Informasi Kesehatan

5 Salep Luka Bakar yang Ampuh

gambar-obat-luka-bakar.jpg

Gejala COVID-19 Arcturus Sebabkan Kondisi Mata Merah

“Varian baru COVID-19 bernama Arcturus mulai muncul di…

Perbedaan Susu Evaporasi dan Susu Kental Manis yang Selintas Mirip

Masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan susu…

6 Jenis Cacing yang Bisa Menginfeksi Tubuh Manusia

“Ada banyak jenis cacing yang bisa menginfeksi tubuh…

Salep luka bakar digunakan sebagai pertolongan pertama ketika ada bagian tubuh yang tersiram air atau minyak panas, terkena api, maupun tersengat sinar matahari. Salep luka bakar dapat mempercepat penyembuhan dan mencegah luka tersebut terinfeksi.

Luka bakar bisa ditandai oleh kulit melepuh, kemerahan, terasa nyeri, atau bengkak. Penanganan pada luka bakar perlu dilakukan secepatnya untuk mencegah infeksi.

Luka bakar ringan hingga sedang bisa diobati dengan salep luka bakar. Sementara luka bakar yang parah, atau mengenai wajah, telapak tangan, maupun alat kelamin, harus segera mendapatkan pertolongan medis oleh dokter.

Salep luka bakar biasanya mengandung antiseptik dan antibakteri, memberikan sensasi dingin, dan mempercepat terbentuknya jaringan kulit baru. Perlu diingat, pastikan luka bakar telah dibersihkan dengan kasa steril yang dibasahi air bersih sebelum diolesi salep luka bakar.

Beragam Salep Luka Bakar yang Ampuh

Berikut ini adalah pilihan salep luka bakar yang ampuh untuk mempercepat penyembuhan luka:

Bioplacenton

Bioplacenton digunakan untuk mengatasi luka bakar, luka kronis, atau luka yang terinfeksi. Salep luka bakar ini berbentuk gel, serta mengandung ekstrak plasenta dan antibiotik neomycin.

Ekstrak placenta di dalam Bioplacenton dapat membantu penyembuhan dan pembentukan jaringan baru pada luka. Sementara itu, neomycin adalah antibiotik yang dapat mengobati dan mencegah terjadinya infeksi.

Anda bisa mengoleskan Bioplacenton 4–6 kali sehari atau sesuai anjuran dokter. Obat ini hanya bisa Anda dapatkan dengan resep dokter.

Burnazin

Burnazin bermanfaat untuk menangani dan mencegah infeksi pada luka bakar tingkat sedang. Salep luka bakar berbentuk krim ini memiliki bahan aktif silver sulfadiazine.

Silver sulfadiazine merupakan obat antibiotik yang bisa menghambat pembentukan dinding sel dan membunuh bakteri penyebab infeksi. Obat ini juga bisa membunuh jamur penyebab infeksi.

Bersihkan luka bakar terlebih dahulu sebelum menggunakan Burnazin. Sebelum mengoleskan obat, gunakan sarung tangan steril. Oleskan obat ini setebal 2 mm ke luka bakar 1–2 kali sehari.

Untuk membeli obat ini, Anda memerlukan resep dokter.

Liposin

Liposin dapat menangani luka yang terinfeksi, seperti pada luka bakar. Obat bentuk salep ini mengandung 3 jenis antibiotik, yaitu neomycin, bacitracin, dan polymyxin B, serta obat bius lokal, lidocaine.

Kombinasi tiga antibiotik yang terkandung di dalam obat ini dapat menghambat pertumbuhan dan membunuh bakteri penyebab infeksi. Lidocaine bekerja dengan cara mengurangi rasa sakit pada luka.

Pastikan Anda sudah membersihkan luka sebelum menggunakan Liposin. Oleskan salep sebanyak seujung jari ke luka, 1–3 kali sehari.

Liposin tergolong obat keras. Anda hanya bisa mendapatkan salep luka bakar ini jika memiliki resep dokter.

Bioskin

Bioskin adalah salep luka bakar berbentuk gel. Obat ini mengandung bahan-bahan herbal, seperti tea tree oil, lidah buaya, dan daun pegagan. Kombinasi bahan-bahan tersebut dapat mempercepat penyembuhan luka bakar, mencegah infeksi, dan meredakan peradangan di sekitar luka.

Oleskan Bioskin 4–5 kali sehari pada luka bakar. Agar penyembuhan luka bakar tidak terhambat, pastikan luka tidak terkena air selama pengobatan.

Anda bisa membeli Bioskin tanpa resep dokter.

Betadine Antiseptik Salep

Betadine Antiseptik Salep mampu mencegah dan mengobati infeksi pada berbagai macam luka, termasuk luka bakar. Salep luka bakar ini mengandung povidone iodine 10%.

Povidone iodine adalah antiseptik yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab infeksi.

Sebelum menggunakan Betadine Antiseptik Salep, bersihkan luka terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan obat ini 1–2 kali sehari ke luka bakar. Jika diperlukan, Anda bisa menutup luka dengan perban.

Betadine Antiseptik Salep merupakan obat bebas yang bisa Anda dapatkan tanpa resep dokter.

Salep luka bakar dapat menjadi pilihan terbaik untuk mempercepat penyembuhan luka bakar. Selain menggunakan obat, Anda juga bisa melakukan beberapa hal lain untuk membantu penyembuhan luka bakar.

Untuk pertolongan pertama pada luka bakar, Anda bisa mendinginkan luka dengan cara menyiram luka bakar dengan air sejuk mengalir selama 10 menit. Anda juga perlu melepaskan perhiasan pada bagian tubuh yang mengalami luka bakar.

Agar luka bakar tidak terinfeksi, hindari memecahkan lepuhan pada luka. Jika diperlukan, Anda juga bisa menutup luka bakar dengan perban yang tidak terlalu ketat.

Jika luka bakar tidak kunjung membaik atau justru memburuk setelah diobati dengan salep luka bakar selama 2 minggu, segera ke dokter. Anda juga perlu mencari pertolongan medis jika luka bakar terasa sangat nyeri, mengenai wajah, telapak tangan, atau organ intim.

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna