Asam Lambung jika Dibiarkan Terus-menerus

Asam lambung merupakan salah satu zat yang berperan…

10 Jenis Penyakit Jantung Bawaan yang Perlu Diketahui

“Ada banyak jenis penyakit jantung bawaan yang bisa…

5 Kondisi Medis Pemicu Kepala Pusing dan Mual

Kepala pusing dan mual merupakan keluhan yang umum…

“Jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting karena berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung yang tidak sehat sudah mengalami kerusakan, akan ada tanda-tanda tertentu yang muncul.”

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk menjaga seluruh fungsi tubuh. Adapun, fungsi dari organ jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh.

Jadi, menjaga kesehatannya sangat penting secara langsung maupun tidak langsung jantung bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Penyakit jantung masih masif terjadi, terutama pada orang dewasa menuju paruh baya. Sering kali penyakit ini sudah menunjukkan tanda-tanda selama masa muda namun tidak teratasi dengan efektif. Maka dari itu, demi menjaga fungsi tubuh kamu harus mengetahui ciri jantung yang tidak sehat.

Apa Saja Ciri Jantung yang Tidak Sehat?

Gejala awal dari penyakit jantung yang berbahaya sering orang sepelekan. Sebaiknya kamu mengetahui ciri-ciri jantung yang tidak sehat sejak awal agar kamu atau orang-orang tersayang bisa terhindar dari komplikasi berbahaya di kemudian hari. 

1. Napas pendek dan mudah sesak

Bernapas adalah salah satu kegiatan yang manusia lakukan 24 jam sehari tanpa perlu disadari. Namun, kegiatan mudah ini bisa menjadi sulit ketika kamu merasa sesak. Napas pendek adalah sensasi yang muncul ketika seseorang tidak bisa mengambil napas panjang.

Dari kondisi adalah paru-paru yang terasa berat atau masalah pada jantung. Selain itu, napas pendek dan rasa sesak bisa menjadi gejala penyakit jantung yang serius, seperti gagal jantung, aritmia, atau masalah pada aorta.

2. Tekanan atau nyeri dada

Rasa tidak nyaman pada dada adalah salah satu ciri jantung yang tidak sehat karena letak jantung yang berada di area dada. Maka dari itu, jika seseorang merasakan nyeri atau rasa terbakar di dada, ini bisa menjadi gejala penyakit jantung.

Suatu hal yang perlu kamu perhatikan adalah berapa lama waktu nyeri tersebut terasa. Nyeri yang waktunya hanya sekilas dan hilang ketika kamu tekan cenderung bukan termasuk gejala sakit jantung. Tekanan yang terjadi karena masalah jantung umumnya tidak berubah meski ada tekanan eksternal dan bisa terjadi kapan saja.

3. Nyeri pada tubuh bagian atas

Kamu perlu berhati-hati jika merasakan nyeri pada bagian tubuh tertentu. Penyakit jantung bisa menunjukkan gejala melalui nyeri perut, punggung, lengan atas, dan pundak.

Untuk pundak dan lengan atas, umumnya nyeri akan terasa di sebelah kiri karena otak menerima sinyal sakit di bagian jantung sebagai nyeri tubuh. Ini juga bisa menjadi tanda-tanda awal dari serangan jantung. 

4. Mudah lelah

Kalau kamu merasa mudah lelah saat berolahraga dan sering merasa lemas, tubuhmu bisa jadi sedang menunjukkan tanda-tanda bahwa kinerja jantung sudah mulai menurun.

Rasa lemas juga bisa menjadi gejala gagal jantung ketika tubuh lambat laun kekurangan oksigen. Kamu perlu waspada jika mengalami kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari yang awalnya terasa mudah.

5. Detak jantung tidak konsisten

Aritmia atau detak jantung ireguler adalah penyakit jantung tersendiri. Ini adalah kondisi yang terjadi ketika jantung tidak memompa darah dengan ritme yang konsisten.

Meskipun sebab dari aritmia bisa beragam, ini juga mengindikasikan gagal jantung dan potensi serangan jantung. Untuk informasi lebih detail tentang penyakit ini.

6. Mudah pusing

Ketika jantung bermasalah dalam menjalankan fungsi memompa darah ke seluruh tubuh, kurangnya oksigen ke otak bisa memicu pusing. Walaupun terasa remeh, gejala ini bisa mengarah kepada stroke. Rasa pusing ini khususnya bisa terjadi karena penyakit aterosklerosis, masalah pada katup jantung, atau gagal jantung. 

7. Sleep apnea

Ciri jantung yang tidak sehat juga bisa terasa dalam bentuk apnea tidur. Ini adalah kondisi yang terjadi ketika pernapasan terhenti dan mulai kembali ketika sedang tidur. Sleep apnea termasuk gangguan tidur yang berbahaya karena jika pernapasan tidak mulai kembali, pengidapnya bisa kehilangan nyawa. 

Ada beberapa penyakit lain yang bisa menyebabkan apnea tidur, yaitu obesitas, diabetes, konsumsi alkohol, atau gagal jantung. Penyakit jantung bisa menyebabkan kondisi ini karena kurangnya peredaran darah bisa memengaruhi fungsi otak seperti refleks pernapasan.

Itulah beberapa ciri jantung yang tidak sehat.

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna