Informasi Kesehatan

Benarkah Vitamin B12 dan C Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan?

Benarkah_Vitamin_B12_dan_C_Tidak_Boleh_Dikonsumsi_Bersamaan.jpg

5 Obat GERD di Apotek yang Paling Ampuh

Obat GERD di apotek tersedia dalam berbagai jenis.…

Jangan Keliru, Ini 5 Tips Perawatan Bulu Mata Usai Eyelash Extension

“Penggunaan eyelash extension menjadi salah satu prosedur kecantikan…

Jangan Lewatkan, Ini Manfaat Kopi untuk Kulit

Manfaat kopi tidak hanya sebatas pada kesehatan tubuh…

"Vitamin B12 dan Vitamin C sama-sama bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketahui keamanan dalam mengonsumsi keduanya."

Vitamin B12 dan vitamin C adalah dua nutrisi penting yang sering orang konsumsi sebagai suplemen. Vitamin B12 juga berperan dalam produksi sel darah merah dan pemeliharaan sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, penyembuhan luka, dan produksi kolagen. Namun, apakah boleh mengonsumsi vitamin B12 dan vitamin C bersamaan? Simak penjelasannya lebih lanjut berikut ini!

Bolehkah Mengonsumsi Vitamin B12 dan Vitamin C Bersamaan?

Secara umum, mengonsumsi vitamin B12 dan vitamin C bersamaan tergolong aman. Kedua vitamin ini larut dalam air, sehingga tubuh dapat mengeluarkannya jika terjadi kelebihan. 

Namun, penting untuk tetap mematuhi dosis yang direkomendasikan dan menghindari konsumsi berlebihan. Ada pun sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan saat meminum kedua vitamin ini bersamaan, yaitu:

1. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi

Sebelum mengonsumsi suplemen vitamin B12 dan vitamin C secara bersamaan, pastikan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Mereka dapat membantu menentukan dosis yang tepat dan memberikan saran yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

2. Pahami dosis yang disarankan

Setiap orang memiliki kebutuhan vitamin yang berbeda-beda. Maka dari itu, jangan lupa baca label produk dan memahami dosis yang dokter sarankan. Jangan mengonsumsi dosis yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan tanpa petunjuk dokter.

3. Perhatikan interaksi obat

Apabila kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, periksa apakah ada interaksi yang mungkin terjadi antara obat tersebut dengan vitamin B12 atau vitamin C. 

Beberapa obat mungkin dapat mempengaruhi penyerapan atau efektivitas vitamin tertentu. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker mengenai kemungkinan interaksi obat sebelum mengonsumsi kedua vitamin ini.

4. Ikuti petunjuk penggunaan vitamin

Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan suplemen vitamin B12 dan vitamin C. Baca dengan teliti cara mengonsumsinya, apakah perlu kamu konsumsi bersama makanan atau dengan perut kosong, serta frekuensi penggunaan yang seharusnya kamu ikuti.

5. Perhatikan efek samping

Umumnya, vitamin B12 dan vitamin C dianggap aman untuk dikonsumsi dalam dosis yang direkomendasikan. Namun, setiap individu dapat bereaksi berbeda. Jika kamu mengalami efek samping yang tidak biasa setelah mengonsumsi kedua vitamin ini, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter.

6. Peroleh dari sumber makanan

Selain mengonsumsi suplemen, usahakan untuk mendapatkan kedua vitamin ini dari sumber makanan alami. Variasikan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kedua vitamin ini.

7. Jangan menggantikan pengobatan medis

Penting untuk diingat bahwa kedua vitamin ini tidak boleh digunakan sebagai pengganti pengobatan medis yang diresepkan oleh dokter. Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu atau membutuhkan perawatan khusus.

Tetaplah ikuti petunjuk dokter dan konsultasikan penggunaan suplemen vitamin dengan tenaga medis yang berkualifikasi.

Tujuan Meminum Vitamin B12 dan Vitamin C Bersamaan

Mengonsumsi kedua vitamin ini secara bersamaan sering kali terjadi karena beberapa alasan seperti berikut ini:

  • Mendukung sistem kekebalan tubuh.  Kedua vitamin tersebut memiliki peran dalam menjaga dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.
  • Energi dan vitalitas. Beberapa orang mengonsumsi kedua vitamin ini bersamaan dengan harapan mendapatkan dorongan energi dan merasa lebih bertenaga sepanjang hari.
  • Suplemen diet. Kedua vitamin ini adalah nutrisi yang umumnya dikonsumsi melalui suplemen diet.
  • Meningkatkan penyerapan zat besi. Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Jika kamu mengonsumsi suplemen zat besi, menggabungkannya dengan vitamin B12 dan vitamin C dapat membantu penyerapannya.
  • Kebugaran jantung. Vitamin B12 diketahui berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Kombinasi dengan vitamin C, yang memiliki sifat antioksidan, dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain meminum suplementasi, penting untuk diingat bahwa mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan menerapkan gaya hidup sehat adalah faktor penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan.

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna