Informasi Kesehatan

Catat, Ini 15 Manfaat Buah Tin yang Sayang untuk Dilewatkan

Catat-Ini-Manfaat-Buah-Tin-yang-Sayang-untuk-Dilewatkan-01.jpg

13 Makanan Super untuk Kulit Sehat

13 Makanan Super Untuk Kulit Sehat 1.Blueberry Vitamin…

Buah Blackberry, Ragam Nutrisi dan Manfaatnya untuk Tubuh

Buah blackberry disebut-sebut sebagai superfood karena kaya akan vitamin, mineral,…

Ini Kandungan Gizi yang Luar Biasa dalam Beras Hitam

“Beras hitam menjadi salah satu jenis beras yang…

“Buah tin mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Manfaatnya antara lain menurunkan tekanan darah, menjaga kepadatan tulang, hingga meningkatkan kesehatan jantung.”

Buah tin atau ara memiliki rasa manis yang unik, bertekstur lembut, dan kenyal. Ciri fisiknya unik, menyerupai tetesan air mata. Buah ini tumbuh subur di dataran Mediterania dan Timur Tengah.

Buah tin populer sebagai pemanis buatan, sebelum adanya gula. Di dalamnya terkandung energi, protein, karbohidrat, folat, dan niacin yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Manfaatnya mulai dari menurunkan tekanan darah tinggi hingga mencegah degenerasi makula seiring dengan usia. Untuk mendapatkan kegunaan itu, kamu bisa memakannya langsung atau mengolahnya menjadi teh.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Tin

Di dalam buah tin mengandung berbagai nutrisi, seperti:

  • Energi: 74 kilokalori.
  • Karbohidrat: 19.18 gram.
  • Protein: 0.75 gram.
  • Lemak total: 0.30 gram.
  • Serat: 2.9 gram.
  • Folat: 6 mikrogram.
  • Niacin: 0.400 miligram.
  • Riboflavin: 0.050 miligram.
  • Thiamin: 0.060 miligram.
  • Vitamin A: 142 IU
  • Vitamin C: 2 miligram.
  • Sodium: 1 miligram.
  • Vitamin E: 0.11 miligram.
  • Vitamin K: 4.7 mikrogram.
  • Potasium: 232 miligram.
  • Kalsium: 35 miligram.
  • Zat besi: 0.37 miligram.
  • Magnesium: 17 miligram.
  • Mangan: 0.128 miligram
  • Selenium: 0.2 mikrogram.
  • Zink: 0.15 miligram.

Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan Tubuh

Banyaknya kandungan baik di atas bermanfaat untuk:

1. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan komplikasi, seperti penyakit jantung dan stroke. Penyebabnya, yakni ketidakseimbangan kalium akibat mengonsumsi tinggi natrium. 

Buah tin adalah makanan sehat yang kaya kalium dan dapat membantu memperbaiki ketidakseimbangan itu. Sementara itu, kadar serat di dalamnya dapat membantu membuang kelebihan natrium. 

Selain itu, buah ara dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Nah, hal ini tercatat dalam jurnal Evaluation of antihypertensive potential of Ficus carica fruit yang dipublikasikan dalam Pharmaceutical Biology Journal. Manfaat ini berasal dari kandungan ekstrak air metanol dalam buah.

Dengan kesehatan pembuluh darah yang baik, aliran darah dalam tubuh semakin lancar. Efeknya, akan terjadi penurunan tekanan darah keseluruhan, sehingga risiko penyakit kardiovaskular bisa dicegah.

2. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Manfaat selanjutnya, yakni menyehatkan usus. Kandungan serat dalam buah bertindak sebagai pencahar alami. Nutrisi itu bersifat prebiotik, menjadi sumber makanan bakteri usus baik (probiotik), dan mendukung lingkungan usus yang sehat.

Manfaat ini dibuktikan lewat penelitian berjudul Comparison and assessment of flixweed and fig effects on irritable bowel syndrome with predominant constipation: A single-blind yang dipublikasikan Randomized Controlled Trial.

Buah ara terbukti membantu mengatasi sindrom iritasi usus. Metodenya dilakukan pada 150 pasien yang terbagi menjadi 3 kelompok, dengan salah satunya mengonsumsi buah ara dalam waktu 4 bulan.

Sistem penilaiannya dari tingkat keparahan penyakit, kandungan protein C-reaktif, frekuensi, dan tekstur tinja. Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi buah ara mengalami perbaikan gejala secara signifikan. Selain itu, mereka juga menunjukkan peningkatan kualitas hidup dan kelancaran buang air besar. 

3. Meningkatkan kepadatan tulang

Buah tin merupakan sumber kalsium dan potasium yang baik. Mineral ini dapat bekerja sama untuk meningkatkan kepadatan tulang, sehingga dapat mencegah kondisi seperti osteoporosis. 

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Makanan sehat ini dapat mengurangi kadar trigliserida dalam darah dan mampu meningkatkan kesehatan jantung. Trigliserida adalah partikel lemak dalam darah yang merupakan penyebab utama penyakit jantung. 

Antioksidan dalam buah ara juga berperan dalam menghilangkan radikal bebas yang berisiko menyumbat arteri koroner dan memicu penyakit jantung koroner. Kandungan fenol dan asam lemak omega-3 serta 6 menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Membantu mempertahankan berat badan sehat

Secara alami, buah tin mengandung tinggi serat, serta kaya vitamin dan mineral. Salah satu manfaat buah tin yaitu dapat menjadi makanan inklusi yang berguna untuk meningkatkan kepadatan nutrisi dalam pola makan. Dengan begitu, berat badan dapat dikelola dengan baik. 

6. Kaya antioksidan

Di dalam buah ara terdapat senyawa tanaman pelindung, yaitu polifenol. Senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan. Artinya, buah membantu mencegah oksidasi oksigen dan mengakibatkan kerusakan pada sel dan jaringan.

7. Menyembuhkan anemia

Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Dengan mengonsumsi buah ara, kandungan kandungan zat besi di dalamnya dapat menjaga kadar hemoglobin dalam darah.

8. Menurunkan kadar gula pada pengidap diabetes

Buah tin memiliki khasiat yang dapat membantu mengatur kadar glukosa darah. Hal tersebut tertuang dalam penelitian berjudul Hypoglycemic action of an oral fig-leaf decoction in type-I diabetic patients dalam Diabetes Research and Clinical Practice.

Studi 1998 pada 10 orang dengan diabetes tipe 1 menemukan bahwa mengonsumsi teh daun ara saat sarapan dapat menurunkan kebutuhan insulin tubuh mereka. Setelah beberapa bulan mengonsumsinya, dosis insulin mereka menurun sebanyak 12 persen.

9. Mencegah kanker payudara

Buah ara adalah mengandung tinggi serat. Kandungan itu dapat meminimalisir risiko kanker payudara. Nutrisi tersebut bekerja dengan mengendalikan gula darah dan menurunkan kadar estrogen. Meski begitu, masih membutuhkan studi lebih lanjut terkait manfaat buah ara dan kanker payudara.

10. Mencegah hipertensi

Hipertensi adalah gangguan yang dipicu oleh ketidakseimbangan natrium dan kalium dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah ara, kandungan potasium di dalamnya dapat membantu menjaga keseimbangan tersebut.

 

11. Meningkatkan stamina seksual

Buah ara mengandung tinggi kalsium, zat besi, potasium, dan seng. Di dalamnya juga terdapat magnesium, yakni mineral untuk menghasilkan hormon seks androgen dan estrogen.

Manfaatnya antara lain mengatasi disfungsi seksual, seperti kemandulan, disfungsi ereksi, dan penurunan hasrat seksual. Cara kerjanya dengan meningkatkan produksi oksida nitrat. Kandungan itu berfungsi melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke organ seksual.

12. Mengobati asma

Cara ampuh mengatasi asma bronkial adalah dengan mengonsumsi campuran bubuk biji fenugreek, madu, dan buah ara. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi jus ara untuk meredakan asma.

Cara kerjanya dengan melembabkan selaput lendir dan mengeringkan dahak, sehingga gejala asma bisa mereda. Di dalamnya juga mengandung senyawa fitokimia yang efektif melawan radikal bebas pemicu asma.

13. Mengurangi gejala insomnia

Buah ara efektif meningkatkan kualitas tidur. Manfaat ini terjadi berkat kandungan asam amino triptofan yang membantu tubuh memproduksi zat melatonin. Ini adalah zat yang memicu rasa kantuk. 

14. Mengurangi sakit tenggorokan

Buah tin mengandung tinggi lendir yang dapat menyembuhkan dan melindungi organ tenggorokan. Cara kerjanya dengan menenangkan tenggorokan dan menghilangkan rasa sakit di area tersebut.

15. Mencegah degenerasi makula

Manfaat terakhir buah tin, yakni mencegah degenerasi makula seiring dengan usia. Kegunaan ini terjadi berkat kandungan vitamin A dalam jumlah yang tinggi.

 

Cara Menambahkan Buah Tin ke Dalam Makanan

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menikmati buah ara, antara lain:

  • Makan langsung. Caranya, kamu bisa menambahkan buah dalam salad atau sebagai makanan penutup.
  • Buah kering. Buah yang dikeringkan mengandung gula dan kalori yang tinggi. Jadi, kamu harus membatasi jumlah konsumsinya.
  • Daunnya. Caranya dengan menggunakan daun sebagai pembungkus makanan.
  • Teh daun. Kamu bisa membuatnya dengan cara mengeringkan daunnya terlebih dulu, kemudian rebus dengan air.

Setelah mengetahui manfaat buah ara, kamu juga perlu berhati-hati saat mengonsumsinya. Sebab, pada pengidap hipersensitivitas, kandungan dalam buah bisa memicu reaksi alergi.

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna